6 Tips Memanggang Roti Agar Tidak Keras, Bantat dan Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 22 November 2022 12:29
6 Tips Memanggang Roti Agar Tidak Keras, Bantat dan Gagal
Salah satu tips memanggang roti agar tidak keras yaitu jagan terlalu sering membuka tutup pintu oven. Hayo, apakah kamu sering melakukannya?

Pernah memanggang roti yang hasilnya keras? Matang tak merata, bantat atau yang lainnya? Hmm, jangan insecure dulu. Hal tersebut mungkin saja bukan karena skill baking kamu yang buruk, tapi ketidak tahuan tentang teknik dan tips memanggang roti agar tidak keras dan gagal.

Membuat roti yang sempurna memerlukan ketelitian dan ketepatan proses dari awalpemilihan bahan hingga sampai cara memotongnya. Dan kalau menurut kamu memanggang roti cuman butuh kemampuan memasukkannya ke dalam oven, no no, salah besar.

Pastikan kamu sudah tahu dan mempratikkan tips memanggang roti agar tidak keras, bantat atau matang tidak merata yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini

1 dari 4 halaman

Panaskan Oven Terlebih Dahulu

Tips Memanggang Roti Agar Tidak Keras © Diadona

Dari pada adonan kamu harus menunggu oven untuk mencapai panas yang diharuskan, sebaiknya panaskan oven terlebih dahulu. Tapi kira-kira kapan waktu yang tepat untuk menyalakan oven?

Bon Appetit menyebut kalau waktu pemanasan oven yang tepat berada di waktu 20 menit. Artinya, panaskan oven 20 menit sebelum adonan mulai dipanggang. Untuk sebagian besar kasus, memanaskan oven lebih dari 30 menit sebelumnya nggak akan memberikan manfaat lebih, kecuali gas atau listrik jadi lebih cepat habis.

Beberapa faktor mempengaruhi waktu pemanasan awal. Semakin tinggi suhu yang diinginkan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Selain itu oven yang lebih besar juga membutuhkan waktu lebih lama karena ada lebih banyak udara untuk dipanaskan.

Tapi pernah nggak sih kamu bertanya-tanya mengapa dalam tips memanggang roti agar tidak keras, penting untuk melakukan preheat oven terlebih dahulu?

Jadi pada dasarnya nih oven adalah kotak logam yang berisi udara di dalamnya. Saat dinyalakan, listik atau gas menyalakan elemen panas sampai udara di dalam oven mencapai suhu yang diinginkan. Keberadaan udara ini nih yang bikin roti jadi matng.

Saat makanan masuk ke oven panas, serangkaian reaksi dan transformasi langsung terjadi. Tapi coba deh bayangin kalau adonan masuk ke oven yang masih dingin? Mungkin seperti menggoreng dengan minyak yang masih dingin kali ya! Roti jadi matang nggak merata, keras hingga bantat.

2 dari 4 halaman

Jangan Membuka Tutup Pintu Oven Terlalu Sering

Dalam Cara Memanggangg Roti agar Tidak Keras, Jangan Terlalu Sering Membuka Tutup Pintu Oven ya! © Diadona

Saat kamu membuka pintu oven dalam keadaan memanggang, udara luar akan masuk sehingga menyebabkan suhu di dalam oven turun. Bila hal itu terlalu sering dilakukan maka membuat suhu jadi tidak stabil dan kue jadi bantat. Meskipun penasaran banget, tapi agar memanggang kue nggak jadi keras, jangan buka tutup pintu oven terlalu sering ya!

Gunakan Kaca Jendela Oven

Daripada membuka tutup pntu oven terlalu sering, manfaatkan kaca oven untuk melihat kue di dalamnya. Bersihkan kaca bila kotor dan gunakan lampu di bagian dalam oven. Bila kamu tak memiliki oven dengan instalasi lampu, kamu bisa menggunakan senter atau flash light dari ponsel kamu untuk memudahkan mengintip.

Agar memanggang roti nggak bikin roti jadi keras, sebisa mungkin hanya buka dan tutup pintu oven ketika meletakkan roti dan mengambilnya saat udah benar-benar matang ya!

3 dari 4 halaman

Jangan Bikin Oven Sampai Penuh

Tips Memanggang Roti Agar Tidak Keras © Diadona

Oke mungkin oven kamu terlalu kecil tapi jangan memasukkan sebanyak mungkin roti ke dalamnya. Sisakan ruang di sekitar loyang sehingga udara dapat bersikulasi di sekitar masing-masing roti dan membuatnya matang secara merata.

Bila kamu memasukkan dua loyang dalam satu rak oven pastikan ada space tersisa di antara keduanya dan jangan sampai masing-masing sisi roti menyentuh oven ya!

4 dari 4 halaman

Gunakan loyang dengan Ukuran yang Sesuai

Tips Memanggang Roti Agar Tidak Keras © Diadona

Hampir sebagian besar resep roti atau kue memuat keterangan berapa ukuran loyang yang harus digunakan untuk takaran bahan yang dicantumkan. Tapi bagamana bila oven yang kita punya memiliki ukuran yang tidak sama dengan resep tersebut? Sesuaikan!

Misalnya nih bila dalam resep menggunakan takaran 4 butir telur dan adonan akan dipanggang di loyang berukuran 20x20 sedangkan kamu hanya hanya memiliki satu buah loyang berukuran 10 x 20, maka kamu bisa menyesuaikan takaran bahan menjadi setengahnya saja. Hitungan tersebut didapat dari perbandingan luas loyang pada resep dan loyang milikmu.

Pastikan Oven Selalu Bersih

Adonan yang jatuh di dasar oven bisa mempengaruhi proses baking kamu lho! Saat terkena panas, bahan tersebut bisa terbakar atau berasap trus membuatoven jadi terlalu panas.

Pastikan untuk selalu menerapkan enam tips memanggang roti agar tidak keras di atas ya! 

 

Beri Komentar