8 Tips Meletakkan Televisi dengan Benar, Gak Boleh Sembarangan ya Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 3 Februari 2021 14:00
8 Tips Meletakkan Televisi dengan Benar, Gak Boleh Sembarangan ya Moms!
Jadi barang yang hampir selalu ada di setiap hunian, ini lho cara meletakkan televisi yang benar, Moms.

Televisi sekarang bukan lagi barang yang sulit ditemukan. Hampir setiap rumah memiliki benda ini yang dimanfaatkan sebagai sarana hiburan atau pekerjaan. Tak banyak yang tahu, ternyata sangat penting lho mengetahui tata cara menempatkan televisi yang benar.

Hal ini bertujuan untuk keamanan serta kemudahaan kita saat menikmati salah satu fitur dan juga kelebihan yang diberikan pada barang elektronik ini. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips dalam meletakkan televsi yang benar.

1 dari 8 halaman

1. Letakkan Pada Ruangan dengan Suhu Udara Rendah

Televisi akan jauh lebih baik jika diletakkan di ruangan yang terdapat pendingin udara. Jika tidak, Moms bisa meletakkan televisi di ruangan yang memiliki suhu rendah.

Perlu diperhatikan, jangan letakkan televisi di bawah pendingin ruangan atau AC ya. Hal ini bisa menyebabkan kemungkinan televisi terkena tetesan air atau embun AC.

2 dari 8 halaman

2. Jauhkan dari Sinar Matahari

Tips Meletakkan Televisi © Diadona

Letak terbaik untuk menempatkan televisi adalah di dalam ruangan yang tidak ada paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini akan membuat temperatur televisi jadi meningkat dan bisa menyebabkan perangkat televisi rusak.

3 dari 8 halaman

3. Jauhkan dari Benda Bermagnet

Benda yang bermagnet harus dijauhkan dari televisi Jika tidak, hal ini akan mampu merusak sinyal. Selain itu, katoda yang ada di magnet busa menyebabkan pemudaran warna dan cahaya pada televisi.

4 dari 8 halaman

4. Jangan Dekatkan dengan Barang Elektronik Lain

Moms mungkin juga sering melakukan halo ini. Padahal, ini snagatlah penting lho. Meletakkan barang elektronik secara berdekatan bisa memicu gelombang elektromagnetik yang berbahaya dan bisa merusak barang elektronik. Jika televisi di dekatkan dengan barang elektronik lain, kemungkinan kerusakan akan tinggi hingga dapat menyebabkan konsleting.

5 dari 8 halaman

5. Beri Udara

Tips Meletakkan Televisi © Diadona

Jika televisi Moms diletakkan di rak atau menggunakan case, pilihlah rak yang memiliki rongga udara. Hal ini sangat penting karena televisi membutuhkan sirkulasi uadara yang cukup agar tetap tahan lama juga stabil. Selain itu, bisa mempermudah Moms untuk membersihkan televisi.

6 dari 8 halaman

6. Jarak

Tempatkan televisi sejajar dengan pandangan mata. Hal ini bertujuan saat Moms duduk, Moms tidak memaksakan leher atau mata dengan melihat ke atas atau ke bawah layar televisi. Biasanya, sekitar 4 kaki dari tanah itu bagus. Kemudian kalikan lebar diagonal layar dengan tiga untuk menentukan jarak pandang terbaik.

7 dari 8 halaman

7. Pilih Titik Fokus

Jika televisi adalah titik fokus, maka letakkan di tengah area tempat duduk. Jika Moms memiliki focal point lain seperti mantel atau jendela yang indah, maka pikirkan untuk menempatkannya di dinding yang berdekatan dengan focal point tersebut agar tetap dapat dipandang dengan nyaman.

8 dari 8 halaman

8. Integrasikan

Gabungkan televisi ke dalam dekorasi dengan meletakkannya di atas unit seperti rak buku dan mengelilinginya dengan buku, benda, dan foto. Untuk lebih memadukannya, kelilingi dengan dinding galeri fotografi atau karya seni dalam bingkai hitam.

Itulah tadi beberapa tips dalam meletakkan televisi Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar