Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati untuk Operator Seluler Kartu 3, Telkomsel dan XL Axiata

Reporter : Riza Umami
Jumat, 28 April 2023 21:51
Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati untuk Operator Seluler Kartu 3, Telkomsel dan XL Axiata
Ini beberapa cara mengaktifkan kartu yang sudah mati.

Mengaktifkan kartu yang sudah mati bisa menjadi suatu masalah yang menjengkelkan. Namun, terkadang situasi memang memaksa kita untuk menggunakan kartu tersebut, misalnya jika kartu tersebut memiliki nomor penting yang harus kita akses.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati, tergantung dari alasan kenapa kartu tersebut tidak aktif. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara mengaktifkan kartu yang sudah mati.

1 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati untuk Operator Seluler 3

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati © Diadona

Kartu Tri, juga dikenal sebagai Kartu 3, merupakan salah satu provider telekomunikasi dengan pengguna paling banyak di Indonesia. Menurut survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terhadap 7.568 responden, pengguna kartu Tri mencapai 14,08% dari total pengguna internet di Indonesia.

Sejak awal diluncurkan, Tri menawarkan masa aktif selamanya pada nomor pelanggannya, bahkan jika tidak melakukan pengisian pulsa atau pembelian paket data secara berkala. Mereka menawarkan berbagai paket data yang selalu aktif (AlwaysOn) dan memiliki masa aktif tertentu (per hari/minggu/bulan).

Meskipun begitu, jika kartu Tri kamu sudah mati, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkannya kembali:

  1. Pertama, kunjungi gerai Tri (3Store) yang terdekat di kotamu. Kamu bisa mengetahui lokasinya di menu 3Care di website Tri Indonesia.
  2. Pastikan kamu membawa persyaratan yang diperlukan, seperti SIM card yang telah mati dan Kartu Tanda Penduduk atau Paspor.
  3. Di gerai Tri, kamu bisa meminta bantuan untuk mengaktifkan kembali nomor mati kamu.
  4. Sampaikan keperluan pada customer service (CS) yang bertugas dan ajukan permohonan reaktivasi nomor Tri.
  5. Setelah itu, CS akan meminta kamu untuk mengisi data diri dan mengecek nomor kartu yang telah mati.
  6. Jika nomor masih tersedia, proses akan dilanjutkan untuk validasi data.
  7. CS akan memproses setiap data dan keluhan yang kamu sampaikan, jadi kamu hanya perlu menunggu saja.
  8. Setelah proses selesai, SIM card kamu akan aktif kembali dan siap digunakan.

2 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati untuk Operator Seluler Telkomsel

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati © Diadona

Kamu bisa mengaktifkan kembali kartu SIM Telkomsel prabayar yang hangus selama masih dalam periode yang ditentukan. Namun, setelah diaktifkan, pulsa, Telkomsel Poin, dan bonus yang sudah terkumpul sebelumnya tidak bisa digunakan lagi.

Ada 3 cara untuk mengaktifkan kembali nomor Telkomsel prabayar yang sudah hangus. Kamu bisa memilih cara yang paling nyaman untukmu:

1. Melalui *888*89#

Dilansir dari laman liputan6.com, untuk melakukan reaktivasi kartu SIM Telkomsel yang sudah hangus, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut melalui panggilan telepon:

  1. Siapkan dokumen e-KTP dan Kartu Keluarga yang terdaftar pada nomor yang sudah hangus, serta kartu SIM fisik yang ingin diaktivasi kembali.
  2. Hubungi nomor 88889# menggunakan nomor yang sudah hangus tersebut.
  3. Pilih instruksi nomor 1 untuk " Reaktivasi Kartu" dan tekan nomor 1 lagi untuk menyetujui ketentuan yang ada.
  4. Masukkan nomor KTP dan KK pada saat diminta.
  5. Tunggu hingga kamu menerima notifikasi SMS yang berisi informasi apakah nomormu dapat diaktifkan kembali atau tidak.

3 dari 4 halaman

2. Aktivasi Melalui Direct Message (DM) ke Akun Twitter Resmi Telkomsel

Untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif, kamu bisa menggunakan Telkomsel E-Care dengan cara berikut:

  1. Kirimkan direct message (DM) ke akun resmi Telkomsel di Twitter atau Instagram, dan tuliskan " Reaktivasi Prepaid" .
  2. Customer Service (CS) Telkomsel akan merespons pesanmu dengan mengirimkan link untuk mengunggah foto dokumen KTP, KK, dan foto fisik kartu SIM yang ingin direaktivasi.
  3. Setelah kamu mengunggah dokumen-dokumen tersebut, kamu akan masuk ke dalam antrean layanan video call untuk proses validasi data.
  4. Jika data kamu telah diverifikasi dan disetujui, maka kartu Telkomsel akan diaktivasi kembali dan proses reaktivasi kartu Telkomsel pun berhasil dilakukan.

3. Pergi ke GraPARI

Untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif, kamu bisa datang langsung ke GraPARI terdekat dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, KK, dan kartu SIM yang sudah mati.
  2. Datang ke GraPARI dengan membawa dokumen-dokumen tersebut dan kamu harus mengajukan permohonan secara langsung. Permohonan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain.
  3. Jika persyaratanmu lengkap dan memenuhi ketentuan, maka proses pengaktifan kartu Telkomsel akan segera dilakukan dan prosesnya pun akan selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati untuk Operator Seluler XL Axiata

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati © Diadona

Seperti Tri, pengguna kartu XL juga dapat mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati tanpa kehilangan nomor yang tersimpan di dalamnya. Namun, pastikan masa tenggang tidak lebih dari 60 hari (2 bulan) sebelum mengajukan reaktivasi karena jika sudah lewat, kamu tidak bisa mengaktifkan lagi.

Kamu bisa mengaktifkan kembali kartu XL secara online dan offline, berikut ini caranya.

1. Aktivasi Kartu XL secara Offline

Salah satu cara offline yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi gerai XL Center terdekat. Di sana, kamu akan dibantu oleh Customer Service untuk memproses reaktivasi.

Pastikan membawa kartu yang telah mati dan kartu identitas seperti KTP atau paspor untuk proses verifikasi data.

2. Aktivasi Kartu XL secara Online

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara reaktivasi kartu XL secara online melalui XL Center Online:

  1. Pastikan kamu menyiapkan nomor e-KTP, Kartu Keluarga, dan 19 nomor seri kartu SIM hangus yang ingin diaktifkan kembali.
  2. Untuk nomor prabayar, akses website Layanan Kartu SIM Online XL Axiata dan pilih layanan Reaktivasi Kartu.
  3. Selanjutnya, masukkan nomor HP yang hangus pada box selanjutnya untuk dilakukan pengecekan.
  4. Jika nomor masih bisa diaktifkan, maka akan muncul centang hijau di layar. Kamu bisa klik tombol Lanjut untuk melanjutkan proses.
  5. Isi semua form yang diminta, dan kamu juga bisa menyertakan informasi merek tipe HP yang digunakan jika diinginkan (opsional).
  6. Jika sudah mengisi form, maka kamu akan menerima notifikasi nomor tiket antrean via e-mail. Tunggu saja petugas XL menghubungimu untuk melakukan verifikasi data melalui video call.

Itulah beberapa cara mengaktifkan kartu yang sudah mati sesuai dengan operatornya. Semoga cara di atas berhasil kamu lakukan ya. Ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan jangan ada yang terlewati. Selamat mencoba!

Sumber: banksinarmas.com

Beri Komentar