12 Manfaat Bawang Bombay untuk Ibu Hamil, Sering Jadi Bahan Ngidam Lho

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 7 Februari 2020 21:18
12 Manfaat Bawang Bombay untuk Ibu Hamil, Sering Jadi Bahan Ngidam Lho
Biar nggak penasaran, intip beberapa manfaat bawang bombay untuk ibu hamil berikut ini.

Kehamilan merupakan fase penting dalam kehidupan perempuan. Salah satu pengalaman yang sering dialami selama hamil adalah ngidam alias food craving. Keinginan untuk menikmati bahan makanan tertentu ini seringkali tak bisa ditahan, bahkan pilihan makanannya terkadang menimbulkan tanda tanya.

Beberapa mungkin mengidam es krim atau makanan pedas, tapi ada juga yang ingin memakan bawang bombay dalam kondisi mentah. Walau dianggap aneh, keinginan ini masih dianggap aman dan justru memberikan nutrisi yang baik buat tubuh. Biar nggak penasaran, intip beberapa manfaat bawang bombay untuk ibu hamil berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Mengelola Tekanan Darah

ilustrasi © Diadona

Tekanan darah yang terlalu rendah atau tinggi dalam masa kehamilan tentunya dapat mengganggu kesehatan ibu maupun janin yang berada dalam kandungannya. Salah satu manfaat bawang bombay untuk ibu hamil adalah kandungan fitonutriennya yang cukup tinggi. Nutrisi ini yang akan membantu mengatur tekanan darah sehingga dapat mencegah komplikasi seperti preeclampsia atau persalinan premature.

2. Membantu Meringankan Sembelit

Sembelit sering dialami oleh ibu hamil dan membuatnya merasa kurang nyaman untuk beraktivitas. Solusinya ada pada konsumsi makanan berserat tinggi, salah satunya bawang bombay. Manfaat bawang bombay untuk ibu hamil yang satu ini dipercaya dapat membantu mengatur pergerakan usus sehingga mencegah gangguan kesehatan seperti sembelit.

2 dari 6 halaman

3. Mengatur Berat Badan

ilustrasi © Diadona

Kebanyakan ibu hamil khawatir dengan kenaikan berat badan yang dianggap cukup drastis. Jangan nekat diet apalagi menjalani pola makan tanpa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Sebaiknya, perbaiki pola makan dengan mengganti atau mengurangi makanan yang tinggi lemak atau kalori.

Selain itu, tingkatkan juga konsumsi sayur dan buah yang tinggi serat, vitamin dan mineral. Coba olah bawang bombay menjadi berbagai hidangan lezat dan mudah mengenyangkan, seperti salad yang rendah lemak dan kalori.

4. Membantu Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dan pilek biasa terjadi selama masa kehamilan. Untuk mengobatinya, disarankan untuk tidak sembarangan mengkonsumsi obat-obatan. Sebaiknya, kembali ke bahan alam seperti manfaat bawang bombay untuk ibu hamil berikut ini. Sifat anti-inflamasi di dalamnya membantu melawan infeksi dan antivirus juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaatkan sari bawang bombay segar untuk mengobati infeksi tenggorokan secara efektif. Jika tak tahan dengan rasa maupun aromanya, coba campurkan sedikit madu untuk membuatnya lebih diterima oleh lidah.

3 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

ilustrasi © Diadona

Disarankan untuk banyak beristirahat, apalagi saat memasuki trimester pertama dan ketiga, sayangnya tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan kesulitan untuk tidur. Daripada meminum obat tidur yang belum tentu aman bagi kesehatan janin, sebaiknya optimalkan manfaat bawang bombay untuk ibu hamil.

Kandungan prebiotik di dalam bawang bombay dipercaya dapat menurunkan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Bawang berukuran cukup besar ini pun juga mengandung folat yang mencegah pembentukan homocysteine yang berlebihan dalam tubuh. kelebihan homocysteine ini dapat mengganggu pelepasan hormon yang memicu perubahan suasana hati dan depresi.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ibu hamil berhadapan dengan berbagai risiko gangguan kesehatan. Buat mereka yang menderita obesitas atau tinggi kolesterol, risiko penyakit jantung cukup tinggi. Untungnya, ada manfaat bawang bombay untuk ibu hamil yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Flavonoid dan organosulfur di dalamnya terbukti mampu menjaga kesehatan jantung pada ibu hamil.

