8 Ide Penataan Dapur Minimalis yang Nggak Terlihat Sempit dan Tetap Estetik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 13 Desember 2023 09:39
8 Ide Penataan Dapur Minimalis yang Nggak Terlihat Sempit dan Tetap Estetik
Menciptakan suasana yang menyenangkan di rumah dapat dimulai dengan mengubah penataan dapur minimalis.

Penataan dapur minimalis jadi salah satu hal yang penting dan nggak boleh terlewati di rumah. Bumbu-bumbu masak hingga peralatan dapur lainnya yang diorganisir dengan baik akan sangat bermanfaat untuk memberikan rasa nyaman sekaligus efektif saat melangsungkan aktivitas di dapur.

Dengan penataan dapur yang baik, penghuni rumah tentunya akan lebih bersemangat untuk memasak di dapur atau membuat kue yang enak. Kini, ada banyak desain dapur yang cantik dan menarik dengan penataan yang oke untuk mempercantik ruangan tersebut. Mulai sekarang, yuk ubah tampilan dapur dengan melihat inspirasi penataan dapur minimalis di bawah ini.

 

1 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis dengan Kitchen Set

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Kitchen set atau kabinet dapur dikenal sebagai seperangkat furnitur yang membantu untuk menyimpan berbagai perlengkapan memasak. Beberapa komponen utama yang biasanya melekat dengan kitchen set antara lain kabinet atas, kabinet bawah, meja konter, backsplash dan kitchen island. 

Pemilihan kitchen set juga dapat disesuaikan dengan layout yang diinginkan serta luasnya halaman di dapur tanpa bikin tampilannya jadi sempit. Selain menjadikan tampilan dapur jadi tertata, kehadirannya memuat nilai multifungsi yang bisa membantu memudahkan aktivitas memasak dengan efektif.

2 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis dengan Gantungan

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Tempat penyimpanan di dapur nggak harus melulu dengan lemari dan rak saja loh. Buktinya, kehadiran papan gantung pun bisa jadi alternatif untuk menaruh peralatan dapur dengan rapi. 

Pemasangan papan gantung sangat mudah dilakukan, yakni hanya membutuhkan alat perekat yang kuat untuk ditempelkan ke dinding. Selain peralatan dapur, kamu juga bisa menambahkan dekorasi maupun hiasan dapur lainnya yang bisa dipajang di papan ini.

3 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis dengan Tempat Sampah Invisible

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Salah satu benda yang wajib ada di dapur adalah tempat sampah. Tempat sampah berguna untuk mengumpulkan dan membuang sisa-sisa bahan makanan yang tidak terpakai, sehingga membuat tampilan dapur jadi terasa bersih. 

Tidak bisa sembarangan, pemilihan tempat sampah yang baik juga akan mempengaruhi kenyamanan saat berada di dapur loh. Salah satu tempat sampah yang nggak bikin aroma tidak sedap tersebar ialah dengan memasukkannya ke dalam laci dapur. Kehadiran tempat sampah invisible menjaga tampilan dapur agar selalu cantik.

4 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis dengan Laci Sudut

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Salah satu tantangan yang biasa dihadapi oleh penghuni rumah adalah memikirkan bagaimana cara untuk mengisi sudut ruangan. Meletakkan beberapa furnitur di rumah bisa menyisakan sudut ruangan yang justru memberikan tampilan ruangan jadi terasa sepi dan tidak indah. 

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memasang laci yang didesain khusus untuk sudut dapur. Seperti dengan laci sudut ini, di mana memiliki bentuk unik yang nggak kelihatan membosankan.

5 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis dengan Walk in Kitchen Pantry

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Memisahkan area kompor dengan area khusus bahan-bahan masak bukan hal yang aneh lagi. Konsep Walk in Kitchen Pantry sering digunakan oleh orang-orang Barat agar memudahkan dalam menyimpan bahan-bahan masak dengan mudah karena dapat tersusun berdasarkan jenisnya. 

Konsep ini juga menghindarkan tampilan dapur jadi terasa berantakan jika peralatan dapur dan bahan-bahan makanan diletakkan bersama di satu tempat. Kamu dapat menerapkan konsep Walk in Kitchen Pantry baik dengan menggunakan penutup pintu atau membiarkannya secara terbuka.

6 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis Bukaan Atas

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Memiliki banyak barang-barang di dapur yang berukuran besar terkadang membuat penghuni rumah jadi kebingungan untuk menyimpannya. Pasalnya, beberapa barang tersebut harus diletakkan dengan cara khusus agar tidak membuatnya rusak dan tetap menjaga tampilan dapur secara rapi. 

Oleh karenanya, inspirasi untuk menghadirkan ruang penyimpanan barang seperti ini bisa jadi salah satu cara yang bisa kamu tiru. Sisakan ruang di antara kitchen set dapur dengan menambahkan penutup pintu yang memiliki bukaan atas. Kehadirannya dapat melindungi barang-barang dapur seperti mixer maupun oven agar tidak mudah terkena debu.

7 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis dengan Meja Tambahan

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Dapur dengan luas terbatas bukan berarti menghilangkan atau mengurangi beberapa furnitur dapur yang memiliki fungsi penting. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menghadirkan meja dapur tambahan yang berada di sela-sela kabinet dapur.  

Didesain secara khusus dengan menambahkan roda di bagian kaki, menjadikan meja ini mudah untuk ditarik maupun didorong saat ingin menggunakannya. Kesan praktis dan sangat fungsional, itulah yang menggambarkan meja dapur ini.

8 dari 8 halaman

Penataan Dapur Minimalis Ala Shabby Chic

Penataan Dapur Minimalis © Diadona

Mengaplikasikan interior dapur dengan nuansa vintage 80-an bisa kamu peroleh dengan menggunakan konsep yang satu ini. Shabby chic merupakan gaya perumahan ala pedesaan Inggris dengan ciri khasnya yang memiliki karakteristik feminin dan anggun. 

Gaya ini tidak terlepas dari isian dapur berupa dekorasi-dekorasi antik, furnitur kayu, dan rumbai-rumbai yang bermotif bunga. Meski kehadirannya telah mencapai usia 30 tahun lebih, shabby chic jadi salah satu gaya klasik yang masih disukai hingga saat ini. 

Itu dia inspirasi penataan dapur minimalis yang cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas. Dapur jadi salah satu tempat yang paling penting di rumah, sehingga perlu dijaga kebersihan dan kerapiannya dengan maksimal. Mana nih ide penataan yang paling kamu sukai?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar