Tips Memotong Jagung Pipil, Praktis, Cepat, dan Gak Bikin Berantakan!

Reporter : Arifina
Senin, 25 September 2023 20:50
Tips Memotong Jagung Pipil, Praktis, Cepat, dan Gak Bikin Berantakan!
Perhatikan tips memotong jagung pipil agar lebih praktis saat dikonsumsi!

Tips memotong jagung pipil untuk menjadi hidangan bakwan, sup jagung, Jasuke (Jagung susu keju) dan masih banyak lainnya ternyata tidak sulit lho!

Jagung pipil pada setiap makanan dapat memudahkan kita saat mengunyah atau mengkonsumsi masakannya. Biji jagung sendiri menjadi bahan utama di setiap masakan juga, misalnya bakwan dan sup.

Namun, tetap harus dilepas atau dipisahkan dulu dari bonggolnya atau bagian bawang jagung yang tidak ada bijinya.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, biji jagung memiliki banyak warna yang beragam. Mulai dari warna kuning, merah, putih, jingga, ungu, hitam hingga kuning yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Setiap warna biji jagung yang berbeda juga memiliki kandungan yang berbeda-beda. Kandungan biji jagung kuning sama dengan kandungan biji jagung merah.

1 dari 10 halaman

Tips Memotong Jagung © Diadona

Keduanya memiliki kandungan Vitamin A dan VItamin E. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan alami yang mampu meningkatkan imun tubuh dan mencegah kerusakan degeneratif sel.

Olahan jagung bisa dinilai sebagai sumber pangan fungsional yang mempunyai manfaat menguntungkan apabila dikonsumsi sebagai makanan yang menyehatkan tubuh. Dengan merebus atau mengukus jagung lebih sehat daripada digoreng, misalnya menjadi bakwan.

Jagung yang hanya diolah dengan cara dikukus atau direbus, bisa membantu Anda yang sedang mengikuti program diet.

2 dari 10 halaman

Jagung sendiri menjadi pilihan yang baik untuk membantu program diet karena memiliki banyak manfaat. Tetapi pastikan untuk mengkonsumsi jagung menjadi bagian yang seimbang dari pola makan.

Jagung juga bisa dikombinasi dengan sayuran untuk menyeimabangi nutrisi dalam tubuh. Tanpa ada tambahan gula atau mentega, karena jagung sendiri memiliki rasa manis yang alami.

Memasak jagung yang sehat dengan cara tersebut tanpa harus banyak menambahkan lemak seperti mentega yang berlebihan, dapat membantu jagung dalam menjaga kandungan nutrisi nya.

3 dari 10 halaman

Jadi hindari menggoreng jagung atau menambahkan mentega dalam jumlah yang besar atau banyak dalam makanan.

Perlu dicatat, kandungan nutrisi pada jagung akan bermanfaat tergantung dengan cara mengolahnya dan memasaknya. Selain itu, jagung segar yang belum diolah secara lebih, memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan dengan jagung yang sudah diolah dengan tambahan gula atau lemak.

4 dari 10 halaman

Tips Memotong Jagung © Diadona

Biasanya, kebanyakan masyarakat Tanah Air mengonsumsi jagung pipil saat memaka jasuke, perkedel jagung, hingga sup jagung. Namun, kadang kala untuk mendapati hasil jagung pipil yang baik orang-orang merasa kesusahan.

Memotong jagung memang terkesan rumit. Tetapi kamu bisa memipil biji jagung hanya dengan menggunakan pisau dapur ataupun tangan lho!

Berikut ini beberapa tips memotong jagung pipil yang praktis dan anti berantankan dilansir dari berbagai sumber. Apa saja ya?

5 dari 10 halaman

Pilih Jagung yang Segar

Salah satu caracuntuk memotong jagung pipil dengan mudah, pastikan kamu menggunakan kualitas jagung yang masih segar. Ciri-ciri yang dimiliki jagung segar adalah berwarna hijau terang, kulit jagung memiliki konsistensi yang agak lembab.

Jadi, jika jagung yang akan dibeli memiliki ciri-ciri tersebut, bisa dipastikan bagian biji jagung memiliki kualitas yang baik. Namun, jika kamu membeli jagung yang sudah bersih, pilih biji jagung yang berwarna kuning cerah dan segar, tidak lupa pilih biji jagung yang tebal-tebal.

6 dari 10 halaman

Kupas Jagung dan Bersihkan Dari Rambutnya

Pastikan membuang kulit jagung dan membersihkan biji jagung dari serat atau rambutnya sampai benar-benar bersih. Setelah itu, cuci jagung sampai benar-benar bersih.

Langkah ini dilakukan agar saat jagung direbus, rambutnya tidak semakin menempel di jagungnya. Kemudian, potong bonggol jagung atau bagian bawah jagung yang tidak berbiji.

Setelah bersih dari rambut, cuci jagung di air mengalir, lalu tiriskan terlebih dulu ya!

7 dari 10 halaman

Rebus Jagung Terlebih Dahulu

Tips Memotong Jagung © Diadona

Merebus jagung terlebih dahulu sebelum memipilnuya akan membuat lebih mudah. Karena jika direbus terlebih dahulu, jagung akan berubah menjadi lunak atau empuk.

Hal tersebut lebih mudah untuk di pipil, daripada sebelum direbus. Sebab, biji jagung memiliki tekstur yang keras.

Tetapi, jangan merebus jagung terlalu lama, sebab hal itu akan membuat tekstur biji jagung keras dan rasa manis jagung hilang.

Rebus jagung sampai matang dan empuk atau sekitar 3-5 menit saja. Kemudian biarkan jagung dingin terlebih dahulu.

Karena jika langsung dipipil menggunakan tangan saat jagung keadaan panas, justru akan membakar kulit.

8 dari 10 halaman

Pastikan Menggunakan Pisau yang Tajam

Tips lain untuk memudahkan saat memipil jagung, potong jagung secara vertikal menjadi 2 bagian. Tapi, pastikan kamu menggunakan pisau yang tajam ya!

Penggunaan pisau tajam akan memudahkan saat mencungkil biji jagung dan mengurangi resiko cedera pada tangan. JIka menggunakan pisau dapur, caranya tempatkan pisau bagian yang tajam ke sela-sela jagung yang datar.

Lalu, tekan perlahan biji jagung dan geser pisau ke bagian bawah untuk mencungkil sebaris jagung dengan pisau tajam. Dorong jagung dari ujung dengan pisau sampai terlepas.

9 dari 10 halaman

Pipil Jagung Pakai Tangan

Tidak berani menggunakan pisau karena berisiko tangan teriris, maka kamu cukup menggunakan tangan saja saat memotong jagung pipil.

Caranya, setelah jagung direbus tunggu sampai dingin terlebih dahulu. Sebab, jika tidak sampai dingin, tangan Anda akan melepuh karena masih panas.

Saat memipil jagung menggunakan tangan, sebaiknya gunakan ibu jari telapak tangan. Dengan bantuan ibu jari telapak tangan, kamu akan lebih mudah memipil biji jagungnya.

Itulah tips memotong jagung pipil yang bisa membantu kamu mengolah berbagai hidangan berbahan jagung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar