Cara Membuat Sup Jagung Cream, Bening Manis, Telur, dan Ayam Kuah Kental

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 28 April 2020 19:06
Cara Membuat Sup Jagung Cream, Bening Manis, Telur, dan Ayam Kuah Kental
Cara membuat sup jagung sangatlah mudah Moms. Sajian ini sangat cocok diolah dengan telur, daging ayam dengan kuah kental.

Cara membuat sup jagung sangatlah mudah Moms. Hanya dengan bahan bumbu sederhana seperti daun bawang, bawang bombay, minyak wijen dan bumbu pelengkap rasa, sajian ini bisa langsung dinikmati bersama keluarga di rumah.

Jagung sendiri merupakan salah satu tanaman yang mengandung karbohirat selain padi dan gandum. Selain itu, jagung juga mengandung carotenoid yang bermanfaat untuk menurunkan risiko serta mencegah penyumbatan arteri, sehingga sangat penting untuk kesehatan jantung.

Yuk Moms coba buat sendiri olahan berkuah dengan melihat resep cara membuat sup jagung cream, bening manis, telur, dan ayam kuah kental yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Sup Cream Jagung

Cara Membuat Sup Jagung © Diadona

Cara membuat sup jagung pertama yang Moms bisa coba buat di rumah adalah sup cream jagung yang enak, gurih dan kental. Sajian ini juga sangat cocok untuk sang kecil loh Moms. Cara membuatnya pun juga sangatlah mudah dan tentunya anti ribet. Langsung saja simak resep cara membuat sup cream jagung berikut ini.

Bahan yang digunakan untuk membuat sup cream jagung:
- Sekaleng cream jagung manis
- Sekaleng jagung manis kemasan
- 1 buah dada ayam
- 1 buah wortel

Bahan bumbu sup cream jagung:
- 2 batang daun bawang yang telah dipotong bulat
- 2 butir telur yang telah dikocok lepas
- 1 sdm margarin untuk bahan menumis
- 100 gram bawang bombay yang telah dipotong dadu ukuran kecil
- 1 bungkus kaldu bubuk instan
- 1 sdm minyak wijen
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt lada
- 2 sdm tepung maizena yang telah dilarutkan dengan 100 ml air
- 2 liter air

Cara membuat sup cream jagung:

a. Cara membuat sup cream jagung yang pertama adalah masak hingga mendidih air di dalam panci. Masukkan bahan ayam yang sudah dicincang. Diamkan hingga ayam berubah warna menjadi pucat.

b. Sambil menunggu ayam yang dimasak dalam panci, Moms bisa memanaskan margarin dalam wajan lalu tumis bahan bawang bombay hingga harum. Beri juga kaldu ayam yang sedang direbus.

c. Proses membuat sup cream jagung selanjutnya adalah dengan memasukkan wortel, jagung dan semua bahan kecuali daun bawang, ya. Aduk-aduk bahan hingga rata.

d. Selanjutnya, masukkan telur kocok lalu aduk lagi hingga telur menyatu dengan kuah. Proses terakhir, masukkan larutan maizena untuk membuat kuah menjadi kental.

e. Masak dan aduk bahan hingga meletup-letup. Masukkan juga potongan daun bawang. Cara membuat sup jagung cream sudah selesai, angkat dan siap dihidangkan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Sup Jagung Bening

Cara Membuat Sup Jagung © Diadona

Sup Jagung bening dengan kuah segar dan aroma serta rasa gurih manis ini juga bisa diolah untuk hidangan makan sehat keluarga. Cara membuat sup jagung bening ini snagatlah simple. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat sup jagung bening berikut ini.

Bahan yang digunakan untuk membuat sup jagung bening:
- 3 buah jagung manis muda atau jiak suka, maka Moms bisa menambahkannya sesuai selera
- 3 batang wortel (300 gram)
- 1 buah bunga kol ukuran kecil (300 gram)
- 3 lembar daun bawang
- 2 butir telur ayam
- 1 batang daun seledri
- 100 gram daging sapi giling, bahan ini boleh dihilangkan ya Moms

Cara membuat sup jagung bening:

a. Persiapkan bahan cara membuat sup jagung bening, yaitu iris bahan jagung, potong juga bahan wortel membentuk bulat. Serta potong kecil, bunga kol, daun bawang dan daun seledri. Cincang halus bawang putih dan bawang merah. Kocok juga bahan telur.

b. Tumis bahan bawang putih, bawang merah dan daging sapi giling hingga harum. Tambahkan air, jagung muda, bunga kol, wortel, daun bawang dan daun seledri.

c. Tambahkan bahan pala, merica bubuk, gula dan garam. Aduk bahan hingga rata. Masak dan tunggu hingga sayurnya matang ya Moms.

d. Masukkan telur kocok, aduk hingga telur tercampur dengan sayuran. Tes rasa sesuai selera dan cek kematangan sayurnya. Angkat dan sup jagung bening siap dihidangkan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Sup Jagung Ayam

Cara Membuat Sup Jagung © Diadona

Moms juga bisa loh membuat sup jagung ini dengan tambahan ayam. Yap, bahan daging ayam yang ekonimis dan merupakan makanan sejuta umat ini sangat cocok dijadikan kaldu kuah pada olahan sup jagung. Yuk Moms, berkreasi dengan resep cara membuat sup jagung ayam berikut ini.

Bahan cara membuat sup jagung ayam:
- 3 buah jagung manis
- 2 buah paha ayam
- 2 liter kaldu ayam
- 3 siung bawang putih yang telah dicincang halus
- 75 gram maizena yang dilarutkan dengan air
- 2 cm jahe yang sudah dimemarkan
- 2 sdm kecap asin
- 4 sdt garam
- 1 batang daun bawang yang sudah dipotong ukuran 1 cm
- 2 sdt gula pasir
- 1/2 buah bawang bombay yang sudah dicincang halus
- 3/4 sdt merica bubuk
- 1 butir telur yang telah dikocok lepas
- 2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat sup jagung ayam:

a. Cara membuat sup jagung ayam yang pertama adalah dengan cara panaskan minyak dalam wajan, tumis bahan bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum.

b. Masukkan ke dalam tumisan bahan ayam yang telah dipotong. Aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tuangkan kuah kaldu dan jagung ke dalam tumisan.

c. Tambahkan bahan kecap asin, gula pasir dan merica bubuk. Asuk bahan hingga rata dan rebus hingga mendidih.

d. Masukkan larutan maizena untuk membuat kuah kental. Masak hingga kuah kental dan meletup-letup. Masukkan juga bahan kocokan telur ke dalam kuah. Aduk hingaa telur tercampur rata. Cara membuat sup jagung ayam sudah selesai dan siap dihidangkan.

Itulah resep mudah cara membuat sup jagung cream, bening manis, telur, dan ayam kuah kental yang enak dan cocok disajikan untuk keluarga. Selamat berkreasi!

Beri Komentar