7 Tips Menggoreng Gyoza, Hemat Minyak, Praktis dan Dijamin Renyah!

Reporter : Arifina
Senin, 13 November 2023 20:13
7 Tips Menggoreng Gyoza, Hemat Minyak, Praktis dan Dijamin Renyah!
Menu dumpling kesukaan siapa nih? Cara gorengnya mudah banget lho!

Tips menggoreng gyoza yang pas dan guri bis kamu jadikan acuan untuk menyajikan menu camilan ini di rumah. Gyoza merupakan salah satu jenis dumpling  yang bentuknya mirip dengan olahan pangsit, namun  unik seperti bulan sabit dengan isian yang padat.

Bentuk gyoza yang cukup kecil dengan kulit yang cenderung tipis dengan  tekstur renyah pada bagian bawahnya membuat makanan satu ini banyak difavoritkan. Gyoza atau olahan dumpling khas Jepang bisa dimasak dengan cara dikukus atau digoreng.

Gyoza goreng biasa menjadi hidangan pembuka atau camilan yang wajib dimiliki oleh restoran Jepang. Saat ini, gyoza hadir dalam berbagai variasi dengan isian beragam, mulai daging, sayuran, udang, dan masih banyak lainnya.

1 dari 8 halaman

Tips Menggoreng Gyoza © Diadona

Menu olahan dumpling ini banyak digemari orang karena rasanya yang lezat dan tekstur lembut, renyah yang menggugah selera.

Uniknya, dumpling ini digoreng dengan sedikit minyak dan tambahan air agar saat dimakan, pada bagian bawah terasa renyah dan bagian dalamnya juicy.

Cara membuatnya cukup mudah lho! Namun, banyak orang yang masih gagal saat membuatnya. Yuk, simak saja beberapa tips berikut agar dapat membantu membuat gyoza yang enak dan berhasil.

2 dari 8 halaman

Siapkan Wajan Berukuran Besar

Tips utama menggoreng gyoza agar berhasil, dengan menggunakan wajan yang berukuran besar dan datar. Hal ini untuk mempermudah gyoza dalam proses penggorengan agar tidak menempel satu sama lain.

Penggunaan pan atau wajan berukuran besar juga akan lebih efisien dan akan mendapatkan hasil gyoza dengan tekstur yang lebih renyah dan bentuk yang lebih baik setelah digoreng. Cara ini juga akan membuat gyoza lebih cepat matang merata dan hasilnya lebih maksimal dibandingkan dengan memakai wajan kecil.

Jika kamu menggunakan wajan berukuran kecil, kamu bisa menata gyoza agar tetap berjarak dan tidak menempel untuk menggorengnya secara bertahap ya!

3 dari 8 halaman

Panaskan Wajan dengan Api Sedang

Sebelum gyoza dimasak, sebaiknya wajan besar yang akan digunakan dipanaskan terlebih dahulu. Panaskan wajan dengan api sedang hingga permukaan wajan terasa panas.

Hal ini bertujuan agar gyoza lebih cepat saat proses menggorengnya tanpa harus menunggu terlalu lama dan didapati hasil lebih sempurna. Lebih baik, gunakan wajan atau pan anti lengket agar proses menggoreng gyoza juga  jauh lebih mudah saat di cek tingkat kematangannya.

4 dari 8 halaman

Cukup Gunakan Sedikit Minyak

Tips Menggoreng Gyoza © Diadona

Berbeda dengan cara memasak camilan gorengan pada umumnya, kunci utama saat menggoreng gyoza adalah dengan menggunakan sedikit minyak. Cukup gunakan satu sendok makan minyak yang dioles dengan kuas makanan secara menyeluruh pada pan.

Cara ini akan menghasilkan tekstur pada bagian kulit gyoza yang lebih renyah, namun bagian dalamnya tetap terasa lembut. Tentunya juga tidak perlu khawatir bahwa minyak akan terlalu banyak meresap oleh makanan ini.

5 dari 8 halaman

Susun Gyoza dengan Tepat

Perhatikan proses menyusun gyoza saat akan digoreng. Tempatkan gyoza pada pan dengan sisi yang tertutup atau datar ke arah atas di wajan yang panas.

Pastikan saat menyusun gyoza untuk tidak saling menempel dan beri jarak antara satu sama lain. Jika gyoza disusun saling menempel akan kemungkinan tidak matang secara merata.

Dengan memberi jarak atau ruang yang cukup, gyoza akan mempertahankan bentuknya dan menghasilkan tekstur lebih renyah saat dimakan.

6 dari 8 halaman

Tambahkan Sedikit Air dan Tutup Wajan

Agar tekstur gyoza renyah, lebih kenyal, dan lembut, penting sekali untuk memperhatikan cara ini. Setelah gyoza digoreng dengan sedikit minyak lalu memiliki tekstur dasar yang renyah, tambahkan sedikit air dan tutup gyoza hingga benar-benar matang.

Cara ini bertujuan agar menghasilkan uap dalam pan yang akan membantu isi gyoza untuk matang secara merata hingga ke bagian dalamnya. Selain itu, air lama-lama akan menghasilkan uap lalu mengering ini bakal menciptakan tekstur yang renyah pada bagian bawah gyoza.

Alhasil, saat gyoza dimakan akan menghasilkan sensasi renyah dan lembut secara bersamaan saat di dalam mulut.

7 dari 8 halaman

Perhatikan Waktu Menggoreng

Tips Menggoreng Gyoza © Diadona

Ketika gyoza diletakkan di dalam pan yang sudah dipanaskan dengan sedikit minyak, goreng selama 2-3 menit saja. Goreng gyoza hingga bagian bawahnya berwarna coklat dan renyah.

Setelah gyoza memiliki tekstur tersebut, tambahkan sedikit air dan tutup. Biarkan gyoza mengukus di dalam pan selama 5-7 menit untuk memastikan gyoza matang sampai bagian dalamnya.

Sambil gyoza di goreng, pastikan untuk selalu memperhatikan dan memantau dan sesuaikan waktu yang pas agar mencapai tekstur dan warna yang diinginkan sehingga tidak sampai gosong.

8 dari 8 halaman

Sajikan dengan Saus

Setelah gyoza dirasa sudah matang dan memiliki tekstur renyah dengan bagian dalamnya lembut, langsung hidangkan di atas piring saji. Gyoza biasa disajikan dengan cocolan saus shoyu.

Namun, kamu juga bisa menggunakan saus cocolan lainnya agar makin nikmat, seperti mencampurkan kecap, cuka beras, dan bumbu lainnya. Gyoza yang dimakan bagian bawahnya memiliki tekstur yang renyah dan bagian dalamnya juicy dan lembut menjadikan hidangan ini lebih menggugah selera.

Itulah beberapa tips menggoreng gyoza yang praktis dan efisien karena hanya menggunakan sedikit minyak dan sedikit tambahan air. Cobalah menggoreng gyoza di rumah dengan mengikuti tips diatas agar menghasilkantekstur renyah di luar dan juicy di dalam. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar