12 Manfaat Ubi Jalar Ungu Tidak Hanya untuk Kesehatan, Tapi untuk Kecantikan Juga

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 24 April 2021 13:09
12 Manfaat Ubi Jalar Ungu Tidak Hanya untuk Kesehatan, Tapi untuk Kecantikan Juga
Ubi jalar ungu selain warnya yang menarik, khasiatnya juga banyak, lho!

Manfaat ubi jalar ungu memiliki khasiat nutrisi yang bergizi. Ubi jalar ini memiliki tekstur yang lembut dan sering dijadikan makanan olahan oleh banyak orang. Terdapat penelitian yang berjudul Introduction of β-Carotene–Rich Orange Sweet Potato in Rural Uganda Resulted in Increased Vitamin A Intakes among Children and Women and Improved Vitamin A Status among Children (2012), mengatakan ubi jalar mengandung vitamin B5, riboflavin, niasin, thiamin, dan antosianin. 

Warna ungu dari ubi jalar ini berasal antosianin yang mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal penyakit. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kentang berpigmen ini mampu membantu melawan peradangan dan mengurangi penyakit jantung dan risiko kanker, lho. Selain itu beberapa peneliti juga mengklaim ubi jalar mengandung sifat anti-inflamasi, antidiabetes, dan antikanker. Ubi jalar sendiri memiliki warna yang beraneka ragam. Namun, kali ini kita akan membahas manfaat tentang ubi jalar ungu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Ubi Ungu

Manfaat Ubi © Diadona

Mencegah Tubuh Kekurangan Vitamin A

Manfaat ubi jalar ungu mampu memasok kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Kurangnya tumbuh kita akan vitamin A dapat berdampak pada penurunan resistensi terhadap penyakit menular, peningkatan morbiditas infeksi, mata kering serta peningkatan mortalitas bagi wanita hamil dan menyusui anak-anak mereka.

Ubi jalar ungu mengandung vitamin A penting yang mengandung beta-karoten tingkat tinggi. Ubi jalar ungu juga merupakan sumber alami beta-karoten dan vitamin A untuk membantu melawan infeksi.

Membantu Mengatasi Diabetes

Ubi jalar ungu dikategorikan memiliki skala indeks glikemik yang rendah. Terdapat beberapa penelitian dan salah satunya mengatakan ubi jalar ungu dapat meminimalkan terjadinya resistensi insulin dan kadar gula darah rendah, serta gula darah tinggi pada orang yang menderita diabetes. 

Manfaat ubi jalar ungu juga mengandung serta yang bermanfaat untuk manajemen diabetes. Ubi jalar sudah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah individu yang menderita diabetes tipe 1 dan ubi jalar ungu sendiri terdiri dari serat larut yang efektif mengurangi konsumsi makanan dan lonjakan gula darah.

Membantu Mengelola Tingkatan Stress

Ubi jalar ungu mengandung magnesium yang merupakan mineral penting untuk fungsi tubuh. Manfaat ubi jalar ungu terpenting adalah kandungan magnesiumnya yang mampu membantu mengurangi stress dan kecemasan. 

Magnesium dan depresi memiliki keterkaitan yang kuat. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami peningkatan kadar magnesiumnya mampu melindungi otak dari kecemasan atau depresi. Selain itu kandungan magnesium telah ditemukan dapat mengurangi insomnia pada orang yang lebih tua. Insomnia adalah pemicu terjadinya depresi, kecemasan, dan stress.

Mengandung Anti Inflamasi

Semua ubi jalar dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Studi yang dilakukan pada ubi jalar ungu menunjukkan manfaat yang mampu menghambat produksi komponen inflamasi aktif dalam tubuh. Ditambah ubi jalar ungu memiliki  kandungan antosianin dan kolin dalam ubi jalar menjadikan sayuran sebagai sumber makanan penting dalam pencegahan dan pengurangan peradangan kronis dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Ubi Jalar

Manfaat Ubi © Diadona

Membuat Jantung Semakin Sehat

Manfaat ubi jalar ungu mengandung antioksidan yang tinggi yang mana bermanfaat sekali untuk jantung. Ubi jalar ungu tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tapi juga meningkatkan antioksidan secara signifikan untuk menangkal hipertensi dalam darah manusia.

Membantu Mencegah Tumbuhnya Bisul

Manfaat ubi jalar ungu telah menunjukkan bahwa ubi jalar ungu memiliki bahan kimia yang dapat membantu menyembuhkan luka dan bisul di perut. Dengan demikian, konsumsi ubi jalar dalam diet dapat menjadi rencana pengobatan yang efektif melawan jenis utama tukak lambung termasuk ulkus yang diinduksi etanol dan aspirin.

Meminimalisir Penyakit Kardiovaskular

Manfaat ubi jalar ungu yaitu mengurangi oksidasi pada tubuh yang menyebabkan perkembangan sejumlah penyakit kardiovaskular. Serat, antosianin, polifenol, dan aktivitas pemulungan radikal tinggi yang terkandung dalam ubi jalar semuanya penting dalam memerangi penyakit kardiovaskular.

Mengandung Sifat Antimikroba

Ubi jalar ungu mengandung sifat antimikroba yang dapat digunakan dalam pencegahan dan pengobatan berbagai patogen dan infeksi bakteri. Terdapat beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak etanol dan aseton memiliki sifat antimikroba yang bisa jadi penyebab penyakit pneumonia dan tifus.

Membantu Memperbaiki Rambut dan Kulit

Ubi jalar ungu menunjukkan kandungan vitamin E berpotensi meningkatkan jumlah rambut secara signifikan pada individu yang menderita rambut rontok. Manfaat ubi jalar ungu juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi stress dan alopecia.

Vitamin C telah dikenal sebagai pengobatan dermatologis yang efektif dan dapat digunakan untuk pengobatan photoaging dan hiperpigmentasi.  Vitamin C juga efektif menetralkan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan sinar UV. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Ubi Jalar

Manfaat Ubi © Diadona

Tidak hanya buahnya saja, daun ubi jalar ternyata juga mengandung manfaat yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ubi jalar dari daunnya dapat membantu menjaga kalsium pada tulang dan mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis. Dilansir dari Health Benefit Times, daun ubi jalar mengandung vitamin K yang tinggi dan dapat memberantas pengeroposan tulang pada pasien osteoporosis. Vitamin K sangat penting untuk menggunakan kalsium dalam membentuk tulang.

Mengurangi Nyeri Saat Haid

Daun dari ubi jalar mengandung vitamin K yang mengatur fungsi hormon dan menurunkan nyeri PMS kram dan nyeri haid. Vitamin K membekukan darah dan mencegah pendarahan yang berlebihan selama menstruasi dan mengurangi gejala PMS. 

Membantu Pembekuan Darah 

Manfaat ubi jalar dari daunya mampu membantu pembekuan darah yang membutuhkan dua belas protein agar berfungsi. Vitamin K meningkatkan pembekuan darah yang membantu memulihkan luka dan memar dengan cepat. Apabila pembekuan darah tidak berlangsung dengan baik maka seseorang dapat mengalami penyakit hemoragik pada bayi baru lahir. 

Manfaat ubi jalar ternyata tidak dihasilkan dari buahnya saja, namun daunnya pun bisa bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh. 

Beri Komentar