10 Manfaat Kubis Ungu untuk Diet, Ternyata Bagus Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 22 April 2021 16:34
10 Manfaat Kubis Ungu untuk Diet, Ternyata Bagus Dikonsumsi oleh Ibu Hamil
Kubis tidak hanya bagus untuk diet saja, lho!

Manfaat kubis ini jarang banget yang tahu. Tahu nggak sih, sayur kubis yang sering kamu buat lalapan ini banyak banget kandungan nutrisinya. Dalam satu kubis mengandung vitamin C, B6, K folat kalsium, potassium, mangan, magnesium. Tidak hanya itu, dalam 90 gram kubis terdapat 3 gram serat. Dengan kadar serat yang tinggi ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu kubis juga mudah ditemukan di pasar dan harga yang diberikan pun cukup terjangkau. Apalagi, yang mau diet, kubis bisa dijadikan alternatif sayur untuk memenuhi kebutuhan kalori sehat kamu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Sayur Kubis

Manfaat Kubis © Diadona

Kubis memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, manfaat kubis kali ini akan diulas. Penasaran? Baca baik-baik ya.

Mencegah Kanker 

Manfaat kubis salah satunya dapat mencegah timbulnya kanker. Di dalam kubis terdapat kandungan sulforaphane, zat yang ditemukan dalam kubis yang meningkatkan efek anti kanker di tubuh. Namun, masih banyak khasiat lain dari kubis yang dikatakan dapat mencegah kanker.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kubis yang kaya sumber vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Sistem kekebalan membutuhkan vitamin C untuk melakukan tugas dan fungsinya dalam tubuh. Vitamin C adalah kandungan antioksidan yang dapat membersihkan radikal bebas yang membuat kamu rentan terhadap penyakit.

Sebagai Anti Inflamasi

Kubis kaya akan asam amino yang bermanfaat membantu melawan peradangan. Asam amino dalam bentuk protein mampu membantu pencernaan makanan dan tubuh manusia untuk memecah makanan.

Mengurangi Risiko Katarak

Manfaat kubis yang mengandung beta-karoten dapat mencegah degenerasi makula pada mata yang mana hal ini akan mengurangi kemungkinan untuk terkena katarak. Risiko katarak adalah penglihatan yang kabur dan keruh. Jadi, ada baiknya kamu mengonsumsi kubis untuk melindungi matamu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kubis untuk Diet

Manfaat Kubis © Diadona

Kubis juga bisa digunakan untuk diet. Apa saja manfaat kubis untuk diet?

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kaya akan serat dan bisa membuat perut kamu kenyang, kubis bisa kamu tambahkan dalam pola makan diet kamu. Kubis adalah makanan super  dengan rendah kalori. Kubis yang rendah kalori tidak akan membantu penambahan berat badan, malah membantu pencernaan yang baik.

Membantu Pencernaan 

Manfaat kubis yang kaya akan serat akan membuat pencernaan kamu bekerja lebih ringan dibandingkan tidak mengonsumsi serat sama sekali. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan. Di mana metabolisme  lancar makan berat badan yang kamu impikan akan tercapai.

Mencegah Sakit Perut

Manfaat kubis untuk diet adalah mencegah terjadinya maag yang akan membuat kamu gagal diet. Kubis memiliki sumber glutamin yang tinggi. Fungsinya adalah untuk membantu membangun protein dalam sistem kekebalan. Glutamin juga memainkan peran integral dalam kesehatan usus dan pencernaan makanan yang baik.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kubis Ungu

Manfaat Kubis © Diadona

Memperkuat Gigi dan Tulang

Manfaat kubis ungu bisa dikatakan dapat menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Kubis ungu juga kaya akan vitamin K di dalamnya. Selain kalsium, Vitamin K merupakan sumber utama kekuatan tulang, kubis dikatakan mengandung vitamin K yang juga berkontribusi pada kekuatan tulang dan gigi.

Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil bisa mengkonsumsi kubis karena kubis kaya asam folat dan memiliki manfaat nutrisi yang bisa untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi kubis akan membantu janin memiliki kesehatan yang baik dan juga membantu produksi ASI. 

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kubis ungu juga bagus untuk kesehatan jantung. Kubis kaya akan serat dan mineral seperti kalium yang memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gula darah. Kubis juga memiliki jumlah natrium yang lebih sedikit baik untuk menjaga detak jantung yang sehat.

Manfaat kubis bagus untuk dikonsumsi agar asupan nutrisi harian tercukupi. Harganya juga cukup murah dan bisa kamu temukan di manapun. Ingin sehat juga gak perlu mahal-mahal kok.

Beri Komentar