Bau Menyengat Bikin Mual? Ini Tips Bumil Tetap Nyaman saat Penciuman Lebih Sensitif

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 27 Desember 2020 06:30
Bau Menyengat Bikin Mual? Ini Tips Bumil Tetap Nyaman saat Penciuman Lebih Sensitif
Apa saja tipsnya?

Saat hamil, kadang bau menyengat sedikit bisa jadi masalah. Bahkan, bau parfum favorit sekalipun. Hal ini nggak lepas dari indra penciuman ibu yang lebih sensitif saat hamil.

Sebenarnya, sampai saat ini alasan kondisi ibu hamil yang jadi lebih sensitif pada bau masih belum ditemukan Moms. Tapi, ada dua hal yang diduga menjadi penyebabnya yakni perubahan hormon dan "bawaan alami" bumil untuk melindungi janin.

Pastinya, kondisi ini membuat ibu hamil merasa nggak nyaman dan memicu kondisi tertentu seperti sakit kepala, mual, bahkan muntah. Lalu, gimana sih untuk meminimalisir hal ini dan membuat bumil tetap nyaman? Dilansir dari Alodokter, berikut sederet tipsnya.

1 dari 5 halaman

Makan Sering dalam Porsi Kecil

Ilustrasi Ibu Hamil Makan © Diadona

Untuk mengurangi efek mual saat mencium bau tertentu, Moms disarankan untuk makan makanan ringan sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari. Misalnya dengan mengonsumi biskuit. Tak hanya itu, ibu hamil juga disarankan makan dalam porsi kecil tapi sering Moms.

2 dari 5 halaman

Gunakan Detergen Tanpa Aroma

Bila Moms merasa mual saat mencium bau wangi detergen, pelembut, atau pewangi pakaian, Moms bisa mulai beralih sementara menggunakan detergen tanpa aroma. Selain itu, Moms juga bisa memilih aroma detergen yang sekiranya nggak membuat Moms pusing atau mual. Wangi-wangi segar seperti mint mungkin bisa jadi pilihan untuk meredakan mual.

3 dari 5 halaman

Hindari Dapur

Ilustrasi Perempuan di Dapur © Diadona

Moms bisa sementara waktu menghindari dapur bila dirasa aroma aneka bumbu di dapur membuat Moms nggak nyaman. Moms bisa sementara waktu meminta bantuan orang lain untuk memasak atau hanya menyiapkan makanan. Selain itu, biarkan jendela dapur terbuka agar menghilangkan bau masakan.

4 dari 5 halaman

Gunakan Aroma yang Menangkan

Moms bisa menggunakan sapu tangan yang ditetesi minyak esensial dengan bau favorit. Gunakan sapu tangan ini untuk menutup hidung saat Moms mencium bau yang menyengat atau membuat mual. Dengan begitu, Moms bisa mengurangi sedikit rasa mual yang ditimbulkan.

5 dari 5 halaman

Jaga Kebersihan

Ilustrasi Ibu Hamil Duduk © Diadona

Terakhir, menjaga kebersihan juga nggak kalah penting Moms. Salah satunya Moms bisa ganti dan mencuci baju lebih sering karena baju berbahan serat cenderung menahan bau.

Nah, itu dia sederet cara yang bisa Moms coba untuk meminimalisir rasa nggak nyaman akibat lebih sensitif pada bau. Semoga membantu!

Beri Komentar