4 dari 6 halaman

7. Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

ilustrasi © Diadona

Tidak sedikit perempuan yang mengalami perubahan pada kesehatan rambut dan kulit setelah memasuki masa kehamilan. Terlepas dari mitos, perubahan hormon menjadi biang keladi kulit yang kusam, berjerawat hingga rambut yang mudah rontok.

Saatnya mengambil manfaat bawang bombay untuk ibu hamil dan tetap cantik selama menjalani masa penting dalam hidupnya. Bawang bombay merupakan sumber vitamin A, C, dan E yang berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut, sekaligus mencegah penuaan dini.

8. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mulut

Perubahan hormon selama kehamilan membuat gusi ibu hamil rentan terhadap penumpukan plak, peradangan dan pendarahan. Cara untuk mengambil manfaat bawang bombay untuk ibu hamil adalah dengan mengunyah potongan bawang bombay. Sifat antibakterinya akan membantu meningkatkan kesehatan mulut selama menjalani fase kehamilan.

5 dari 6 halaman

9. Kemungkinan Efek Samping

ilustrasi © Diadona

Meskipun banyak manfaat bawang bombay untuk ibu hamil, tapi jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan efek samping tertentu. Mengonsumsi bawang bombay dalam jumlah besar selama kehamilan dapat menyebabkan mulas atau diare sehingga memicu ketidaknyamanan. Ada juga yang terpaksa menghentikan konsumsi bawang bombay karena aromanya yang kuat sehingga dapat memicu mual.

Beberapa perempuan yang mengembangkan alergi selama hamil dapat mengalami reaksi dalam bentuk masalah pernafasan akibat konsumsi bawang bombay yang berlebihan. Dalam kasus ekstrim, ada kemungkinan syok yang dapat mempengaruhi kehamilan.

10. Kurangi Sengatan Bawang Bombay dengan Air Es

Nutrisi yang terkandung dalam bawang bombay mentah memang dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Namun tidak semua ibu hamil mampu menghadapi aromanya yang menyengat bahkan meninggalkan aftertaste yang dapat memicu mual. Proses memasak seperti memanggang atau memasaknya hingga terkaramelisasi berisiko menghilangkan rasa dan tekstur yang unik, hingga senyawa baik di dalamnya.

Untungnya, ada beberapa trik yang sering digunakan oleh chef untuk mengurangi ketajaman rasa maupun aromanya, namun tetap mempertahankan kerenyahan dan nutrisinya. Pertama, rendam dalam air es untuk mengurangi sensasi pedas yang cukup menyengat.

Cukup biarkan irisan atau potongan bawang bombay dalam air es selama sepuluh menit atau lebih. Bisa juga merendamnya dalam cuka atau sari jeruk untuk menambahkan rasa baru pada bawang bombay. Trik ini pun memberikan kelebihan tersendiri karena menambahkan es ke dalam air dapat membuat bawang bombay menjadi lebih renyah, terutama saat kondisinya layu akibat cara penyimpanan yang kurang tepat.

6 dari 6 halaman

11. Taburi dengan Garam

ilustrasi © Diadona

Bagi mereka yang tidak ingin menggigit bawang bombay yang renyah saat menikmati sandwich atau salad, bisa memilih untuk mengasinkannya. Selain menghilangkan sedikit sensasi sengatan juga memberikan tekstur yang lebih lembut.

Cukup taburi bawang bombay dengan sedikit garam dan diamkan selama 15 menit untuk menarik banyak kelembapan. Setelah itu, hilangkan kelebihan garam dengan mencuci bawang bombay sebelum menambahkannya pada makanan.

12. Cara Tercepat dengan Microwave

Jika tidak ingin menunggu 10-15 menit untuk mengolah bawang bombay mentah, ada rute tercepat dengan memasukkan bawang cincang ke dalam mangkuk lalu tambahkan air atau cuka. Jangan lupa taburi sedikit garam dan masukkan ke dalam microwave selama sepuluh detik.

Kalau kesulitan menikmati manfaat bawang bombay untuk ibu hamil dalam kondisi mentah, coba olah menjadi setengah matang untuk menghilangkan aroma yang menyengat dan tekstur renyah. Coba masak bawang bombay selama satu atau dua menit dengan api besar sebelum menambahkannya pada salad, roti lapis maupun topping hidanganmu.

Banyak manfaat bawang bombay untuk ibu hamil yang dapat membantu menjaga kesehatan, tapi batasi asupannya agar tidak menimbulkan masalah lainnya seperti diare, mual hingga alergi.

Beri Komentar