13 Manfaat Udang untuk Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 22 April 2021 16:35
13 Manfaat Udang untuk Ibu Hamil
Kulit dan daging udang memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh, Apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil, lho!

Manfaat udang ternyata penting saat masa kehamilan. Selama masa kehamilan, pola makan yang sehat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan janin. Mungkin ada saatnya ibu hamil mengalami yang namanya “ngidam” dan ingin memakan makan makanan yang tidak sehat. Misalkan kamu ingin sekali mengonsumsi seafood saat sedang hamil. Perlu diketahui bahwa tidak semua seafood bisa dikonsumsi saat hamil. Salah satu pilihan makanan yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah udang. Udang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Jika, Diazens penasaran, coba baca artikel ini sampai habis, ya.

1 dari 3 halaman

Manfaat Udang untuk Ibu Hamil

Manfaat Udang © Diadona

Udang merupakan makanan sehat karena kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk ibu dan bayi. Cari tahu apa manfaat makan udang bagi kesehatan:

Tidak Menimbulkan Penambahan Berat Badan 

Manfaat udang untuk ibu hamil saat mengonsumsinya tidak menimbulkan penambahan berat badan. Hal itu dikarenakan kandungan lemak pada udang sedikit dan kalorinya juga sedikit.

Membantu Pertumbuhan Janin

Udang memiliki tingkat protein yang tinggi yang merupakan kunci pertumbuhan janin. Manfaat udang mampu mencukupi nutrisi untuk pertumbuhan janin. Mayoritas porsi udang yang bisa dimakan adalah air (75%). Dari 25% sisanya, 80% adalah protein. Itu juga kaya akan asam amino.

Menurunkan Risiko Anemia

Mengonsumsi setiap 100 gram udang, ibu hamil memperoleh 1,8 gram zat besi, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan. Zat besi juga mengurangi risiko anemia dalam kehamilan dan membantu suplai darah ke bayi. Ini juga mengurangi risiko kelahiran prematur.

Sebagai Perkembangan Sistem Saraf

Manfaat udang memiliki elemen kunci lain untuk kehamilan  yang dapat ditemukan pada udang adalah asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Omega-3 adalah nutrisi super yang membantu perkembangan sistem saraf dan mata anak. Manfaat udang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) dan penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan laut yang aman melahirkan bayi dengan keterampilan kognitif yang lebih ditingkatkan.

Tinggi Kalsium

Manfaat udang adalah sebagai sumber kalsium yang baik dan memakannya selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium kamu dan membantu membangun tulang bayi.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Udang

Manfaat Udang © Diadona

Memperkuat Tulang

Manfaat udang mengandung fosfor dan vitamin D yang mana kedua kandungan itu bagus untuk kesehatan tulang. Nutrisi yang terkandung pada tulang selanjutnya juga bisa mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis di kemudian hari.

Menjaga Mood Tetap Stabil dan Menjaga Kesehatan Otak

Udang mengandung triptofan, manfaat udang diduga dapat memicu hormon peningkat suasana hati yang dikenal sebagai serotonin. Udang memiliki nutrisi omega-3 dan vitamin B12 udang dapat meningkatkan fungsi otak. Ditambah udang juga mampu menjaga fungsi otak tetap tajam dan waspada, serta mencegah penyakit Alzheimer.

Melindungi Kulit 

Manfaat udang dari segi kulitnya ternyata memiliki kesamaan dengan sunscreen yang bisa melindungi kulit. Udang juga dilengkapi dengan astaxanthin dapat mengurangi kerutan kulit dengan meningkatkan elastisitas kulit dan menawarkan kelembaban kulit. Astaxanthin dikenal dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV), yang pada akhirnya mengurangi risiko kanker kulit.

Menangkal Kanker

Manfaat udang yang kaya antioksidan dari astaxanthin dan asam lemak omega-3 dapat menunjukkan efek pelindung dan penghambatan pada kanker, oleh karena itu mengurangi pertumbuhan sel kanker. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Makan Udang

Manfaat Udang © Diadona

Menjaga Kesehatan Mata

Astaxanthin adalah kandungan yang terdapat dalam udang. Astaxanthin adalah kandungan yang memiliki antioksidan yang tinggi yang bagus untuk kesehatan mata. Selain itu juga bisa melindungi retina dari kerusakan oksidatif akibat paparan dari sinar matahari.

Melindungi dari Penyakit Jantung

Manfaat udang sebenarnya dapat melindungi dari penyakit jantung, berkat kandungan asam lemak omega-3, sebagaimana bukti telah menunjukkan konsumsi udang dapat mengurangi LDL kolesterol dan trigliserida, sekaligus meningkatkan HDL kolesterol. Udang membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, yang terkenal karena perannya dalam kesehatan jantung dan sifat anti-inflamasi.

Kesehatan bagi Perempuan

Manfaat udang bagi kesehatan perempuan bisa mengurangi nyeri sendi dan kemurungan yang sering muncul akibat menopause. Kontribusi asam lemak omega-3 dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi, juga dikenal sebagai PMS, termasuk perubahan suasana hati, payudara lembut, mengidam makanan, kelelahan, mudah tersinggung, dan depresi.

Jadi, manfaat udang memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Di mana semua nutrisi itu mampu mendukung kesehatan tubuh manusia dan mencegahnya dari berbagai macam penyakit termasuk kanker. 

Beri Komentar