6 Tips Memasak Ayam Taliwang, Makanan Khas Lombok yang Pedas, Gurih, dan Rampahnya Nampol Banget!

Reporter : Arifina
Rabu, 25 Oktober 2023 20:07
6 Tips Memasak Ayam Taliwang, Makanan Khas Lombok yang Pedas, Gurih, dan Rampahnya Nampol Banget!
Ingin masak ayam Taliwang rasa khas Lombok? Begini tipsnya!

Tips memasak ayam taliwang bisa kamu gunakan jika ingin memasak hidangan ini dengan cita khas asli dari Lombok. Ayam taliwang merupakan salah satu makanan yang khas dari Pulau Lombok, tepatnya pada Kampung Karang Taliwang, Nusa Tenggara Barat.

Hidangan olahan ayam ini terkenal memiliki cita rasa pedas dan dagingnya yang lembut. Untuk memasak menu makanan ini diperlukan khusus ayam kampung muda yang dibakar dan dibumbui dengan cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, garam, dan bumbu lainnya.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Ayam Taliwang © Diadona

Saat ini, ayam taliwang telah dikenal secara luas di seluruh Indonesia. Perpaduan rasa ayam yang pedas dan gurih yang khas biasa disajikan dengan plecing kangkung dan beberuk terong.

Beberuk terong juga khas Lombok yang terbuat dari terong yang dipanggang, dihaluskan, dan diberi cabe, bawang, dan tomat.

Menu masakan ayam ini cocok dinikmati saat akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Yuk, simak tips memasak ayam taliwang dibawah ini agar rasanya mirip dengan masakan aslinya!

2 dari 8 halaman

Pilih Ayam yang Segar

Tips pertama untuk membuat ayam taliwang adalah memilih ayam yang segar. Bahan utama hidangan ini adalah ayam kampung muda, jadi yang benar-benar layak untuk dimakan.

Untuk memastikan ayam yang dibeli segar, perhatikan warna kulit dan dagingnya. Ayam segar biasanya memiliki kulit yang berwarna merah mudah atau merah untuk jenis ayam kampung, untuk ayam broiler berwarna kuning muda.

Daging harus berwarna merah muda atau putih dengan lemak yang bersih, bau yang tidak busuk atau amis. Memperhatikan ciri-ciri ayam yang segar akan menghasilkan kualitas makanan saat akan dimasak.

 

3 dari 8 halaman

Biarkan Ayam Utuh

Khas dari ayam taliwang ini salah satunya adalah ukuran ayam yang utuh atau tidak dipotong-potong. Untuk mendapat tampilan ayam taliwang yang menarik, bentuk ayam menjadi butterfly dengan cara menekan bagian bawah ayam agar terbelah dan bagian dada menjadi datar.

Penggunaan ayam utuh dalam ayam taliwang ini adalah salah satu bagian dari identitas budaya kuliner khas Lombok. Selain membuat tampilan lebih menarik mirip dengan amsakan aslinya, rasanya pun dijamin lebih lezat.

4 dari 8 halaman

Marinasi Ayam

Tips  Memasak  Ayam Taliwang © Diadona

Ayam taliwang dengan rasa dan aroma khas perlu dilakukan marinasi.  Gunakan bahan bumbu dapur yang biasa digunakan untuk marinasi seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, serai, gula, garam, terasi dan air perasan jeruk limau.

Caranya juga mudah, cukup menghaluskan semua bumbu dengan chopper, blender, atau cobek kecuali air jeruk limau. Jika semua bumbu sudah dihaluskan, campurkan dengan perasan air jeruk limau. Biarkan ayam dimarinasi cukup lama agar bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam.

Simpan marinasi ayam utuh selama 30 menit sampai 1 jam di dalam kulkas. Ini untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada daging ayam. Jangan lupa sebelum ayam disimpan ke dalam kulkas, sayat sedikit di bagian daging ayam yang tebal agar bumbu lebih meresap dan lebih cepat matang saat dimasak.

5 dari 8 halaman

Tumis Bumbu Halus dengan Tepat

Tidak hanya bumbu marinasi, bumbu halus untuk pelapis ayam taliwang juga harus disiapkan dengan tepat agar mendapati cita rasa dan aroma ayam taliwang yang khas dari Lombok. Cukup tumis bumbu halus sesuai resep yang digunakan, lalu tumis sisa bumbu marinasi sampai wangi dan matang yang ditambahkan cabai rawit, daun kemangi, dan daun jeruk.

Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus dan masak bersama ayam yang sudah dimarinasi. Jangan lupa tambahkan bumbu tambahan seperti garam, gula, lada, dan lainnya. Agar rasa bumbu halus semakin sedap dan tidak terlalu kuat aroma bumbu rempahnya.

6 dari 8 halaman

Tambahkan Bumbu Rempah

Untuk mendapatkan rasa dan aroma bumbu ayam taliwang semakin sedap, jangan lupa tambahkan bumbu rempah, seperti daun salam, lengkuas, kemiri, dan sereh. Penambahan bumbu rempah ayam taliwang merupakan tradisi kuliner karakteristik rasa dan budaya khas Lombok.

Bumbu rempah dalam ayam taliwang mampu menghasilkan keseimbangan rasa pedas, asin, manis, dan gurih sehingga rasa yang dihidangkan banyak memiliki rasa. Bumbu rempah yang digunakan juga menciptakan rasa khas yang membedakan hidangan ini dengan hidangan ayam lainnya.

7 dari 8 halaman

Panggang atau Bakar Ayam

Tips  Memasak  Ayam Taliwang © Diadona

Tidak berhenti disitu saja, setelah ayam dibumbui bumbu halus dan diberi bumbu rempah, agar bumbu lebih terasa masak ayam taliwang tanpa minyak. Panggang atau bakar ayam sambil diberi bumbu ke seluruh bagian ayam.

Jangan hanya sekali, tapi oleskan bumbu untuk bakar beberapa kali. Setelah bumbu meresap ke dalam ayam terus baluri atau olesi dengan bumbu. Lalu panggang hingga matang dan bumbu meresap, tapi jangan sampai bagian ayam terlihat gosong agar tidak merusak rasa ayam.

Itulah beberapa tips memasak ayam taliwang khas Lombok yang pas, mulai dari pemilihan ayam yang segar hingga teknik memasaknya. Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah ya! Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar