12 Manfaat Cabe Rawit Tidak Hanya untuk Kesehatan, Tapi Juga untuk Kecantikan

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 22 April 2021 16:34
12 Manfaat Cabe Rawit Tidak Hanya untuk Kesehatan, Tapi Juga untuk Kecantikan
Kecil-kecil cabe rawit! Ternyata punya segudang manfaat juga

Manfaat cabe rawit ternyata bisa digunakan sebagai obat nyeri otot dan sendi. Bagi kalian pecinta rasa pedas, cabe rawit bisa menjadi pilihan untuk menemanimu sambil makan. Perlu diketahui, cabe rawit tidak hanya bisa membuat makanan menjadi sedap karena sensasi pedas dan panasnya. Tapi cabe rawit juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Cabe rawit dikenal mengandung zat yang dikenal sebagai capsaicin yang memberikan rasa panas pada tubuh dan menimbulkan sensasi terbakar pada jaringan apapun yang bersentuhan dengannya. Semakin tinggi kadar capsaicin nya, maka akan semakin pedas dan semakin banyak capsaicin nya makan semakin panas dibuatnya. Kandungan dari cabe rawit ini juga memiliki efek terapeutik yang memicu reaksi kimia yang bersifat analgesik dan anti inflamasi.

1 dari 3 halaman

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan

Manfaat Cabe Rawit © Diadona

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi cabe rawit bisa memiliki banyak manfaat. Hanya saja jika dikonsumsi terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Untuk itu ini beberapa manfaat dari cabe rawit yang bisa kamu ketahui :

Mempercepat Proses Metabolisme 

Dilansir dari Women Health, manfaat cabe rawit dapat sedikit meningkatkan suhu tubuh yang mana akan membantu membakar kalori lebih banyak. Manfaatnya cabe rawit bagi kesehatan dapat meningkatkan metabolisme. Hanya saja, berapa banyak cabe rawit yang harus dikonsumsi masih belum ada penelitian lebih lanjut. 

Menurunkan Tekanan Darah

Menurut WHO tekanan darah tinggi merupakan risiko kesehatan yang sangat besar. Terdapat lebih dari 40% orang dewasa diatas umur 25 memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu terdapat penelitian yang menarik, yaitu mengatakan bahwa manfaat cabe rawit yang mengandung capsaicin dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat cabe rawit untuk kesehatan adalah meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan capsaicin pada darah telah terbukti mengurangi kolesterol dan trigliserida dan membantu menjaga sel-sel agar tidak saling menempel dan membentuk gumpalan darah.

Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Manfaat cabe rawit ternyata mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk memperlambat kerusakan sel yang dibebaskan oleh senyawa berbahaya yaitu radikal bebas. Selain itu dalam cabe rawit juga terdapat banyak kandungan seperti vitamin C dan karotenoid, lho.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Cabe Rawit

Manfaat Cabe Rawit © Diadona

Seperti pada poin sebelumnya, kita sudah membahas tentang manfaat cabe rawit untuk kesehatan. Maka kali ini kita akan membahas khasiat dan manfaat apa yang bisa diberikan dari daun cabe rawit.

Daun cabe rawit juga memiliki kemampuan sebagai obat herbal, lho. Daun cabe rawit bisa kamu jadikan sebagai alternatif pengobatan tradisional. Sehingga, manusia dapat memaksimalkan fungsi daun cabe rawit untuk kegunaan sehari-harinya

Berikut ini beberapa manfaat cabe rawit dari daunnya :

  1. Dapat mengurangi perut kembung dan masuk angin. Cara mengolah daun nya cukup haluskan daun dan campur dengan kapur sirih dan kemudian oleskan pada perut yang kembung.

  2. Dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga karena kesan yang dihasilkan oleh daun cabe rawit memberikan kesan hangat. 

  3. Daun cabe rawit dapat menyembuhkan kram perut dan mengatasi masalah pencernaan. Caranya seduh rebusan daun cabe rawit dengan menambahnya dengan sedikit garam.

  4. Dapat membantu menurunkan demam dan panas pada tubuh. 

  5. Bisa digunakan sebagai obat kumur 

3 dari 3 halaman

Manfaat Cabe Rawit untuk Kecantikan

Manfaat Cabe Rawit © Diadona

Selain untuk kesehatan, cabe rawit juga memiliki manfaat untuk kecantikan, lho. Simak baik-baik, ya karena hal ini masih belum banyak yang tahu.

Mengobati Jerawat 

Cabe rawit mengandung bahan-bahan yang memiliki khasiat luar biasa. Kandungan  yang dapat merawat dan melawan jerawat adalah capsaicin, bahan aktif yang dapat mengurangi perubahan warna jerawat dan meredakan kemerahan pada kulit. Ini juga membantu menghilangkan bintik-bintik hitam. Capsaicin juga membersihkan darah jahat dan membersihkan racun yang pada gilirannya mencegah jerawat dan jerawat.

Membuat Kulit Tampak Cantik

Cabe rawit memiliki kandungan capsaicin yang bagus untuk kulit. Namun, tidak hanya capsaicin saja yang bisa mempercantik kulit. Terdapat kandungan vitamin C, E dan B6 serta antioksidan yang baik untuk kecantikan. Semua ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda dan meningkatkan produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit. Sifat anti-jamur dan anti-alergi dari cabai rawit juga menjadikannya pembersih yang hebat.

Melawan Peradangan

Manfaat cabe rawit untuk kecantikan bisa melawan peradangan dan dapat membantu sebagai anti jamur, anti bakteri sehingga anti inflamasi. Selain itu juga bisa membuat kulit kamu kenyal.

Manfaat cabe rawit juga baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, Diazens, jika mengonsumsi cabe rawit terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kamu. Jadi akan lebih bijak jika kamu bisa mengatur kapan untuk mengonsumsi cabe rawit.

 

Beri Komentar