6 Cara Memasak Kikil Agar Tidak Berlendir dan Bau Amis, Biar Masakan Makin Nikmat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 16 November 2022 14:21
6 Cara Memasak Kikil Agar Tidak Berlendir dan Bau Amis, Biar Masakan Makin Nikmat
Agar tidak berlendir, kikil umumnya melalui proses perendaman diair panas, pengerokan, hingga direbus dengan bumbu rempah.

Bukan cuman dagingnya aja tapi masih banyak bagian tubuh dari sapi atau kambing yang enak banget diolah menjadi beragam hidangan, salah satunya adalah kikil. Kikil merupakan bagian dari kaki hewan, memiliki bau khas yang tak jauh berbeda dengan daging namun bertekstur kenyal. Sebelum diolah, ketahui dulu gimana tips memasak kikil agar tidak berlendir, mengurangi bau sekaligus membersihkan kotoran yang masih menempel.

Kikil segar dicirikan dengan warnanya yang kekuningan cerah dan sedikit putih. Teksturnya kenyal dan aroma khas sapi. Namun bila kikil yang kamu dapatkan sudah berlendir, tips memasak kikil harus diterapkan agar lendir tersebut tak mengganggu cita rasa masakan.

Begini nih tips memasak kikil agar tak berlendir yang harus kamu praktikkan:

1 dari 3 halaman

Tips Memasak Kikil Agar Tidak Berlendir © Diadona

Cuci dengan Air Mengalir

Sesaat setelah sampai di rumah, jangan lupa cuci kikil ya menggunakan air bersih mengalir. Pencucian menggunakan air mengalir ini penting banget lho terutama untuk produk daging agar air bekas cucian tak mengenai bahan makanan lain sehingga menyebabkan kontaminasi. Perlu diketahui bahwa umumnya bakteri pada daging hanya akan mati pada suhu tinggi. Bila mengenai makanan yang dimasak pada suhu rendah, bakteri tersebut masih akan tetap hidup dan membahayakan kesehatan.

Kerik Kikil

Proses pencucian nggak cukup menjadi cara memasak kikil agar tidak berlendir. Agar kotoran benar-benar hilang, kerik kikil menggunakan pisau. Proses pengerokan tersebut juga akan membersihkan lemak yang masih menempel pada kikil sekaligus lendirnya.

2 dari 3 halaman

Rendam Air Mendidih

Masak hingga mendiidh sejumlah air dalam volume yang cukup untuk merendam seluruh kikil. Setelah mendidih, matikan api dan masukkan kikil. Rendam kikil selama kurang lebih 20 menit. Proses perebusan ini dilakukan agar sisi kotoran yang masih menempel di kikil, dapat keluar.

Rebus Kembali

Untuk menghilangkan kotoran secara maksimal, sebagai tips memasak kikil agar tidak berlendir sekaligus mengempukkan sebagai persiapan memasak selanjutnya, rebus kikil di air mendidih. Proses perebusan bisa kamu lakukan sebentar atau tergantung selera.

3 dari 3 halaman

Tips Memasak Kikil Agar Tidak Berlendir © Diadona

Tambahkan Bumbu Rempah

Untuk menghilangkan aroma amis khas kikil sekaligus memberikan sedikit rasa sedap pada bahan ini, kamu bisa menambahkan bumbu rempah. Misalnya jahe, garam hingga lengkuas geprek. Atau untuk soto kikil nih, bisa kamus esuaikan dengan bumbu pada soto. Daun salam dan daun jeruk juga bisa ditambahkan untuk menciptakan aroma yang lebih harum.

Tiriskan dan Bilas dengan Air Mengalir

Setelah direbus, angkat kikil dari air. Bila kikil masih memiliki bau, cuci kikil dengan air mengalir ya! Udah deh, selanjutnya kamu bisa mengolah kikil sesuai dengan hidangan yang kamu inginkan.

Gampang banget kan tipsnya?

Beri Komentar