7 Tips Membuat Kimbab khas Korea, Praktis, Lezat, dan Cocok Dijadikan Teman Nonton Drama Korea

Reporter : Arifina
Kamis, 19 Oktober 2023 20:07
7 Tips Membuat Kimbab khas Korea, Praktis, Lezat, dan Cocok Dijadikan Teman Nonton Drama Korea
Kimbab khas Korea ala drakor bisa dicoba sendiri dirumah lho! Mudah banget kok cara buatnya.

Tips membuat kimbab bisa kamu jadikan acuan saat mengolah menu makanan khas Korea. Makanan ala Korea ini biasa muncul di drama-drama Korea dan begitu menggugah selera.

Kimbab merupakan hidangan nasi gulung khas Korea. Hidangan ini dibuat dari gulungan nasi dengan berbagai variasi isian seperti daging, sayuran, telur, dan bahan lainnya.

1 dari 9 halaman

Cara Membuat Kimbab © Diadona

Olahan kimbab biasa menjadi menu bekal bagi masyarakat Korea. Bentuknya yang sangat sederhana dan tidak mudah berantakan saat dinikmati, membuat setiap potongannya dapat dimakan dalam sekali lahap.

Banyak kreasi untuk membuat hidangan ini, biasanya variasi isian seperti daging dan sayur-sayuran. Berikut tips membuat kimbab dengan praktis untuk santapan yang nikmat di rumah!

2 dari 9 halaman

Gunakan Nasi yang Pulen

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membuat kimbab, pastikan kamu menggunakan nasi yang pulen. Hal ini agar memudahkan saat proses digulung.

Kamu bisa menggunakan beras short grain atau beras Japonica. Jika menggunakan beras long grain, tambahkan sedikit tepung ketan agar nasi lebih pulen dan gampang untuk diolah menjadi kimbab.

3 dari 9 halaman

Pastikan Semua Bahan Siap

Selain nasi, kamu juga harus menyiapkan bahan-bahan lainnya. Bahan dasar yang wajib ada adalah nori atau rumput laut, ketan, minyak wijen, dan garam.

Bahan-bahan tersebut merupakan komponen utama untuk membuat kimbab, jadi jangan sampai ada bahan-bahan yang terlewat. Untuk isian yang digunakan biasanya adalah wortel, mentimun, telur, daging, dan sayuran.

Bahan isian juga tidak kalah penting, semakin lengkap bahan isian, semakin lezat kimbab saat dinikmati. Selain itu, kimbab juga biasa diberi variasi isian seperti kimchi, keju, saus, hingga seafood.

4 dari 9 halaman

Potong dan Tumis Sayuran

Tips Membuat Kimbab © Diadona

Sayuran untuk isian kimbab, jangan lupa untuk dibersihkan dan dipotong-potong membentuk batang. Hal ini agar mempermudah saat kimbab di gulung dam tidak berantakan.

Dengan memotong sayuran, dapat dipastikan juga bahwa rasa dan tekstur sayuran akan lebih menyebar dengan merata dalam setiap gigitan atau potongan kimbab. Potongan sayuran yang tipis dan memanjang juga memberikan tampilan yang lebih baik pada kimbab. Tampilan kimbab semakin lebih menarik dan menggugah selera untuk dinikmati.

5 dari 9 halaman

Masak Isian Daging

Jika ingin menambahkan daging sebagai isian kimbab, sebaiknya masak daging terlebih dahulu. Daging yang dimasak akan lebih aman untuk dikonsumsi karena membunuh bakteri yang mungkin ada di dalam daging mentah.

Tekstur daging yang sudah dimasak juga lebih baik dan lebih gurih saat akan ditambahkan pada kimbab. Tentunya potong daging dengan bentuk memanjang seperti isian sayurannya akan lebih mudah digulung bersama bahan isian lainnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan bumbu seperti garam, lada, atau saus tiram untuk menambahkan rasa yang lebih lezat pada daging.

6 dari 9 halaman

Tata Semua Isian dengan Tepat

Penataan isian yang tepat akan menentukan hasil dari kimbab yang kamu buat. Diawali dengan nori yang diletakkan di permukaan datar dengan sisi nori yang kasar menghadap ke atas.

Kemudian, letakkan nasi atau beras ketan yang sudah dicampur dengan bumbu nasi, dan sebarkan merata di semua permukaan sisi nori. Taburkan sedikit minyak wijen untuk memberikan rasa yang wangi dan gurih. Pijat sedikit nasi agar lebih melekat ke permukaan nori.

Tata sayuran seperti wortel, mentimun, dan selada yang sudah dipotong berbentuk batang. Setelah sayuran, letakkan telur dadar yang juga sudah dipotong memanjang.

Lanjutkan dengan daging sapi yang sudah dimasak matang. Pastikan isian sudah ditata merata agar nanti kimbab dapat digulung dengan baik dan mudah.

7 dari 9 halaman

Gulung Kimbab dengan Hati-Hati

Cara Membuat Kimbab © Diadona

Tips yang terakhir ini sangat penting agar hasil kimbab lebih rapi. Gulunglah dengan berhati-hati agar hasilnya tidak berantakan.

Menggulung kimbab dengan tangan akan lebih memudahkan untuk merasakan tekanan pada isian kimbab apakah sudah padat dan kokoh.

Setelah semua bahan isian sudah ditata diatas nori dan nasi, langkah awal basahi tangan dengan air garam agar nasi tidak mudah menempel. Mulailah menggulung kimbab dengan tangan dari bawah keatas dengan lembut.

Gunakan jari-jari dan tangan kamu untuk meratakan dan menggulung kimbab. Pastikan rapi dan menjaga isian kimbab tetap pada tempatnya. Basahi ujung nori yang kosong pada bagian atas dengan sedikit air untuk merekatkan gulungan kimbab.

8 dari 9 halaman

Potong Kimbab dengan Rapi

Sebelum dipotong, olesi kimbab dengan sedikit minyak wijen agar lebih menggugah selera. Setelah kimbab di gulung dengan baik dan rapi, potong kimbab agar lebih praktis saat dimakan.

Potonglah kimbab dengan pisau yang tajam. Pastikan pisau bersih dan sudah dicuci dengan air garam agar nasi tidak menempel pada pisau saat dipotong. Sajikan di atas piring dengan cocolan saus kecap, saus teriyaki, atau saus sesuai selera kamu ya!

Itulah beberapa tips membuat kimbab khas Korea yang bisa kamu variasikan dengan berbagai isian sesuai selera. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar