34 Manfaat Jeruk Nipis dan Lemon untuk Wajah juga Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 13 Januari 2020 14:01
34 Manfaat Jeruk Nipis dan Lemon untuk Wajah juga Kesehatan
Buah jeruk, jeruk nipis, dan lemon, mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita, lho! Berikut manfaat buah jeruk , jeruk nipis, dan lemon untuk kamu.

Buah-buahan citrus, terkenal dengan kandungan vitamin C yang digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Contoh dari buah-buahan citrus ini adalah jeruk nipis, buah lemon, buah jeruk, dan lain sebagainya. Rasa dari buah-buahan ini lebih ke rasa asam, dan beberapa darinya adalah manis, segar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat buah jeruk nipis, jeruk lemon, dan buah jeruk yang sangat mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis © Diadona

Buah berwarna hijau, berbentuk bulat, dengan rasa asam ini adalah pembangkit tenaga nutrisi kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Jeruk nipis menyediakan leih dari 20% dari kebutuhan harianmu. Berikut adalah manfaat jeruk nipis yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah menurunkan kolesterol. Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

2. Membantu mengobati asam urat

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah membantu mengobati asam urat. Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Caranya dengan minum segelas jeruk nipis yang sudah dicampur dengan air dan madu setiap pagi.

3. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat jeruk nipis yang kaya akan kalium juga untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Mencegah kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar. Maka dari itu, manfaat jeruk nipis ini adalah mencegah kanker.

5. Menyeimbangkan pH

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH merupakan hal penting karena merupakan faktor penentu apakah kamu sehat ataupun sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang maka kamu akan sakit. Manfaat jeruk nipis yang asam ini akan menyeimbangkan pH tubuhmu.

6. Meningkatkan imunitas

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah meningkatkan imunitas. Banyak sekali kita temui suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas, sehingga dalam kondisi apapun kamu akan tetap bugar.

7. Menghilangkan bau badan atau ketiak

Manfaat jeruk nipis ini ternyata bisa untuk menghilangkan bau badan atau ketiak, lho! Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika kamu mengaplikasikan deodoran pada ketiak kamu. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

8. Menghilangkan panu

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pada jeruk nipis. Maka dari itu, manfaat jeruk nipis ini dapat menghilangkan panu. Antioksidan membantu melindungi tubuhmu dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai antibakteri dan antijamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.

Dalam mengaplikasikannya sebagai cara untuk menghilangkan panu, kamu perlu untuk mencampur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.

9. Menurunkan berat badan

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga manfaat jeruk nipis ini akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh.

10. Menyehatkan ginjal

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona

Banyak orang memulai harinya dengan meminum perasan air lemon daripada kopi atau teh. Selain rasa asam dan segar, jeruk lemon ini memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh tubuh jika mengonsumsinya. Berikut adalah manfaat jeruk lemon yang mengesankan.

1. Detoksifikasi hati

Manfaat jeruk lemon yang pertama adalag detoksifikasi hati. Zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Meminum jus lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan. Oleh sebab itu tak heran jika manfaat lemon untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut The World's Healthiest Foods, vitamin C membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh. Di saat kamu mengonsumsi lemon dalam jumlah normal, efeknya dapat menyehatkan tubuhmu.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat lemon untuk kesehatan selanjutanya adalah membantu melancarkan pencernaan. Caranya adalah dengan menggunakan air lemon hangat. Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam.

4. Merawat kesehatan mulut

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah merawat kesehatan mulut. Lemon bermanfaat pula untuk kesehatan area mulut, seperti perawatan gigi dan membuat nafas segar. Dengan mencampurkan jus lemon dan baking soda, kamu bisa menggunakannya sebagai cairan pemutih gigi. Sementara untuk membuat nafas segar, kamu cukup berkumur menggunakan air lemon. Meski begitu, perlu diingat untuk tidak sering menggunakannya, pasalnya kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

5. Meminimalkan resiko stroke iskemik

Menurut beberapa penelitian, manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah membantu meminimalkan resiko stroke iskemik. Mengonsumsi buah sitrus, seperti lemon, dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik. Stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Stroke iskemik ini yang paling umum di mana terjadi hampir 90% di masyarakat.

6. Menyehatkan jantung

Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah resiko terkena penyaki jantung.

Karena kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, lemon yang tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

7. Meredakan stres

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk kesehatan mental yakni dengan membantu meredakan stress. Selain nutrisinya yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress akan berkurang dan mood pun bisa kembali baik.

8. Mencegah batu ginjal

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan selanjutanya adalah mencegah batu ginjal. Mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon tiap hari diduga bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh penderitanya. Semua ini berkat kandungan asam sitrat di dalam lemon yang dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

9. Mengatasi sakit tenggorokan

Lemon kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan energi. Kandungan vitamin c di dalam buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat anti-bakteri. Vitamin C membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh.

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Campuran madu, air hangat, dan lemon mampu mengobati sakit tenggorokan. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.

10. Menghilangkan kulit belang

Kamu bisa mengurangi kemerahan pada kulit wajah yang terbakar matahari dengan mencampur 1 sendok makan jus lemon, air mawar, dan jus mentimun. Lalu, celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan letakan langsung pada kulit yang terbakar selama 30 menit. Mentimun dan lemon terkenal sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam lemon meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit serta mencerahkan bintik-bintik gelap. Oleh sebab itu manfaat jeruk lemon untuk wajah adalah menghilangkan kulit belang.

11. Hilangkan keriput secara alami

Manfaat jeruk lemon untuk wajah adalah untuk mengurangi keriput dan meningkatkan kualitas kulit wajah. Sebuah penelitian menyatakan, minyak lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit. Vitamin C pada buah Lemon mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Enzim alami yang terkandung dalam buah lemon dapat mengencangkan pori-pori yang besar dan mencegah munculnya pori-pori baru.

