6 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya, yang Mau Terjun di Dunia Fotografi Harus Paham!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 15 Juni 2021 16:24
6 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya, yang Mau Terjun di Dunia Fotografi Harus Paham!
Suka dunia fotografi? Kamu perlu tahu jenis lensa kamera dan fungsinya.

Buat yang hobi fotografi, pasti nggak bisa jauh-jauh deh dari kamera. Meski ada beragam jenis lensa kamera, tapi ternyata fungsinya berbeda-beda loh!

Kelihatannya sih simple ya. Moto tinggal jepret aja. Padahal, tiap jenis lensa kamera memiliki fungsinya tersendiri. Dengan berkenalan sama mereka, akan membantumu dalam pengoperasiannya sesuai kebutuhan. Apalagi seiring perkembangan zaman makin berinovasi nih seri lensa kamera.

Tapi, dari sekian banyaknya hanya terdapat enam jenis lensa kamera yang paling banyak digunakan oleh fotografer handal loh! Apa saja ya? Scroll down dulu dong!

1 dari 6 halaman

Lensa Kit

Lensa KitLensa Kit © Unsplash/ pantiumforce

Jenis lensa kit seringkali disebut sebagai lensa standar karena bawaan dari kamera itu sendiri. Yap, lensa ini menjadi pelengkap ketika kamu membeli kamera. Umumnya, kemampuan focal lenght yang dimiliki lensa kit adalah 18-55 mm. Maksudnya adalah kamu hanya bisa mengambil sisi wide di 18 mm, sedangkan untuk sisi tele di 55mm.

Lensa kit ini harganya terjangkau loh, Diazens yang mana cocok untuk pemula yang minat di dunia fotografi. Soalnya memang bahan materialnya nggak begitu mahal. Selain itu, lensa kit juga dilengkapi dengan bukaan diafragma yang bisa berubah menyesuaikan jarak zoom atau biasa disebut variable apertures.

2 dari 6 halaman

Lensa Makro

Hasil Foto Lensa MakroHasil Foto Lensa Makro © Unsplash/ qoba

Buat pecinta foto yang menonjolkan detail dari sebuah objek, lensar makro adalah pilihan yang tepat. Soalnya, lensa kamera ini bisa memperlihatkan detail dengan daya jangkau close up dan fokus terhadap objek berukuran kecil.

Bahkan seiring berkembangnya zaman, ada beberapa kamera yang menyelipkan pengaturan 'macro' Namun, tetap saja kemampuan lensa makro dengan ukuran life size dan jarak yang sangat dekat menjadi keunggulannya.

Apalagi buat kamu yang suka menjelajah alam sebagai objeknya. Cocok banget buat motret serangga, gemricik air, tetesan embun dan sebagainya.

3 dari 6 halaman

Lensa Telephoto

Lensa TelephotoLensa Telephoto © Unsplash/ purejulia

Selanjutnya, ada jenis lensa kamera telephoto yang biasanya disebut juga dengan lensa tele. Lensa ini cocok untuk mengambil gambar atau memperbesar (zoom) objek dari jarak jauh. Jenis lensa tele sendiri ada beragam, mulai dari focal lenght, bukaan diafragma dan sebagainya.

Tentu saja, menggunakan lensa tele membuatmu nyaman memotret objek dari jarak jauh. Biasanya kamera ini juga digunakan untuk mengabadikan momen olahraga di lapangan besar, fenomena bulan purnama dan lain-lain.

4 dari 6 halaman

Lensa Wide

Hasil Foto Lensa WIdeHasil Foto Lensa WIde © slrlounge

Kalau tadi ada jenis lensa kamera tele yang cocok untuk memotret objek dari jarak jauh, lensa wide ini kegunaannya untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas dan lebar. Lensa kamera ini bisa menyertakan semua objek di sekitarmu dalam satu frame.

Selain itu, lensa wide juga menarik cahaya dari kedua sisinya jadi pencahayaan fotomu bakalan epik deh. Eits.. tapi beberapa lensa wide bisa menghasilkan efek distorsi di tiap sisinya, Diazens. Nah, biasanya lensa ini digunakan untuk fotografi landscape, foto pemandangan atau buat yang hobi travelling.

5 dari 6 halaman

Lensa Fisheye

Hasil Foto Lensa FisheyeHasil Foto Lensa Fisheye © rosalindjchang


Ada juga nih lensa fisheye yang sebenarnya bukan jenis lensa kamera umum digunakan untuk sehari-hari. Tapi memang sejak peluncurannya, cukup digemari kaum muda-mudi. Nama fisheye sendiri diambil karena lensa ini bisa menghasilkan foto dengan proporsi cenderung cembung.

Ia juga memiliki distorsi yang sebenarnya, yaitu lensa ultra wide angle. Melansir dari merdeka.com, lensa ini memiliki sudut pandang antara 100 sampai 180 derajat dengan focal lenght antara 8-10 mm untuk foto circular dan 15-16mm untuk foto full frame.

6 dari 6 halaman

Lensa Fixed

Hasil Foto Lensa FixedHasil Foto Lensa Fixed © Unsplash/ rezphotography

Terakhir, ada lensa kamera fixed atau yang akrab dengan sebutan prime. Lensa ini cuma punya satu focal lenght saja, Diazens jadi nggak bisa buat zooming. Tapi, kalau kamu sudah terbiasa sama lensa fixed, jadi bisa membayangkan foto apa yang bakalan kamu jepret meski hanya dengan melihat lokasinya saja. Keren kan?

Focal lenght yang dimiliki biasanya pada f/1.8, 1.4 atau 1.2. Soalnya emang satu focal lenght inilah kelebihan dari lensa fixed. Soalnya, jenis lensa kamera ini memiliki bukaan diafragma yang besar banget. Sehingga, objek utama akan menonjol dengan background blur (depth of field).

Nah, itulah jenis lensa kamera yang penting banget buat kamu ketahui sebelum memutuskan objek jepretanmu. Jadi, pilih lensa sesuai kebutuhanmu ya!

Beri Komentar