Yuk Cobain Tempe Sultan yang Terbuat dari Kacang Almond!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 24 Februari 2021 16:20
Yuk Cobain Tempe Sultan yang Terbuat dari Kacang Almond!
Kalau Tempe biasanya terbuat dari kacang kedelai, gimana rasanya ya kalau tempe dibuat dari kacang Almond?

Tempe merupakan makanan sehari-hari yang cukup digemari semua kalangan. Terbuat dari kacang kedelai, Tempe memiliki rasa gurih yang cocok disajikan sebagai lauk ataupun cemilan.

Di beberapa daerah di Indonesia, hanya dengan Rp 5000 saja kamu sudah mendapat sekitar 250 gram tempe. Cukup banget buat lauk untuk satu keluarga. Murah banget, kan?

Nah, kamu pasti juga gak asing lagi dengan kacang Almond. Jenis biji-bijian yang kerap dijadikan toping makanan ini rupanya cukup digemari. Namun, kacang almond memiliki harga yang cukup mahal. Yakni sekitar Rp 20 ribuan untuk 1 ons-nya.

Gimana kalau ada tempe yang terbuat dari kacang Almond? Gimana rasanya? Penasaran? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Tempe Almond © Diadona

Rupanya, Tempe Almond ini merupakan hasil karya seorang pengguna instagram bernama Tia Wongso.

Ia mencoba membuat tempe dengan bahan dasar kacang almond yang difermentasi. Hasilnya pun diunggah di akun media sosial ribadinya.

Gimana cara buatnya?

Ilustrasi Tempe © Diadona

Melansir dari CNN, untuk membuat Tempe Almond ini, dia harus mencuci lalu merendam kacang almond dengan air matang selama kurang lebih 1-2 hari. Kacang almond direndam hingga mengembang.

Setelah itu, almond pun direbus selama kurang lebih 30-40 menit sampai sedikit empuk. Setelah itu, kacang almon dicampur dengan ragi tempe dan tepung beras sampai merata.

Bungkus kacang beragi dengan daun pisang seperti tempe pada umumnya. Lalu kukus.

Setelah dikukus, tempe almond disimpan di tempat hangat agar ragi bekerja mengubah kacang almond menjadi tempe. Proses penyimpanan ini membutuhkan waktu 1-2 hari.

Setelah jadi tempe, simpan dalam freezer atau bisa langsung kamu goreng dengan bumbu racik.

Beri Komentar