Caranya iris lemon dan kemudian gunakan lemon tersebut untuk memijat bagian kulit yang keriput selama beberapa menit. Kamu juga bisa memarut kulitnya dan menggunakannya sebagai masker wajah. Menurut American Academy Dermatology, efek perawatan kulit anti penuaan baru bisa terlihat setelah satu bulan. Jadi, jangan khawatir kalau selama satu minggu kulit kamu belum mulus.

12. Mengecilkan perut buncit

Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Siapa sangka manfaat jeruk lemon untuk diet adalah membantu mengecilkan perut buncit. Caranya cukup mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore dan minimal 3 kali dalam seminggu. Hasilnya, perut buncit akan hilang.

13. Memperkecil pori-pori

Pori-pori wajah yang terlihat besar tentu sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Manfaat lemon untuk wajah adalah memperkecil pori-pori. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin.

14. Menghilangkan komedo dan flek hitam

Satu lagi manfaat jeruk lemon untuk wajah yang tidak kalah dari yang lain yaitu dapat menghilangkan komedo dan juga flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah yaitu campurkan perasan jeruk lemon dengan putih telur lalu kocok hingga menghasilkan gelembung. Lalu baluri seluruh wajah dengan menggunakan kuas diamkan hingga mengering. Setelah kering cuci wajah anda dengan menggunakan sabun wajah dan juga air bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Ilustrasi Wanita Terlihat Tua © Diadona

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk kecantikan kulit wajah. Berikut adalah manfaat jeruk nipis untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama adalah meyamarkan bekas jerawat dan flek hitam. Bagi kamu yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

2. Menghilangkan dan mengobati jerawat

Sifat antibiotik jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

3. Mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jeruk

Ilustrasi Jeruk © Diadona

Buah jeruk dengan bentuk bulat, warna oranye, dan rasanya yang manis dan segar ini tumbuh di pohon jeruk citrus x sinensis. Jeruk adalah sumber serat, vitamin C, tiamin, folat, dan antioksidan yang sehat. Dari nilai gizi tersebut, buah jeruk meiliki manfaat yang banyak. Berikut adalah manfaat buah jeruk yang harus kamu ketahui.

1. Melindungi fungsi otak

Flavonoid dalam buah jeruk dapat membantu menangkal penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson, yang dihasilkan dari kerusakan sel dalam sistem saraf. Sebagian penyakit-penyakit ini disebabkan oleh peradangan. Flavonoid yang ditemukan dalam buah jeruk memiliki kemampuan antiinflamasi yang dianggap membantu melindungi buruknya kondisi sistem syaraf.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat jeruk juga baik untuk jantung. Faktanya, sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah-buahan ini memiliki tingkat penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah. Lebih jauh lagi, tinjauan tahun 2017 menunjukkan bahwa jeruk dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik.

Beberapa senyawa dalam buah jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebagai contoh, serat larut dan flavonoid yang ada pada jeruk dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan meningkatkan kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat LDL serta trigliserida. Beberapa jenis flavonoid dalam buah jeruk, termasuk yang disebut naringin, adalah antioksidan kuat yang bermanfaat bagi jantung.

3. Melawan kanker

Banyak penelitian mengaitkan buah jeruk dengan pengurangan risiko kanker tertentu. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan satu jeruk bali atau minum satu porsi jus jeruk bali setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru. Studi lain menunjukkan bahwa buah jeruk juga dapat melindungi terhadap kanker kerongkongan, lambung, payudara dan pankreas.

Buah-buahan jeruk ini mengandung sejumlah senyawa alami, termasuk flavonoid, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Beberapa flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan dan dapat memblokir reaksi gen tertentu yang bertanggung jawab terhadap beberapa penyakit degeneratif, termasuk kanker. Buah jeruk juga dapat membantu melawan kanker dengan menekan kanker, menghalangi pembentukan kanker baru dan membuat karsinogen tidak aktif.

4. Mengurangi risiko batu ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral yang menyakitkan. Batu ginjal dapat terbentuk ketika urin sangat pekat atau ketika kamu memiliki jumlah mineral pembentuk batu yang lebih tinggi dari kadar normal dalam urin. Salah satu jenis batu ginjal disebabkan oleh kadar sitrat yang rendah dalam urin.

Banyak buah dan sayuran, terutama buah-buahan jeruk yang dapat meningkatkan kadar sitrat dalam urin sehingga mampu menurunkan risiko batu ginjal. Menurut data kebiasaan makan orang Amerika selama 40 tahun terakhir, batu ginjal lebih umum dialami oleh orang yang makan lebih sedikit buah jeruk.

5. Mengurangi risiko diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Jeruk merupakan salah satu buah yang tinggi serat. Serat utama yang ditemukan dalam jeruk adalah pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Serat makanan dikaitkan dengan banyak efek kesehatan yang bermanfaat, termasuk peningkatan kesehatan pencernaan, penurunan berat badan, dan kolesterol. Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan untuk mengonsumsi jeruk dengan takaran 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria.

6. Pencegahan anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah atau hemoglobin, yang menurunkan kemampuannya untuk membawa oksigen. Ini sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang baik, mereka adalah sumber asam organik yang sangat baik, seperti vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Vitamin C dan asam sitrat dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari saluran pencernaan.

7. Kesehatan kulit

Antioksidan vitamin C dapat ditemui dalam buah jeruk. Ketika dimakan atau dioleskan pada kulit, manfaat jeruk dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi. Manfaat jeruk bagi kulit juga termasuk dapat mengurangi keriput dan meningkatkan keseluruhan tekstur kulit yang membuat kulit nampak halus. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit manusia.

Jadi buah jeruk mana yang kalian suka? Beri jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar