Biar Hasilnya Bagus, Berikut 5 Tips Memotret di Malam Hari dengan Smartphone

Reporter : Yoyok
Senin, 10 Mei 2021 20:50
Biar Hasilnya Bagus, Berikut 5 Tips Memotret di Malam Hari dengan Smartphone
Buat yang sering jalan-jalan di malam hari, bisa dipakai nih tipsnya

Smartphone memang telah menjadi gadget semua orang karena praktis dan banyak fiturnya. Salah satu fitur pada smartphone yang sering digunakan penggunanya adalah kamera.

Kamera pada smartphone sering kali digunakan untuk mengabadikan momen-momen tertentu atau sekedar hunting foto. Namun, fitur ini bisa dibilang tidak dapat maksimal jika digunakan di malam hari.

Tapi, seiring berjalannya waktu, kamera smartphone kini lebih canggih dan kamu tidak perlu biongung lagi untuk memotret di malam hari. Berikut ini adalah lima tips memotret di malam hari agar hasilnya lebih bagus.

1 dari 6 halaman

Shutter Speed

Smartphone sekarang sudah memiliki fitur smartphone pada kameranya. Kamu bisa mengatur shutter speed pada kamera smartphone.

Terdapat mode manual dan profesional dalam menggunakan shutter speed di smartphone. Kecepatan shutter speed diukur dengan satuan detik. Misal 1/1000 untuk rana cepat, dan 1s, atau 3s untuk rana lambat.

Ilustrasi Smartphone Motret © Diadona

2 dari 6 halaman

Gunakan Tripod

Tripod dapat membuat smartphone stabil saat digunakan memotret. Apalagi untuk memotret di malam hari agar hasilnya tidak buram.

Kondisi cahaya yang redup membuat kamera harus menggunakan shutter speed rendah. Semakin rendanh shutter speed, maka akan semakin rentan dengan guncangan.

3 dari 6 halaman

Night Mode

Semua smartphone rata-rata sudah memiliki fitur night mode di dalamnya. Tentun saja fitur ini akan sangat membantu saat memotret di kondisi cahaya yang redup.

Beberapa smartphone bahkan memiliki fiut canggi pada night mode-nya, salah satunya yaitu astrophotography atau memotret bintang.

Ilustrasi Smartphone Motret © Diadona

4 dari 6 halaman

Manfaatkan Cahaya Sekitar

Memanfaatkan sumber cahaya bisa kamu lakukan saat memotret di malam hari. Senter, lampu kendaraan, ataupun lampu penerang jalan bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus di malam hari.

Kamu juga bisa berkreasi dengan objek-objek sekitarmu dengan sumber cahaya yang ada.

5 dari 6 halaman

Manfaatkan Backlighting

Siluet bisa menjadi kreasi tersendiri saat memotret di malam hari. Cahaya yang berada di belakang objek foto bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto yang estetik.

Cahaya ruangan dengan jendela terbuka, lampu kendaraan, dan lainnya bisa kamu manfaatkan sebagai cahaya latar.

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Beri Komentar