10 Manfaat Kunir Putih Dicampur dengan Asem dan Madu

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 13 April 2021 15:34
10 Manfaat Kunir Putih Dicampur dengan Asem dan Madu
Kunir putih dicampur dengan asem dan madu ternyata banyak manfaatnya juga, lho!

Manfaat kunir sering digunakan sebagai obat herbal oleh orang-orang Indonesia. Kunir sendiri sering kita lihat menjadi salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan. Kunir biasanya digunakan untuk kondisi di mana tubuh sedang merasa nyeri dan mengalami peradangan, seperti osteoartritis.

Manfaat kunir juga bisa digunakan untuk demam, depresi, kolesterol tinggi dan lain sebagainya. Rempah-rempah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang tidak kita ketahui. Ditambah kunir juga bisa diolah menjadi sebuah minuman herbal yang tidak kalah menyehatkannya, lho. Yuk, kita lihat apa saja sekiranya manfaat dari kunir!

1 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Putih

Manfaat Kunir © Diadona

Kunir putih atau yang lebih dikenal sebagai kunyit oleh orang Indonesia, memiliki manfaat yang bagus. Seperti apa manfaatnya?

Meredakan Nyeri Saat Haid

Perempuan saat mau haid dan saat haid pasti akan mengalami nyeri-nyeri pada badanya. Di mana hal itu tentunya menghambat produktivitasmu dalam menjalani kegiatanmu. Kamu bisa memanfaatkan kunir putih untuk mengatasi rasa nyeri yang terjadi disekitar perut dan punggung belakang. Manfaat kunir putih ini mampu meredakan kontraksi rahim.

Mengatasi Racun

Manfaat kunir putih adalah untuk anti racun yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara kerja kunir putih adalah dengan menghambat kerja racun sehingga racun yang terkena pada tubuh tidak segera menyebar dengan pesat ke seluruh tubuh. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Kunir putih juga kaya akan vitamin dan mineral untuk tubuh gunanya untuk membangun sel darah merah dan mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Manfaat kunir putih yang kaya akan vitamin itu, mampu menjaga kesehatan jantung apabila mengonsumsinya secara rutin dengan takaran yang pas.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat kunir putih yang memiliki antioksidan yang tinggi memiliki khasiat untuk membunuh berbagai macam kuman pemicu jerawat di wajah serta masalah kulit lainnya. Banyak brand skincare menggunakan kunir putih sebagai bahan dasar pembuatan skincare mereka untuk membantu mengatasi jerawat dan minyak berlebih.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Asem

Manfaat Kunir © Diadona

Sering mendengar jamu kunir asem? Iya, jamur kunir asem merupakan minuman herbal yang biasanya kita temui di ruko-ruko jamu pinggir jalan. Kunir asem memiliki manfaat yang baik untuk dikonsumsi. Apa saja?

Untuk Mengatur Gula Darah

Dilansir dari Bola.com, manfaat kunir asem bagus untuk pengidap diabetes. Orang yang terkena diabetes memiliki kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kunir asam sering direkomendasikan untuk si pengidap diabetes.

Mencegah Agar tidak Terkena Kanker

Kunir asem dapat mengurangi penyebab kanker. Kunir asem berkontribusi pada kematian sel kanker. Kunir asem, juga dapat melawan beberapa efek karsinogen yang digunakan dalam makanan olahan.

Sebagai Minuman Dengan Kandungan Antioksidan

Kunir asem bisa juga dikonsumsi sebagai minuman mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Kerusakan radikal bebas yang dibarengi dengan peradangan adalah penyebab utama dari penyakit kardiovaskular, sehingga kunir asem berperan dalam mencegah penyakit jantung. Selain itu, kunir asem bisa mengurangi risiko katarak, glaukoma dan degenerasi makula.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kunir Madu

Manfaat Kunir © Diadona

Selain kunir asem, kunir juga bisa dipadu padankan dengan madu sebagai minuman yang menyehatkan dan memiliki segudang manfaat juga, lho.

Mencegah Diabetes

Manfaat kunir madu berkhasiat untuk mencegah diabetes melalui sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, kunir madu juga berkhasiat memperbaiki banyak faktor yang berkontribusi terhadap diabetes termasuk resistensi insulin, gula darah tinggi dan hiperlipidemia (kadang lemak dalam darah).

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat kunir madu bisa meningkatkan kesehatan kulit juga, lho. Hal itu dikarenakan dalam kunir terdapat kandungan yang bersifat anti-inflamasi, antimikroba dan antioksidan. Kunir madu bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam.

Sebagai Anti Inflamasi Alami

Kunir madu telah terbukti memiliki sifat-sifat anti inflamasi yang kuat untuk menghalangi aksi molekul dalam tubuh. Inflamasi disebabkan oleh bakteri dan virus. Sehingga, kunir madu bisa mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh.

Manfaat kunir yang bisa digunakan sebagai bahan makanan hingga minuman tentunya memiliki efek positif untuk tubuh. Tidak hanya kesehatan tapi juga kecantikan juga.

Beri Komentar