7 Resep, Tips dan Cara Membuat Popcorn Caramel ala XXI Sendiri di Rumah, Gampang Banget deh!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 27 April 2023 15:47
7 Resep, Tips dan Cara Membuat Popcorn Caramel ala XXI Sendiri di Rumah, Gampang Banget deh!
Dengan cara membuat popcorn caramel ini, dijamin ini popcorn kamu bakalan mirip banget sama popcorn milik XXI yang banyak penggemarnya itu. Jangan lupa perhatiin tipsnya juga ya!

Meski pandemi menghalangi kamu untuk nonton film di bisokop, tapi kamu tetap bisa menikmati legit dan renyahnya popcorn caramel dengan cara membuat popocorn tersebut di rumah. Jangan khawatir, udah banyak resep bersebaran di internet dan banyak yang udah mencobanya. Katanya sih, mirip banget!

Popcorn adalah camilan yang murah dan enak banget. Cuman dengan bahan dasar berupa berondong jagung dan bumbu sesuai selera, jadi deh teman nonton film yang menyenangkan.

Eits sebelum langsung praktek, kamu harus tahu dulu nih apa aja yang kamu persiapkan dalam cara membuat popcorn karamel ini. Pertama, kamu kudu punya wajan atau panci yang besar untuk menampung lompatan popcorn ini. Atau kalau semua peralatan kamu minimalis, kamu cukup menyiasatinya dengan hanya membuat sedikit saja popcorn dalam satu kali memasak.

Selain itu pastikan kalau wajan atau panci kamu tersebut memiliki penutup. Jangan sampai ketika kamu udah menyiapkan peralatan yang besar, tapi kamu nggak memiliki penutup yang pas sehingga nggak bisa menahan loncatan-loncatan popcorn.

Selain alat, tentu kamu membutuhkan bahan-bahan popcorn. Jagung yang digunakan untuk membuat popcorn adalah jagung berondong ya gaes. Jenis jagung ini memiliki biji yang keras dan meletup ketika terkena panas.

Lalu apakah jagung manis bisa diolah menjadi popcorn?

Jagung manis tidak bisa diolah menjadi popcorn sebab hanya jagung berondonglah yang bisa.

Tapi apa bedanya sih antara jagung biasa dengan jagung popcorn?

Perbedaan antara jagung biasa dengan jagung popcorn terletak pada bijinya. Dibandingkan dengan jagung jenis yang lain, jagung popcorn memiliki kulit yang lebih keras.

Udah siap bikinnya? Yuk simak resep dan cara membuat popcorn caramel seperti yang udah Diadona himpun dari berbagai sumber berikut:

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Popcorn Caramel © Diadona

Dikutip dari Carls Bad Craving, biasanya nih ditambahkan baking soda dalam cara membuat popcorn caramel. Terlihat aneh sih, tapi tahu nggak sih kalau ini adalah salah satu bahan yang penting. Soda kue bereaksi dengan asam dalam gula merah dan menciptakan gelembung udara karbon dioksida kecil. Kamu bisa melihat gelembung udara tersebut saat karamel menggelembung berubah warna menjadi lebih terang. Apa sih tujuannya?

Reaksi kimia ini menganginkan karamel yang membuatnya lebih halus sehingga lebih mudah untuk melapisi popcorn. Gelembung udara juga akan mencegah karamel menjadi melempem saat mendingin.

Dalam cara membuat popcorn, soda kue dimasukkan ke dalam larutan karamel setelah api dimatikan. Saos karamel bakalan mengeluarkan gelembung dan jadi kental, mengembang trus berubah warna jadi lebih terang. Aduk sampai rata sampai warnanya seragam.

Tips Membuat Popcorn Caramel.

Rebus Karamel Sebentar agar Popcorn Renyah

Dalam cara membuat popcorn caramel, kamu pasti menginginkan popcorn yang renyah kan? Ada tipsnya nih.

Gini, kalau kamu merebus karamel lebih lama, maka popcorn jadi lebih renyah. Sayangnya, ini bakalan jadi lebih susah untuk dicampurkan di popcorn. Carls Bad Cravings menyebut kalau sebaiknya sih larutan karamel dimasak sekitar 2 menit aja trus disesuaikan dengan waktu pemanggangan. Yep, lebih seidkit waktu memanggang popcorn berarti popcorn jadi nggak renyah begitu pula sebaliknya.

Gunakan Wajan Anti Lengket

Wajan antilengket akan mencegah karamel jadi gosong dan membuatnya lebih mudah dibersihkan. Setelah selesai dalam cara membaut popcorn caramel, kamu nggak perlu khawatir sisa caramel akan lengket di wajan. tinggal tunggu aja caramelnya mengeras trus langsung deh bisa langsung dilepas.

Gunakan Spatula Silikon

Alih-alih menggunakan spatula kayu, gunakan spatula silikon biar nggak lengket dan mudah dibersihkan.

 

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Popcorn Caramel ala XXI

Cara Membuat Popcorn Caramel © Diadona

Mau coba cara membuat popcorn caramel yang mirip banget sama popcorn yang dijual di XXI? Yuk simak resep dari Isti Wulandari berikut ini:

Bahan

  • 120 gr biji jagung
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram gula palem bubuk
  • 100 gram margarin
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak kelapa sawit
  • 1/4 sdt vanilli / pasta vanilla
  • 1/2 sdt baking soda
  • Sejumput garam

Cara membuat popcorn caramel

  1. Pertama nih campurkan minyak dengan biji jagung ke dalam panci. Trus nyalakan api kecil aja, tutup lalu masak sambil menggoyangkan panci sesekali.
  2. Masak sampai semua biji jagung. Kalau duah mengembang dan jadi semua nih, matikan api, trus buka tutup panci sedikit aja. Tujuannya, biar popcorn nggak lembab terkena panas.
  3. Nah untuk saos karamelnya, bikin dengan cara masukkan air, gula pasir dan gula palem bubuk ke dalam panci trus masak dengan menggunakan api kecil. Goyangkan panci sesekali trus masak sampai mengental. Kalau udah mengental, masukkan margarin, garam dan juga vanilli trus aduk deh sampai rata.
  4. Jangan lupa tambahkan baking soda trus aduk lagi. Matikan api ya, lalu tuang karamelnya ke dalam popcorn dan aduk sampai tercampur rata. Lakukan dengnan cepat.

Nah kalau ingin cara membuat popcorn caramel ini menghasilkan popcorn yang renyah dan tahan lama, lakukan tips berikut ini : Siapkan loyang lebar yang udah dialasi baking paper, trus tuang popcorn dan ratakan. Pisahkan juga popcorn biar nggak saling menempel dan panggang sekitar 200 derajat celcius selam akurang lebi 15 menit. Jadi deh!

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Popcorn Caramel di Rumah

Cara Membuat Popcorn Caramel © Diadona

Diantara banyak rasa popcorn, bisa dibilang nih kalau popcorn caramel adalah varian rasa yang paling disukai. Rasa gurih dari butter serta manisnya karamel berpadu menggoyang lidah. Nggak percaya? Cobain deh resep dan cara membuat popcorn dari Olivia Astri berikut ini:

Bahan:

  • 2 genggam kecil jagung pipil kering
  • 3 sdm butter
  • 4 sdm gula aren, sisir
  • 3 sdm gula halus
  • 1 sdm susu kental manis
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Popcorn Caramel ala XXI

  1. Pertama, panakan butter di wajan besar yang udah disiapkan trus masukkan jagung dan tutup wajannya. Biar nggak gosong, kamu perlu menggoyangkan wajan tersbut sesekali dan lakukan terus menrus ketika jagung udah sepenuhnya kenjadi popcorn.
  2. Usahakan agar wajan tetap berada di atas api yah biar matangnya merata.
  3. Dalam cara membuat popcorn, bila suara ledakan jagung nggak terdengar lagi itu erarti semua jagung udah matang. Buka tutup wajan trus matikan apinya.
  4. Nah, di wajan lain, panaskan satu sendok butter dan gula merah sisir, gula jalus, SKM dan juga garam. Tunggu sampai seluruh bahan tersebut larut.
  5. Nantinya kamu akan melihat buih-buih, mengental dan merupakan tanda kalau bahan udah jadi karamel. Jangan diaduk ya, cukup goyang-goyangin aja sebentar biar merata.
  6. Selanjutnya, matikan api trus tuang deh bahan karamel tadi ke popcorn. Aduk sampai rata jangan sampai ada yang nggak kebagian karamel. Tapi mengaduknya kudu dalam kecepatan tinggi nih biar karamelnya nggak menggumpal trus cuman mengenai beberapa bagian dari popcorn aja.
  7. Trus letakkan popcorn di loyang lebar yang udah dialasi oleh baking paper, bila udah dingin baru deh dimasukkan dalam toples dan tutup rapat. Voila! Jadi deh popcorn caramelnya!

Biar lebih mudah dalam membuatnya, coba deh pantengin cara bikin popcorn caramel dari Luvita Ho berikut ni :

4 dari 7 halaman

Resep dan Cara Membuat Salted Caramel Popcorn

Resep dan Cara Membuat Salted Caramel Popcorn © Diadona

Manis asin dari salted caramel popcorn menjadi menu favorit setiap orang terutama saat nonton bioskop. Mau tahu gimana cara buatnya? Yuk cek resep dibawah ini ya. 

Bahan :

  • 3-4 sdm jagung kering
  • 1 sdm mentega
  • Bahan (caramel) :
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 sdm mentega
  • Sejumput garam
  • 1/4 sdt baking powder

Cara membuat Salted Caramel Popcorn :

  1. Siapkan semua bahan. Cairkan 1 sdm mentega menggunakan api sedang, lalu masukan jagung kering aduk merata. Tutup dan tunggu sampai meletup-letup. Jika sudah tidak terdengar letupan makan matikan kompor dan pindahkan ke wadah lain.
  2. Di wajan lain larutkan gula pasir dengan api sedang, jangan masak sampai warnanya kecoklatan agar tidak gosong dan rasanya pahit. Jika gula sudah larut semua, masukan 2 sdm mentega tunggu hingga cair. Tambahkan garam dan baking powder, aduk sampai merata, lalu matikan kompor.
  3. Masukan popcorn yg sudah dimasak, aduk merata. Jika seluruh bagian popcorn sudah terbalur, maka salted caramel popcorn sudah bisa dinikmati. 

5 dari 7 halaman

Resep Popcorn Caramel dengan Whipping cream

Resep Popcorn Caramel dengan Whipping cream © Diadona

Suka camilan yang manis-manis, mungkin variasi resep popcorn berikut ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. 

Bahan :

  • 100 gr biji jagung popcorn
  • 50 gr margarin
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml whipping cream cair
  • 1 sdm margarin

Cara membuat :

  1. Pertama-tama, lelehkan dahulu margarin sampai dalam teflon size besar bertutup. Kemudian masukkan jagung, aduk sebentar hingga tercampur rata, kemudian tutup. Biarkan jagung meletup, lakukan hingga suara letupan hilang dan semua jagung menjadi popcorn. 
  2. Selanjutya buat caramel, dengan diawali masak gula pasir dengan api kecil, sampai semua gula larut, masukkan whipping cream aduk sampai tidak ada gumpalan, tambahkan margarin, aduk rata. Masak hingga mengental.
  3. Siram caramel di atas popcorn, aduk rata sampai seluruh popcorn terbalut caramel. Popcorn siap disajikan.

6 dari 7 halaman

Resep Popcorn Caramel Bumbu Mala

Resep Popcorn Bumbu Mala © Diadona

Mala adalah bumbu pedas khas negeri china yang terbuat dari campuran biji lada sichuan, cabai, rempah dan dimasak bersama minyak. Bumbu ini memberikan rasa unik pada popcron caramel yang akan 

Bahan :

  • 3-4 sdm jagung kering
  • 1 sdm mentega
  • 2-3 sdm pasta mala
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt baking powder

Cara membuat :

  1. Langkah pertama, masak biji jagung di atas wajan besar menggunakan api sedang. Tambahkan pasta mala, aduk rata, kemudian tutup wajan. Goyangkan wajan sesekali selama proses masak berlangsung sampai muncul letupan.
  2. Jika letupan sudah berhenti, matikan kompor dan buka tutup wajan. Lalu tuang popcorn ke dalam mangkuk besar.
  3. Di wajan yang lain, cairkan mentega menggunakan api sedang. Tambahkan garam, gula merah dan pasta mala. Diamkan selama 5 menit. 
  4. Matikan kompor, lalu tambahkan baking powder. Jika sudah, tuangkan saus tersebut ke atas popcorn. Terakhir taburkan bubuk mala, dan popcorn siap dihidangkan.

7 dari 7 halaman

Resep Popcorn Pedas

Resep Popcorn Pedas © Diadona

Jika kamu bosan dengan rasa popcorn yang itu-itu saja, coba resep popcorn pedas yang satu ini. Sensasi pedasnya dijamin nampol. 

Bahan :

  • 1/4 cangkir minyak sayur
  • 1/2 cangkir biji jagung
  • 1/4 cangkir mentega tawar
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 1/3 cangkir keju cheddar parut

Cara membuat :

  • Panaskan minyak dengan api sedang. Masukkan jagung, tutup dan masak hingga jagung meletup semua menjadi popcorn, sekitar 3-5 menit.
  • Dalam wajan terpisah, cairkan mentega dengan api kecil. Masukkan bawang putih dan bubuk cabai. Jika sudah, matikan api.
  • Kemudian masukkan popcorn dan keju parut. Lalu aduk hingga rata selagi wajan masih panas. angkat, dinginkan dan popcorn siap disajikan. 

Nggak nyangka kan cara membuat popcorn caramel ternyata gampang banget. Nggak pengen cobain?

Editor : Husnul Khotimah dan Dhewi Larasati

Beri Komentar