10 Dapur Cafe Minimalis Instagramable yang Menciptakan Daya Tarik Pengunjung

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 Desember 2023 20:18
10 Dapur Cafe Minimalis Instagramable yang Menciptakan Daya Tarik Pengunjung
Dapur cafe minimalis menjadi bagian dari daya tarik visual sebuah cafe, berikut inspirasinya mulai dari yang instagramable, klasik, sampai yang unik

Dapur cafe minimalis seringkali didesain dengan gaya yang sederhana, fungsional dan estetis. Desain tersebut biasanya dirancang dengan cermat untuk menciptakan suasana yang terasa lebih lapang, bersih dan memikat para pengunjung.

Area dapur cafe biasanya didominasi dengan menggunakan warna-warna netral yang menenangkan seperti putih, hitam, abu-abu dan cream untuk menciptakan latar belakang yang modern. Penggunaan material ringan seperti stainless steel dan ubin keramik juga seringkali digunakan karena mudah untuk dibersihkan. 

Pencahayaan yang baik menjadi kunci utama dari dapur cafe minimalis, dengan cahaya alami mampu memaksimalkan penggunaan cahaya matahari secara alami. Sedangkan penggunaan lampu tambahan akan menciptakan suasana yang hangat nan romantis ketika digunakan pada malam hari.

Lampu gantung yang dipilih dapat menjadi elemen dekorasi tambahan untuk memberikan sentuhan cahaya yang estetis. Pastikan untuk mengkombinasikan dengan elemen dekoratif lainnya yang kontras agar terlihat lebih selaras. 

Dapur cafe minimalis bukan hanya menjadi tempat untuk mempersiapkan hidangan lezat bagi pengunjung, namun juga menjadi bagian dari daya tarik visual sebuah cafe.

Cobalah untuk menerapkan konsep desain open kitchen agar pengunjung memiliki kesempatan untuk menyaksikan keterampilan koki secara langsung. Gunakan furnitur sederhana dan fungsional agar tidak hanya bersifat efisien namun juga menawan secara visual.

Nah, untuk kamu yang sedang bingung mencari inspirasi untuk dapur cafe minimalis, berikut ini telah kami rangkumkan sejumlah rekomendasi yang menarik. Yuk langsung disimak!

 

1 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Berkonsep Open Kitchen

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Inspirasi dapur cafe minimalis yang pertama adalah berkonsep open kitchen. Dapur ini menjadi pilihan yang populer karena menciptakan pengalaman yang interaktif dengan pelanggan. Dapur open kitchen memiliki tata letak yang terbuka sehingga dapat dilihat langsung oleh pengunjung.

Atur posisi peralatan, staf, dan area kerja sedemikian rupa sehingga mudah diakses oleh koki, sambil memberikan pemandangan langsung kepada pelanggan. Pilih material berkualitas seperti stainless steel dan ubin keramik yang mudah dibersihkan pada permukaan dapur. 

 

2 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis dari Kontainer

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Dapur cafe minimalis dari kontainer merupakan konsep inovatif yang menggunakan kontainer bekas sebagai dasar struktural dapur. Konsep dapur ini menjadi solusi yang kreatif dan berkelanjutan sehingga menciptakan konsep yang unik pada sebuah cafe.

Pastikan untuk memilih bekas kontainer yang masih bersih dan terawat, tambahkan jendela kaca untuk meningkatkan pencahayaan alami dan memudahkan sirkulasi udara masuk ke dalam ruangan sehingga terkesan lebih terbuka. Pertimbangkan penggunaan lampu gantung minimalis untuk menambahkan elemen estetis.

 

3 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Ala Mini Bar

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Konsep dapur cafe minimalis ala mini bar merupakan konsep yang menciptakan ruang dapur dengan nuansa dan tata letak menyerupai mini bar. Desain ini menekankan tampilan yang bersih, fungsionalitas dan menciptakan interaksi secara langsung dengan pelanggan.

Dapur mini bar cenderung memiliki tata letak yang terbuka untuk memberikan pengalaman menyenangkan, dimana koki dapat berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan. Manfaatkan rak terbuka atau penyimpanan terbuka untuk menampilkan peralatan dapur dan bahan-bahan secara estetis dan memudahkan akses pekerjanya. 

 

4 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Bergaya Rustik

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Dapur cafe minimalis dengan gaya rustik merupakan kombinasi yang menarik karena memadukan elemen alami dengan unsur tradisional. Konsep rustik selalu berkaitan dengan penggunaan bahan alami seperti kayu, batu, atau bahan daur ulang.

