Unik, Jepang Punya Kecap yang Dibuat dari Cokelat lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 27 Januari 2021 17:37
Unik, Jepang Punya Kecap yang Dibuat dari Cokelat lho!
Kira-kira gimana ya rasanya?

Kecap menjadi salah satu bahan yang menyempurnakan sebuah masakan. Sudah sejak lama masyarakat menggunakan kecap sebagai penambah rasa yang membuat masakan menjadi semakin lezat.

Di Indonesia sendiri, kecap dibuat dengan bahan dasar kedelai. Tapi ternyata banyak bahan lain yang bisa diolah untuk dijadikan sebagai kecap lho.

Di Jepang bahkan ada kecap yang terbuat dari cokelat. Wah, kira-kira rasanya bakal kayak gimana ya?

1 dari 3 halaman

Cacao Jang © Diadona

Dilansir dari Grapee, Yuasa Soy Sauce Ltd. merupakan sebuah perusahaan kecap asal Jepang yang berada di Yuasa, Prefektur Wakayama. Lokasi perusahaan itu dikenal sebagai tempat kelahiran kecap di Jepang.

Yuasa Soy Sauce Ltd. baru saja mengeluarkan produk baru yang menarik. Selama empat tahun terakhir, perusahaan itu bekerja sama dengan Kanako Satsutani yang dikenal sebagai juri International Chocolate Award untuk mengembangkan sebuah produk kecap dari olahan cokelat pertama di dunia.

2 dari 3 halaman

Cacao Jang © Diadona

Produk itu dipasarkan dengan nama " Cacao Jang" . Cacao Jang dibuat dengan merendam biji kakao panggang dalam saus tamari yang berasal dari abad ke-19.

Saat membuka tutupnya, kita akan disambut dengan aroma cokelat yang lembut. Melansir dari Grapee, Cacao Jang memiliki rasa yang benar-benar baru.

Cacao Jang memadukan rasa umami dari cokelat dan kecap. Mereka juga memasarkan dua jenis produk dari Cacao Jang ini.

3 dari 3 halaman

Cacao Jang © Diadona

Pertama jenis pasta dengan rasa lembut di mulut. Sementara yang kedua adalah jenis biji-bijian yang memungkinkan kita untuk menikmati tekstur kakao yang memberikan kesan lebih banyak saat kita mengunyahnya.

Cokelat punya citra yang manis di pikiran masyarakat. Namun Cacao Jang nggak menggunakan gula dan kita bisa menikmati bagian cokelat itu dari segi aroma, rasa, dan umami.

Cocoa Jang merupakan kombinasi dari dua makanan yang difermentasi karena cokelat dibuat dengan memfermentasi biji kakao. Produk ini disebut sebagai tambahan yang enak untuk menyajikan bebek, ayam, hingga ikan.

Tertarik mencobanya?

 

Beri Komentar