8 Inspirasi Dapur Minimalis Ukuran 1x2 yang Nggak Terasa Sempit dan Menarik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Desember 2023 15:58
8 Inspirasi Dapur Minimalis Ukuran 1x2 yang Nggak Terasa Sempit dan Menarik
Menghadirkan suasana baru yang menyenangkan di dapur minimalis ukuran 1x2 bukan jadi hal yang mustahil.

Dapur minimalis ukuran 1x2 bisa ditata dan didekorasi dengan desain yang tepat. Dapur yang berukuran sempit ini bukan menjadi penghalang bagi penghuni rumah untuk mendapatkan kenyamanan dan kesenangan saat berada di sekitarnya. 

Kita bisa memulai dengan langkah-langkah yang mudah untuk mengubah penataan dapur mini. Seperti dengan memilih perabotan-perabotan dapur multifungsi hingga menambahkan dekorasi-dekorasi yang unik.

Yuk, intip inspirasi dapur minimalis ukuran 1x2 yang mudah kamu tiru.

1 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Nuansa Putih

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Memiliki dapur mini di rumah bukanlah menjadi hal yang buruk. Kamu bisa memasang interior dapur berwarna putih untuk memberikan ilusi ruangan terasa luas tanpa harus menambahkan lahan baru. Warna putih juga memberikan tampilan dapur jadi elegan dan bersih meski tidak diberikan dekorasi tambahan.  

Warna putih jadi warna dasar yang paling aman digunakan untuk semua gaya ruangan mulai dari klasik, modern, hingga scandinavian. Meski begitu, penerapan warna putih di dapur harus diperhatikan secara hati-hati untuk menghindari noda yang membandel.

2 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Minibar

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Tak seperti kebanyakan konsep dapur pada umumnya, kehadiran minibar di rumah justru membuat suasana dapur baru jadi terasa menyenangkan. Minibar sendiri merupakan salah satu bagian dari kitchen set yang memiliki area penyekat untuk membatasi antar ruangan dapur dengan ruangan-ruangan lainnya. 

Minibar dapat digunakan sebagai tempat favorit keluarga untuk berkumpul dan bercengkrama bersama seperti saat berada di cafe atau di bar.

3 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Natural

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan di dapur dapat dimulai dengan cara mengubah tampilan dapur dengan kesan yang natural. Seperti dengan desain dapur ala scandinavian ini, di mana menonjolkan setiap sisi dapur dengan kombinasi elemen warna-warna lembut dan menarik.

Kamu bisa memilih kitchen set dapur yang tidak terlalu banyak tetapi memiliki ruang penyimpanan yang besar. Kehadiran kitchen set bernuansa kayu menawarkan corak yang indah dan nggak membuat dapur jadi terasa sepi.

4 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Semi Outdoor

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Dapur semi outdoor adalah sebuah konsep dapur yang sengaja dihadirkan di dekat area terbuka. Konsep ini memudahkan penghuni rumah untuk mendapatkan pencahayaan alami di dapur sekaligus menghemat pengeluaran listrik rumah. 

Dapur semi outdoor juga sangat bermanfaat bagi kesehatan penghuni rumah dan area dapur sendiri. Tanpa area terbuka, uap yang dihasilkan dari aktivitas memasak akan terjebak dan membuat kondisi dapur jadi mudah lembap. Tubuh juga akan lebih rileks dan sehat ketika mendapatkan sirkulasi udara yang baik saat berada di dapur.

5 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Ala Industrial

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Dapur ala industrial terinspirasi dari bangunan pabrik tua yang terbengkalai di abad 19-an. Desain ini sengaja memberikan tampilan dinding dapur yang terekspos dengan bahan bangunannya yang kasar atau setengah jadi. 

Desain industrial ditonjolkan dengan furnitur-furnitur dapur yang terbuat dari bahan kayu, besi hingga logam. Adapun tidak semua warna dapat dipilih untuk menerapkan desain industrial loh! Hanya beberapa warna khusus yang cenderung gelap seperti merah tua, hitam, biru, dan abu-abu dongker.

6 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Ala Retro

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Desain retro merupakan desain jadul yang hadir di tahun 1970-an hingga 1990-an.  Desain retro memiliki karakteristik yang khas berupa warna-warna interior cerah yang mencolok. Tak hanya itu, furnitur serta dekorasi ruangan harus ditampilkan secara meriah dengan membawa motif geometris seperti lingkaran, kotak-kotak atau segitiga. 

Desain retro membuat suasana dapur jadi lebih menyenangkan sekaligus nggak membosankan. Meskipun desain ini mencapai usia 50 tahun lebih, tetapi kehadirannya masih sangat populer di era masa kini.

7 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Bohemian Style

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Berbeda dengan desain retro yang memiliki kesan mencolok dan rapi, desain bohemian justru mengutamakan esensi kebebasan yang kesederhanaan. Desain ini terinspirasi dari gaya hidup non tradisional ala orang-orang tahun 1800-an yang memiliki jiwa mengembara bebas atau nomaden. 

Desain bohemian tidak menonjolkan kemewahan dalam ruangan, tetapi dapat diisi dengan menambahkan tanaman-tanaman di sekitarnya hingga berbagai aksesori yang memiliki motif. Pemilihan warna dalam desain interior bohemian pun cenderung lebih hangat.

8 dari 8 halaman

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 Mewah

Dapur Minimalis Ukuran 1x2 © Diadona

Istilah mewah dalam interior ruangan nampaknya tidak terlepas dari kehadiran marmer. Marmer jadi material bangunan yang sering dipilih untuk rumah karena memiliki tampilan yang cantik. Hal ini dapat dilihat dari coraknya yang khas karena terbuat dari proses kristalisasi alami dan tidak bisa ditemukan pada batuan lainnya.

Keunggulan yang dimiliki oleh marmer adalah mempunyai struktur yang kuat sehingga mampu menahan benda-benda dengan bobot yang besar. Marmer juga memiliki kemampuan yang baik untuk mengendalikan suhu ruangan agar tetap sejuk, sehingga dapat membuat penghuni rumah betah saat berada di dapur. 

Itu dia beberapa desain dapur minimalis ukuran 1x2 yang menarik dan bisa menjadi inspirasi untukmu. Semoga bisa bermanfaat ya! Mana nih desain yang paling kamu suka?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar