11 Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari Bagus untuk Kesehatan Tubuh, lho!

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 23 April 2021 17:06
11 Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari Bagus untuk Kesehatan Tubuh, lho!
Siapa yang gemar makan kuaci? Ternyata kuaci banyak manfaatnya juga, lho

Manfaat kuaci bagi tubuh sangat bagus. Kuaci sendiri sering sekali dijadikan camilan ringan karena rasanya yang gurih dan membuat ketagihan. Kuaci sendiri adalah olahan biji-bijian yang berasal dari biji bunga matahari yang diasinkan. 

Manfaat kuaci jika memakannya dapat mencegah berbagai penyakit. Kuaci juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan aman dikonsumsi dalam jumlah wajar. Maka dari itu, yuk kita intip apa saja manfaat kuaci ini bagi kesehatan tubuh kamu?

1 dari 3 halaman

Manfaat Makan Kuaci

Manfaat Kuaci © Diadona

Menguatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh adalah salah satu dari manfaat kuaci yang diperoleh karena kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E meningkatkan respons kekebalan dan melindungi dari banyak penyakit menular. Vitamin E juga tinggi antioksidan dan mencegah radikal bebas merusak sel-sel sehat di dalam tubuh kita.

Sedangkan terdapat zinc yang melindungi tubuh dari peradangan, alergi, dan patogen yang menyerang. Ditambah kandungan selenium yang mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Mengurangi Kolesterol

Manfaat kuaci ternyata memiliki serat yang tinggi. Sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Vitamin B3 pun juga berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol total dan risiko penyakit jantung. Dalam kuaci juga mengandung vitamin B5 yang dapat meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Makan kuaci memberikan manfaat untuk membantu mencegah kanker payudara. Manfaat kuaci juga menghambat pertumbuhan dan mengurangi ukuran sel tumor. Selain itu juga mencegah metastasis. Kehadiran antioksidan kuat dalam biji bunga matahari juga mengurangi risiko kanker. Konsumsi biji ini juga mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kuaci Matahari

Manfaat Kuaci © Diadona

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji bunga matahari kaya akan lemak sehat, termasuk lemak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa konsumsi biji-bijian - termasuk biji bunga matahari - dikaitkan dengan penurunan tingkat penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Peradangan

Kuaci yang berasal dari biji bunga matahari dapat menawarkan anti-inflamasi. Manfaat kuaci ternyata bagus untuk mengatasi peradangan karena mengandung vitamin E, flavonoid, dan senyawa tanaman lain.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kuaci dan biji lainnya lima kali atau lebih setiap minggu menghasilkan tingkat peradangan yang lebih rendah, yang juga menurunkan faktor risiko beberapa penyakit kronis.

Meningkatkan Tingkat Energi

Manfaat kuaci yang tinggi protein, kuaci juga bisa membantu meningkatkan tingkat energi kamu. Nutrisi lain seperti vitamin B dan selenium dapat membantu kamu tetap berenergi. Kandungan vitamin B1 dapat membuat kamu tetap aktif sepanjang hari karena khasiat dari vitamin B1 dapat mengubah makanan menjadi energi

3 dari 3 halaman

Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari

Manfaat Kuaci © Diadona

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kuaci biji bunga matahari yang mengandung beta-sitosterol dan fitosterol dapat membantu mencegah kanker payudara. Kandungan itu menghambat pertumbuhan sel tumor, mengurangi ukuran tumor dan juga mencegah metastasis. Kehadiran antioksidan kuat dalam biji bunga matahari juga mengurangi risiko kanker. Konsumsi biji ini juga mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar.

Meningkatkan Fungsi Otak

Biji bunga matahari yang dibuat jadi kuaci ini  mengandung vitamin B6. Ini dapat meningkatkan mood dan konsentrasi serta meningkatkan daya ingat. Selain itu dapat melepaskan serotonin dan norepinefrin di tubuh kita. Biji bunga matahari juga membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan sindrom pramenstruasi (PMS).

Mengobati Anemia

Manfaat kuaci dari biji bunga matahari memiliki kandungan zat besi yang merupakan sumber untuk membantu orang yang menderita anemia.

Membantu Mendetoks Tubuh

Kuaci dari biji bunga matahari memiliki kemampuan antibakteri yang kuat. Mereka membantu menghilangkan bakteri dan kuman secara efektif dari sel. Mereka juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita.

Membuat Kulit Tetap Sehat

Manfaat kuaci dari biji bunga matahari selain bagus untuk kesehatan tubuh, ternyata untuk kulit juga memberikan hasil yang baik. Kulit jadi lebih bersinar. Aktivitas antibakteri dan antijamur dari biji ini juga mencegah infeksi, sehingga menjaga kebersihan kulit kita. Asam oleat dan linoleat, yang ada dalam biji bunga matahari membantu pembentukan kolagen dan elastin, mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat kuaci tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, ternyata berimbas juga pada kesehatan kulit yang membuat kulit menjadi tetap sehat. So, kamu yang suka cemilan kuaci, terus-terusin ya makan kuacinya. Tapi ingat jangan berlebihan.

Beri Komentar