Gunakan material tersebut sebagai furnitur utama dapur mencakup meja dapur, kursi dapur hingga rak lemari penyimpanan. Tambahkan elemen dekoratif seperti dinding batu bata, dinding kayu palet, atau lukisan-lukisan alami, hal ini akan memberikan karakter dan estetika yang sesuai dengan gaya rustik.

 

5 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis dengan Nuansa Monokrom

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Dapur cafe minimalis dengan nuansa monokrom merupakan desain yang menekankan penggunaan warna hitam dan putih sebagai dasar ruangan. Konsep monokrom menciptakan tampilan ruangan yang terlihat bersih, elegan dan kontemporer. Gunakan peralatan dapur dengan nuansa monokrom seperti pada oven, kompor, dan peralatan lainnya yang berbahan stainless steel untuk memberikan kesan modern.

Tambahkan backsplash dengan motif hitam putih agar menciptakan elemen dekoratif yang menarik dan artisitik pada dapur cafe.

6 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis dengan Model Skandinavia

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin menghadirkan nuansa cafe ala Eropa? Cobalah untuk menerapkan dapur cafe minimalis dengan model skandinavia. Dapur tersebut akan menghadirkan kesan yang bersih, sederhana dan fungsional sesuai ciri khas gaya desain Skandinavia. Gunakan palet warna netral seperti putih, krem atau beige untuk memberikan kesan ruangan yang terang dan terasa lapang.

Kombinasikan dengan material alami berupa kayu untuk area meja, kursi, rak penyimpanan hingga set dapur. Hindari penggunaan dekorasi yang berlebihan karena desain Skandinavia cenderung memakai konsep minimalis.

7 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Terhubung dengan Outdoor

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Pilihan dapur cafe minimalis yang terhubung dengan outdoor dapat menciptakan pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung. Letakkan meja dan kursi outdoor di depan area dapur untuk memberikan kesempatan pada pelanggan menikmati hidangan makanan sambil merasakan atmosfer luar ruangan.

Pastikan untuk menambahkan atap atau pergola di area outdoor untuk melindungi cafe dari paparan cuaca panas atau percikan air hujan. Upayakan untuk memilih lantai indoor dan outdoor yang seragam dan mudah dikombinasikan seperti keramik putih atau keramik kayu.

 

8 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Bernuansa Gelap Classy

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Dapur cafe minimalis bernuansa gelap dan classy akan menghidupkan suasana yang elegan, mewah dan berkelas pada suatu cafe. Cafe dengan nuansa gelap classy ini banyak ditemui pada area perkotaan.

Cobalah untuk menggunakan material berkualitas tinggi seperti granit, stainless steel atau marmer pada furnitur dapur agar menciptakan kesan yang mewah. Gunakan pencahayaan yang terfokus untuk menyoroti area-area tertentu seperti lampu gantung dengan desain klasik agar memberikan efek dramatis.

9 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Berkonsep Industrial

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Dapur cafe minimalis dengan konsep industrial cukup populer digunakan sebagai gaya dekorasi cafe. Desain cafe tersebut biasanya memiliki ciri khas mengikuti konsep ala pabrik dengan menekankan elemen kasar yang fungsional. Gunakan struktur bangunan terekspos terbuka seperti dinding bata sebagai lapisan dinding atau dinding beton yang mampu menciptakan nuansa industrial secara autentik.

Kamu dapat menggunakan material batu tersebut tanpa pengecatan untuk memberikan kesan natural industri. Pilih set dapur berbahan stainless steel seperti oven, kompor dan peralatan makan lainnya untuk menciptakan kombinasi yang serasi. 

 

10 dari 10 halaman

Dapur Cafe Minimalis Semi Outdoor

Dapur Cafe Minimalis © Diadona

Jika kamu memiliki keterbatasan lahan pada area cafe, tak perlu khawatir karena dapur cafe minimalis seperti contoh di atas dapat dijadikan inspirasi. Desain dapur cafe tersebut merupakan kombinasi antara estetika minimalis dengan fungsionalitas yang efisien. Meskipun terlihat minimalis, kamu masih dapat mengkombinasikannya dengan desain interior seperti gaya industrial. Desain sistem penyimpanan yang terorganisir dengan baik, gunakan rak dan laci atau kabinet untuk menyimpan peralatan dapur dan bahan-bahan dengan efisien. 

 

Nah, itulah 10 inspirasi dapur cafe minimalis yang dapat dijadikan inspirasi untuk merintis sebuah bisnis cafe. Bagaimana Diazen, sangat menawan bukan? Pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya preferensi sebelum merancangnya ya!

 

 

Beri Komentar