6 Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Mudah dan Akurat

Reporter : Riza Umami
Senin, 3 April 2023 21:14
6 Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Mudah dan Akurat
Ini cara melacak nomor HP penipu.

Semakin berkembangnya teknologi, penipuan melalui telepon seluler atau ponsel semakin marak terjadi. Penipuan ini dapat berupa panggilan dari nomor yang tidak dikenal, SMS atau pesan WhatsApp yang meminta informasi pribadi atau mengancam untuk melakukan tindakan tertentu.

Namun, ada cara untuk melacak nomor tersebut sehingga kamu bisa mengetahui identitas asli dari pelaku penipuan itu. Melalui beberapa langkah yang cukup mudah, kita dapat menemukan siapa sebenarnya yang berada di balik nomor HP tersebut. Berikut adalah beberapa cara melacak nomor HP penipu yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

1 dari 6 halaman

1. Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Get Contact

ilustrasi hp © Diadona

Get Contact adalah sebuah aplikasi yang memiliki fitur khusus untuk melacak nomor kontak banyak orang, termasuk nomor yang telah terdaftar sebagai penipu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat melakukan pemblokiran terhadap nomor yang telah menghubungimu.

Melalui Get Contact, kamu dapat melihat tag atau nama yang terdaftar pada daftar kontak hp orang lain. Selain itu, kamu juga bisa berlangganan Get Contact premium atau versi berbayar yang dapat memeriksa siapa saja yang telah memeriksa nomor hp kamu.

2 dari 6 halaman

2. Cara Melacak Nomor HP Penipu Pakai Aplikasi Truecaller

Cara Melacak Nomor HP Penipu © Diadona

Dikutip dari laman linkaja.id, kamu bisa mengunduh aplikasi kedua yang bernama Truecaller. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk memblokir nomor telepon yang melakukan spam dan dilengkapi dengan fitur rekaman panggilan penting.

Selain dapat mengidentifikasi nomor anonim, Truecaller juga dapat menampilkan identitas pemilik nomor telepon, seperti nama, lokasi, dan jenis providernya.

Jika kamu telah menginstal Truecaller, dengan begitu aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan nomor spam, teror, atau penipuan yang mencoba menghubungi nomor ponsel kamu lho.

3 dari 6 halaman

3. Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Aplikasi Showcaller

Ilustrasi HP © Diadona

Jika kamu masih mencari aplikasi lain yang bisa membantu melacak nomor hp penipu, maka Showcaller bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan untuk mengidentifikasi lokasi serta membaca komentar-komentar dari para pengguna atas nomor yang dianggap spam atau tidak.

Showcaller juga memiliki fitur berupa catatan yang berasal dari pengguna lain yang pernah dihubungi oleh nomor telepon tersebut. Hal ini dapat memberikan informasi tambahan untuk membantu mencegah penipuan selanjutnya.

Selain itu, Showcaller juga menyediakan informasi detail mengenai alamat dan lokasi terakhir pemilik nomor telepon di Google Maps, sehingga kamu dapat mengetahui keberadaan seseorang yang mencoba menghubungimu.

Dalam hal melindungi privasi, Showcaller juga memperhatikan hal tersebut. Aplikasi ini menjamin bahwa nomor telepon dan informasi pengguna tidak akan dibagikan ke pihak ketiga tanpa izin pengguna.

Jadi, jika kamu ingin memiliki aplikasi yang bisa membantu melacak nomor yang tak dikenal dan spam dengan fitur tambahan seperti identifikasi lokasi dan komentar-komentar dari para pengguna, Showcaller bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diinstal di hp kamu.

4 dari 6 halaman

4. Cara Melacak Nomor HP Penipu melalui Website Truecaller

Cara Melacak Nomor HP Penipu © Diadona

Selain melalui aplikasi, melacak nomor tak dikenal juga bisa dilakukan melalui website Truecaller. Untuk melakukannya, kunjungi situs Truecaller.com terlebih dahulu. Setelah itu, masuk ke website-nya dengan menggunakan akun email kamu.

Setelah berhasil masuk, lalu ketik nomor hp tak dikenal yang ingin kamu cari pada kolom search yang tersedia. Dengan cara ini, Truecaller akan menampilkan data dari pemilik nomor telepon tersebut.

Dengan mudah dan cepat, kalian bisa mengetahui informasi lengkap mengenai nomor yang menghubungimu. Selain itu, website Truecaller juga dilengkapi dengan fitur untuk melaporkan nomor yang dianggap spam atau penipu, sehingga bisa membantu melindungi diri kamu dan orang lain dari tindakan penipuan.

5 dari 6 halaman

5. Cara Melacak Nomor HP Penipu melalui Kredibel.co.id

Cara Melacak Nomor HP Penipu © Diadona

Dilansir dari laman liputan6.com, kamu dapat melakukan pelacakan nomor tak dikenal dengan mudah melalui situs kredibel.co.id yang terpercaya. Situs ini dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang nomor telepon tersebut, apakah pernah terlibat dalam kegiatan penipuan atau tidak. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka browser yang terinstal di perangkat kamu.
Akses situs kredibel.co.id dengan memasukkan alamatnya di bilah pencarian.
Masukkan nomor telepon yang tidak dikenal pada kolom pencarian yang tersedia.
Kamu akan menerima informasi mengenai status pemilik nomor telepon tersebut, apakah terlibat dalam kegiatan penipuan atau tidak.

Tidak hanya untuk nomor telepon penipu, situs ini juga dapat membantu kamu mengetahui nomor rekening seseorang yang pernah dilaporkan berpotensi sebagai penipu. Jika kalian pernah atau hampir menjadi korban penipuan, kamu dapat memasukkan data nomor telepon atau rekeningnya ke situs kredibel.co.id. Dengan cara ini, kamu dapat berpartisipasi dalam pencegahan penipuan selanjutnya.

6 dari 6 halaman

6. Cara Melacak Nomor HP Penipu dengan Aplikasi Sync.ME

Ilustrasi Ponsel © Diadona

Kamu dapat melacak nomor HP yang tidak dikenal menggunakan aplikasi Sync.ME. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan foto nomor telepon yang tidak dikenal. Berikut adalah beberapa fungsi dari aplikasi ini:

Mengidentifikasi panggilan spam, telemarketer, dan robocall.
Membuat daftar hitam untuk nomor yang mengganggu.
Menolak telepon dari penelepon misterius dan nomor dalam daftar hitam.

Itulah beberapa cara melacak nomor HP penipu yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan. Penipuan ini terkadang memiliki pola tertentu seperti memberikan hadiah cuma-cuma yang menggiurkan, ada anggota keluarga yang mengalami musibah hingga yang terbaru menyamar seolah menjadi kurir pengiriman paket. Kamu harus lebih berhati-hati ya kalau ada nomor tak kenal menghubungi kamu, tetap waspada!

Beri Komentar