6 Tips Memanggang Zuppa Soup Anti Gagal, Dijamin Mekar Sempuran dan Lezat

Reporter : Arifina
Senin, 6 November 2023 20:07
6 Tips Memanggang Zuppa Soup Anti Gagal, Dijamin Mekar Sempuran dan Lezat
Begini tips membuat zuppa soup anti gagal dan mekar sempurna.

Tips memanggang zuppa soup agar pastry tetap renyah dan lebih nikmat saat dimakan bisa kamu terapkan untuk membuat olahan ini. Zuppa zoup jenis hidangan yang kaya rasa dan nikmat cocok sebagai menu pembuka seperti di restoran.

Zuppa soup atau zuppa toscana merupakan salah satu makanan khas Italia. tepatnya dari wilayah Toscana. Selain rasanya yang lezat, bentuknya yang menarik denngan kue pastry yang mekar dan  tekstur yang khas menjadikan menu makanan satu ini disukai banyak orang.

Zuppa soup terbuat dari bahan utama sup yang creamy dan pastry. Cara butny hanya dengan sup panas yang dimasukkan dalam wadah anti panas dan meletakkan pastry diatasnya lalu di oven atau di panggang.

1 dari 8 halaman

Resep Zuppa Soup isi Jagung dan Ayam © Diadona

Walaupun terlihat mudah, banyak orang yang masih gagal membuat zuppa soup yang mekar sempurna dan lezat.  Misalnya, pastry zuppa soup yang menempel ke dalam sup tidak renyah saat dimakan.

Nah, ingin membuat zuppa soup di rumah dengan hasil mekar sempurna? Simak tips memanggangnya zuppa soup dibawah ini agar tidak gagal!

2 dari 8 halaman

Pilih Jenis Soup

Untuk membuat hidangan ini banyak jenis soup yang dapat disajikan. Mulai dari sup krim ayam, sup krim jamur, sup krim brokoli, dan masih banyak menu sup lainnya.

Namun, jenis sup yang biasa digunakan untuk membuat zuppa zoup adalah sup krim keju dan sup creamy. Bahan yang digunakan pada krim tersebut adalah bawang putih, bawang bombay, wortel, jagung, smoked beef, hingga keju.

Pemilihan jenis sup yang tepat akan menghasilkan hidangan zuppa soup yang sempurna.

3 dari 8 halaman

Gunakan Wadah Anti Panas

Zuppa soup disajikan dengan puff pastry yang renyah di atasnya yang proses memasaknya dipanggang di dalam oven agar matang. Jadi, pastikan untuk menggunakan wadah atau mangkuk khusus yang tahan panas.

Jika tidak memiliki wadah atau mangkuk anti panas, kamu bisa menggunakan aluminium foil yang dapat dibeli di toko-toko. Aluminium foil dapat menjaga kelembaban soup dan pastry serta mencegah hidangan menjadi terlalu keras dan kering saat dipanggang.

Caara ini juga dapat membuat pastry tetap renyah diluar dan lembut didalam, sehingga akan lebih cocok saat disajikan dengan sup. Mangkuk tahan panas akan membantu mempertahankan suhu panas yang lebih lama. Artinya, zuppa soup akan lebih nikmat jika dinikmati dan lebih tahan lama di suhu yang panas.

4 dari 8 halaman

Perhatikan Proses Penataan Isian dan Pastry

Tips Memanggang Zuppa Soup © Diadona

Zuppa soup yang lezat harusnya dipanggang didalam oven agar matang dan renyah. Agar hasil zuppa soup sesuai keinginan, harus diperhatikan takaran soup dan pastrynya.

Proses penataan tersebut penting dilakukan agar hasil zuppa soup tidak gagal. Tuang soup di dalam wadah anti panas sekitar ¾ dari tinggi wadah atau mangkuk. Hal ini harus diperhatikan agar dapat memberi ruang uap panas soup saat nanti dipanggang.

Setelah mangkuk diisi ¾ isian, letakkan pastry di atas mangkuk. Tata pastry yang pas dan tepat berada di tengah mangkuk.

5 dari 8 halaman

Panggang Zuppa Soup dengan Tepat

Sebelum zuppa soup di panggang, pastikan oven telah dipanaskan terlebih dahulu. Panaskan oven dengan suhu 185-200 derajat celcius. Suhu ini cukup tinggi agar melelehkan keju dan membuat pastry menjadi renyah.

Jangan lagi menambah tinggi suhu agar pastry tidak cepat gosong dan mengembang dengan sempurna. Panggang pastry sekitar 20-30 menit sampai keju meleleh dan pastry sudah terlihat mengembang. Pastikan untuk tidak meninggalkan oven tanpa diawasi agar hidangan tidak terlalu gosong dan matang sempurna.

6 dari 8 halaman

Jangan Buka Tutup Oven

Saat zuppa soup di dalam oven, pastikan terus menutup dan jangan terlalu sering membuka tutup oven. Jika hal ini dilakukan dapat mempengaruhi pastry untuk cepat mengempis.

Pastry yang mengempis akan membuat rasa dan tampilan zuppa soup semakin kurang memuaskan. Ketika tutup oven dibuka berulang kali, suhu panas yang keluar dari oven akan mempengaruhi suhu memasak di dalamnya. Hal ini dapat mempengaruhi proses pemanggangan pastry.

Hasilnya, pastry tidak renyah dan jika kamu menggunakan sup krim keju, keju tidak meleleh dengan baik. Sebaiknya buka tutup oven hanya untuk memeriksa tingkat kematangan makanan sudah siap untuk disajikan atau belum.

7 dari 8 halaman

Hidangkan Zuppa Soup dalam Keadaan Panas

Tips Memanggang Zuppa Soup © Diadona

Agar zuppa soup lebih nikmat, sajikan hidangan ini dalam keadaan masih panas. Cukup diamkan sejenak setelah dikeluarkan dari oven sampai uap panasnya hilang.

Jika sudah hilang dan cukup dingin, panaskan kembali ke dalam oven sebentar saja sekitar 10 menit lalu, kembali hidangkan selagi panas. Secara umum, hidangan yang disajikan dalam keadaan panas cenderung akan lebih nikmat si semua lapisan rasa dan aromanya.

8 dari 8 halaman

Pada sup krim yang menggunakan bawang putih, saat dalam keadaan panas akan lebih baik daripada sup yang sudah dingin. Hal ini memungkinkan sup akan lebih lezat, sementara sup yang sudah dingin cenderung menjadi lebih kental dan konsistensi tekstur sup kurang enak untuk dinikmati.

Itulah tips memanggang zuppa soup anti gagal yang bisa kamu coba di rumah. Dengan memperhatikan tips tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar