11 Tips Membuat Bungeoppang yang Renyah dan Fluffy, Jajanan Khas Korea Berbentuk Ikan yang Lezat Abis!

Reporter : Arifina
Kamis, 9 November 2023 20:07
11 Tips Membuat Bungeoppang yang Renyah dan Fluffy, Jajanan Khas Korea Berbentuk Ikan yang Lezat Abis!
Wajib banget bikin camilan satu ini buat teman nonton drakor!

Tips membuat bungeoppang yang renyah cocok dijadikan menu camilan saat berkumpul dengan teman atau nonton drama Korea (drakor). Ciri khas bungeoppang  dengan bentuk ikan mas dan rasa yang manis dan gurih membuat camilan roti ini semakin menggugah selera.

Bungeoppang merupakan salah satu jajanan khas Korea Selatan yang sangat populer. Camilan ini  menghadirkan tekstur yang empuk seperti kue wafel berbentuk ikan mas dengan rasa yang manis. Rasa manis dari ciri khas hidangan bungeoppang biasanya karena isian pasta kacang merah.

1 dari 12 halaman

Tips Membuat Bungeoppang yang Renyah © Diadona

Camilan bungeoppang sering muncul di drakor dan kini sudah banyak ditemui di berbagai outlet makanan di Indonesia. Rasanya yang nikmat dengan bentuk ikan yang unik begini ternyata mudah banget dibuatnya nih!

Berikut tips membuat bungeoppang renyah yang bisa kamu coba di rumah! Yuk, simak!

2 dari 12 halaman

Perhatikan Pembuatan Bagian Kulit Bungeoppang

Untuk mendapati hasil bungeoppang yang renyah, hal yang perlu diperhatikan adalah pada pembuatan kulit luarnya. Sebaiknya, kamu membuat adonan kulitnya sendiri.

Bahan yang dibutuhkan sangat mudah dan cara membuatnya sangat praktis. Kamu hanya perlu tepung terigu, gula pasir, garam, baking soda, telur, air, dan minyak goreng secukupnya.

Untuk takaran setiap bahannya bisa disesuaikan untuk berapa porsi kamu akan membuatnya. Pastikan semua takaran adonan sudah pas sehingga mencapai tekstur bungeoppang yang lebih fluffy.

3 dari 12 halaman

Gunakan Tepung Protein Sedang

Saat kamu membuat adonan kulit bungeoppang, gunakan jenis tepung protein sedang. Tepung yang satu ini cenderung menghasilkan tekstur yang lebih lembut daripada tepung protein tinggi.

Tepung protein sedang juga akan membuat kekencandangan pada adonan cukup unruk memungkinan kulit bungeoppang menjadi renyah saat dipanggang maupun digoreng. Tekstur kulit juga menjadi tidak terlalu keras seperti saat menggunakan tepung protein tinggi. Selain itu, tekstur bungeoppang akan menjadi lebih lembut dan renggang sehingga lebih mudah saat dimakan.

4 dari 12 halaman

Beri Tambahan Sedikit Tepung Beras

Tips Membuat Bungeoppang yang Renyah © Diadona

Dalam membuat adonan kulit bungeoppang kamu juga bisa menambahkan sedikit tepung beras. Menambahkan sedikit tepung beras pada adonan kulit bungeoppang akan menghasilkan kulit bungeoppang terasa garing dan semakin chewy saat dimakan.

Cukup tambahkan tepung bersa sedikit saj apada adonan tepung protein sedang yang sudah kamu buat. Jangan terlalu banyak agar adonan tidak mudah mengeras saat bungeoppang matang dan akan dimakan.

5 dari 12 halaman

Beri Baking Powder

Selain tepung beras yang akan memberikan tekstur renyah pada kulit bungeoppang, baking powder juga dapat memberikan tekstur renyah dan berongga pada kulitnya lho! Baking powder mengandung gas karbon dioksida yang akan menghasilkan tekstur yang renyah dan garing.

Gas yang dihasilkan baking powder tersebut dapat membantu saat proses pemanggangan untuk membuat adonan membesar dan mengisi cetakan dengan baik sehingga camilan bungeoppang terisi penuh. Selain itu, baking powder juga mampu membantu menjaga bentuk bungeoppang menciptakan hasil yang lebih berbentuk dan konsisten.

6 dari 12 halaman

Pastikan Konsistensi Adonan

Pastikan konsistensi adonan bungeoppang sudah pas, tidak terlalu padat tapi juga tidak terlalu cair. Hal ini bertujuan agar tekstur bungeoppang benar-benar fluffy dan lebih nyaman ketika dimakan

Jika kamu menggunakan resep, pastikan untuk mengikuti takaran di setiap bahannya karena resep yang ditulis dapat dipastikan menghasilkan bungeoppang yang renyah dan enak. Namun, jika konsistensi adonan yang dihasilkan dari resep terlalu padat atau cair, tambahkan beberapa bahan untuk mencapai konsistensi adonan yang pas.

7 dari 12 halaman

Pakai Adonan Crescent Dough

Tips Membuat Bungeoppang yang Renyah © Diadona

Jika kamu merasa kesulitan saat membuat adonan bungeoppang, kamu bisa menggunakan alternatif lain sebagai pengganti adonan. Kamu bisa memakan adonan crescent dough instan.

Tekstur adonan crescent dough yang kurang lebih sama seperti adonan yang dibuat sendiri dapat menghasilkan bungeoppang yang baik. Kamu bisa mengkreasikan bentuk dan isian adonan ini karena teksturnya yang mudah dibentuk. Adonan crescent dough instan ini juga mudah ditemui dan dapat dibeli di berbagai toko kue atau supermarket.

8 dari 12 halaman

Beri Isian Kacang Merah

Selain ciri khas bentuknya yang unik seperti ikan mas, hidangan ini juga memiliki ciri khas isian kacang tanah merah. Pasta kacang merah menjadi isian tradisional dalam camilan khas Korea ini.

Rasa manis yang khas memberikan sentuhan tradisional yang otentik. Selain itu, pasta kacang merah memiliki konsistensi tekstur yang lembut dengan perpaduan kulit bungeoppang yang renyah sehingga keduanya memberikan perpaduan tekstur yang enak.

Warna pasta kacang merah yang kontras menciptakan perpaduan yang menarik dengan kulit bungeoppang yang kuning kecoklatan. Hal ini membuat bungeoppang terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

9 dari 12 halaman

Beri Variasi Isian

Selain isian pasta kacang merah, isian modern yang umum digunakan pada bungeoppang variasinya antara lain keju, coklat, buah, atau krim. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan selai buah seperti selai raspberry atau selai stroberi.

Sebagian orang juga bisa menciptakan variasi isian yang lebih unik dengan menggabungkan berbagai rasa seperti selai kacang mentega, keju krim, selai coklat keju, atau kombinasi rasa yang lebih enak dan unik. Berbagai variasi rasa tersebut memberikan cita rasa lebih menarik untuk bungeoppang yang kamu buat.

10 dari 12 halaman

Hindari Terlalu Banyak Memberi Isian

Bungeoppang © Diadona

Pastikan tidak terlalu banyak memberi isian bungeoppang. Hal ini dapat menutup rapat cetakan sehingga memberikan ruang untuk menghasilkan kulit bungeoppang yang renyah.

Isian bungeoppang yang berlebihan dapat merusak lapisan kulit sehingga bungeoppang tidak membentuk dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik beri isian bungeoppang yang cukup untuk memberikan rasa yang baik dan tekstur kulitnya tetap renyah sehingga cukup kuat untuk menahan isian selama proses memasaknya.

11 dari 12 halaman

Panaskan Cetakan dengan Tepat

Sebelum adonan dipanggang, lebih baik cetakan dipanaskan terlebih dahulu dengan diberi sedikit olesan minyak sayur di seluruh cetakan. Cara ini akan mencegah adonan bungeoppang menempel pada cetakan.

Sehingga bungeoppang akan lebih mudah untuk dilepas saat sudah matang. Selain itu, cetakan yang dipanaskan terlebih dahulu akan menghasilkan kulit bungeoppang lebih renyah, karena ketika adonan pertama kali bersentuhan dengan cetakan panas akan membentuk kulit bungeoppang lebih renyah.

12 dari 12 halaman

Pantau Adonan saat Proses Pemanggangan

Saat proses memasak bungeoppang harus lebih sabar, sebab adonan yang terlihat membentuk dan padat belum tentu matang. Tidak dipungkiri jika bagian dalamnya masih belum matang maka rasa bungeoppang yang dihasilkan tidak enak.

Jadi, pastikan untuk selalu memantau saat proses pemangganan. Jangan lupa untuk membolak-balik cetakan agar kamu mengetahui apakah bungeoppang sudah matang hingga bagian dalamnya.

Umumnya bungeoppang di panggang sekitar kurang lebih 5-7 menit di setiap sisinya. Jika ingin hasil bungeoppang lebih matang dan renyah, kamu bisa melebihkan waktu tersebut sesuai selera.

Dengan mengikuti tips membuat bungeoppang yang renyah diatas, kamu akan bisa menghasilkan camilan khas Korea ini dengan tekstur yang pas, Bungeoppang cocok disajikan dalam keadaan hangat dan menjadi hidangan penutup yang pas setelah makan. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar