9 Tips Merawat Pisau Dapur supaya Tetap Tajam dan Tahan Lama

Reporter : Riza Umami
Senin, 20 Februari 2023 17:33
9 Tips Merawat Pisau Dapur supaya Tetap Tajam dan Tahan Lama
Tanpa tips merawat pisau dapur yang benar, pisau kesayangan kamu bisa tumpul dan sulit digunakan lho!

Selain resep dan cara memasak, merawat pisau dapur dan peralatan lainnya juga penting lho!

Pisau adalah salah satu peralatan dapur yang digunakan untuk memotong dan mengiris bahan makanan. Ada berbagai jenis pisau dapur dengan bilah tajam dan gagang yang nyaman, yang terpenting, pilih pisau dapur yang sesuai dengan kebutuhan kamu. yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Penting untuk merawat pisau dengan benar supaya awet digunakan hingga waktu lama. Dengan perawatan yang baik, memasak akan menjadi lebih mudah dan efisien. Soalnya tahukah kamu kalau ternyata nih punya pisau yang tajam termasuk salah satu tips memasak cepat lho!

Nah, berikut ini nih beberapa tips merawat pisau dapur yang perlu Diazens ketahui.

1 dari 9 halaman

1. Segera Dicuci usai Digunakan

Pisau Dapur © Diadona

Tips merawat pisau dapur yang pertama yaitu pisau dapur harus segera dicuci dengan sabun dan air mengalir setelah digunakan. Tujuannya adalah untuk menghindari sisa kotoran menempel dan menimbulkan bau tak sedap.

Selanjutnya setelah dicuci, pastikan lap pisau dulu supaya kering sebelum disimpan agar tidak mudah tumpul dan tahan lama.

2 dari 9 halaman

2. Hindari Memotong Bahan Makanan yang Panas

Tips Merawat Pisau Dapur © Diadona

Tips merawat pisau dapur yang kedua yaitu dengan tidak menggunakannya untuk memotong makanan atau sayuran yang masih panas. Jika diperlukan, kamu harus menggunakan pisau khusus untuk memotong makanan panas tersebut.

3 dari 9 halaman

3. Asah Pisau secara Rutin

Pisau Dapur © Diadona

Tips merawat pisau dapur yang ketiga dengan cara asah pisau secara berkala. Hal ini supaya pisau pun tak mudah tumpul dan berkarat. Ada berbagai cara untuk mengasahnya, seperti menggunakan batu asah atau bagian belakang cangkir.

Untuk mengasah pisau, lakukan gerakan searah pada bagian pemotongnya dan ulangi beberapa kali agar semakin tajam. Dengan mengasah pisau secara berkala juga membuatnya jadi lebih enak untuk digunakan saat memotong dengan cepat.

4 dari 9 halaman

4. Rendam Pisau Bila Ada Sisa Makanan yang Mengering

Pisau Dapur © Diadona

Tips merawat pisau dapur yang keempat yaitu jika ada sisa makanan yang mengering di pisau, sebaiknya direndam dulu sebelum dicuci. Hal ini akan membantu melunakkan sisa kotoran sehingga pisau lebih mudah dibersihkan.

Namun, perlu diingat bahwa waktu perendaman pisau sebaiknya tidak terlalu lama, hanya dilakukan selama satu sampai dua menit saja. Jika direndam terlalu lama, pisau dapur dapat berkarat, pisau bisa tumpul dan membuat gagangnya melengkuk

5 dari 9 halaman

5. Simpan di Tempat Khusus

Pisau Dapur © Diadona

Tips merawat pisau dapur yang kelima yaitu menyimpannya di tempat khusus agar terjaga kebersihan dan kualitasnya. Saat menyimpan pisau dapur, sebaiknya hindari menyimpannya secara sembarangan di dalam laci atau tempat yang tidak teratur.

Untuk menjaga ketajaman yang diinginkan, sebaiknya pisahkan pisau dengan alat-alat dapur lainnya, terutama yang terbuat dari logam. Akan lebih baik menyimpan pisau di tempat khusus yang terbuat dari kayu atau plastik dengan dinding penyangga. Hal ini untuk mencegah terjadinya goresan pada mata pisau.

6 dari 9 halaman

6. Olesi dengan Pembersih Khusus untuk Menghilangkan Bau

Pisau Dapur © Diadona

Bagaimana cara merawat pisau dapur selanjutnya? Yakni olesi dengan pembersih khusus. Pisau dapur seringkali digunakan untuk memotong makanan seperti daging, ikan, bawang, dan bahan makanan lainnya yang dapat meninggalkan bau yang kuat.

Oleh sebab itu, Diazens perlu menggunakan sabun atau pembersih khusus pisau sebagai cara utama dalam membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap. Selain itu, hindari penggunaan pasta gigi karena bisa merusak permukaan pisau terutama yang terbuat dari bilah keramik.

7 dari 9 halaman

7. Hindari Menggunakan Pisau di Atas Keramik atau Kaca

Tips Merawat Pisau Dapur © Diadona

Selnjutnya,  rawat pisau dengan cara tidak menggunakannya di atas keramik atau kaca. Keduanya adalah bahan yang keras dan rapuh sehingga ketika dijadikan alas untuk memotong malah mudah pecah dan retak.

8 dari 9 halaman

8. Gunakan Talenan saat Memotong Makanan

Tips Merawat Pisau Dapur © Diadona

Melanjutkan tips merawat pisau dapur yang sebelumnya, akan lebih baik bila Diazens bisa memakai talenan yang terbuat dari bahan kayu untuk alas memotong.

Talenan kayu lebih cocok untuk alas saat memotong bahan makanan karena kokoh dan tidak mudah pecah walau menggunakan pisau yang besar.

9 dari 9 halaman

9. Gunakan Pisau sesuai dengan Fungsinya

Ilustrasi Pisau Dapur © Diadona

Tips merawat pisau dapur yang terakhir yaitu menggunakan pisau sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebenarnya, ada berbagai jenis pisau misalnya pisau daging, pisau buah, pisau kue dan lain-lain yang ada di pasaran.

Kamu bisa menggunakan tak hanya satu pisau untuk memotong berbagai jenis bahan makanan yang berbeda. Gunakan pisau sesuai dengan fungsinya supaya pisau tetap tajam saat digunakan untuk memotong.

Itulah beberapa tips merawat pisau dapur yang bisa Diazens lakukan di rumah. Semoga cara-cara di atas dapat membantu Diazens untuk menjaga ketajaman pisau yang digunakan di dapur dan membuatnya jadi lebih awet.

Beri Komentar