9 Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas, Dijamin Tetap Segar dan Lezat!

Reporter : Arifina
Rabu, 13 September 2023 17:47
9 Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas, Dijamin Tetap Segar dan Lezat!
Buah mangga akan tetap segar dan anti berubah warna setelah dikupas dengan cara-cara berikut! Yuk, disimak!

Tips agar mangga tidak hitam setelah dikupas menjadi salah satu cara menikmati buah berwarna orange kekuningan ini dengan segar dan lezat.

Buah mangga memiliki rasa yang manis dan segar. Tak ayal, buah yang satu ini banyak difavoritkan hampir oleh semua kalangan.

Mangga biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar, namun terkadang juga diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti jus mangga, es mangga, es krim, hingga salad buah.

Buah mangga merupakan salah satu buah yang rentan berubah warna ketika sudah dikupas. Hal ini disebabkan oleh proses oksidasi yang terjadi ketika daging buah terpapar udara.

1 dari 10 halaman

Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas © Diadona

Oksigen dalam udara akan bereaksi dengan enzim yang terdapat dalam daging buah mangga, sehingga menyebabkan perubahan warna menjadi kecoklatan atau menghitam.

Jika buah mangga berubah warna, tentu dapat mengurangi selera untuk dikonsumsi. Tapi, jangan khawatir, ada berbagai cara untuk menghindari kondisi perubahan warna pada buah mangga yang sudah dikupas.

Berikut diadona.id rangkumkan tipsnya buat kamu!

2 dari 10 halaman

Pilih Mangga Kualitas Terbaik

Sebelum membeli buah mangga, pastikan kamu memperhatikan tampilan kesegaran buahnya. Jika tak ingin langsung mengkonsumsinya, carilah buah mangga yang tidak terlalu matang.

Hal tersebut bisa ditandai dengan tekstur buah mangga yang masih keras saat disentuh. Karena, mangga yang terlalu matang akan cepat berubah warna menjadi coklat.

Jika hal itu dibiarkan cukup lama, buah mangga akan cepat membusuk.

3 dari 10 halaman

Potong Mangga dengan Benar

Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas © Diadona

Jika tidak ingin buah mangga berubah menghitam, perhatikan saat proses pemotongannya. Cara memotiong buah mangga rupanya memengaruhi kesegaran daging pada buah lho!

Pastikan sebelum memotong kamu cuci dahulu buah mangga dan keringkan. Kemudian. gunakan pisau yang tajam untuk memotong mangga menjadi dua bagian secara vertikal.

Itu cara memotongnya jika ingin langsung dimakan, tetapi jika ingin disimpan, potong daging buah mangga menjadi bentuk dadu. Lalu, segera simpan buah dalam wadah yang tertutup dan taruh dalam lemari es.

4 dari 10 halaman

Rendam Mangga Dengan Air Dingin

Menghindari adanya perubahan warna kecokelatan atau menghitam pada buah mangga yang sudah dikupas, kamu bisa merendamnya dengan air dingin terlebih dahulu.

Cara tersebut dapat membantu mengurangi reaksi enzimatik pada buah mangga. Sehingga tidak membuat adanya perubahan warna menjadi coklat atu hitam.

5 dari 10 halaman

Pisahkan Mangga dengan Bijinya

Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas © Diadona

Menghindari perubahan warna pada buah mangga memang perlu perhatian khusus. Salah satunya setelah pengupasan, langsung pisahkan bagian bijinya.

Jadi, ketika mangga sudah dikupas dan dicuci pastikan kamu sesegera mungkin untuk memotongnya dan pisahkan bagian bijinya.

Hal tersebut menghindari kontak buah dengan udara luar karena dapat membantu menjaga warna buah mangga tetap cerah.

6 dari 10 halaman

Bungkus Mangga Dengan Tisu Dapur

Tisu dapur menjadi salah satu bahan yang praktis untuk dipakai menyimpan buah. Pastikan kamu menggunakan tisu dapur yang bersih agar dapat membantu menyerap kelembaban dengan maksimal dari buah yang sudah di kupas atau di potong.

Cara penggunaan ini sangatlah mudah, Setelah buah mangga dikupas dan dipotong-potong, bungkuslah dengan tisu dapur.

Kemudian masukkan pada wadah yang kedap udara atau sangat rapat. Cr ini bisa digunakn untuk menyimpan buah mangga untuk bepergin sehingga kesegarannya terjaga.

7 dari 10 halaman

Simpan Dalam Plastic Wrap

Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas © Diadona

Plastic wrap juga bis menjadi salh satu cara untuk menjaga ketahanan buah tetap segar setelah dipotong atau dikupas.

Caranya pun mudah, karena kamu hanya membutuhkan plastic wrap. Mulailan potong-potong buah mangga, lalu letakkan buah dalam wadah terbuka bagian atas.

Fungsi dari plastic wrap adalh untuk menutupnya sampai rapat. Dengan cara ini, kualitas buah akan bertahan kurang lebih selama 12 jam.

8 dari 10 halaman

Simpan di Wadah Kedap Udara

Setelah buah mangga dicuci bersih, jika tidak ingin langsung dimakan maka simpan menggunakan wadah yang kedap udara.

Tips ini dapat mencegah kontak langsung dengan udara. Selain itu, kamu bisa juga menyimpannya dalam kantong ziplock, akan tetapi pastikan untuk membuang udara pada kantong wrap sebelum direkatkan.

Saat kamu mengambil potongan buah mangga dari wadah tertutup, jangan lupa untuk secepat mungkin menutup wadah kembali ya! Hal ini untuk menghindari kontak dengan udara dan oksidasi.

9 dari 10 halaman

Bekukan di Freezer

Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas © Diadona

Menyimpan buah mngga yang sudah dikupas dan dipotong di kulkas kan membantu mempertahankan kesegarannya. Akan tetapi, jika suhu kulkas kurang pas, bisa dicoba untuk menyimpan buah-buah itu di dalam freezer.

Freezer dapat membantu buah untuk menjaga kualitas dan daya tahan buah. Namun perlu diperhatikan juga suhu dalam freezer.

Sebab, jika suhu terlalu rendah, maka kulit buah justru akan mengering. Suhu yang normal dan pas untuk menyimpan dan menjaga buah yaitu dengan suhu 3-7°c.

Cara tersebut sangat efektif untuk membantu menjaga kualitas dan daya tahan tubuh.

10 dari 10 halaman

Tambahkan Air yang Bersifat Asam

Air yang bersifat asam dapat membantu menguarangi perubahan warna pada buah mangga yangs udah dikupas. Misalnya, air persan jeruk nipis, lemon hingga jus nanas yang mengandung asam sitrat dan dapat mencegah oksidasi.

Tambahkan saja perasan air jeruk nipis atau lemon atau jus nanas ke lapisan potongan buah mangga dengan dipercikkan sedikit. Cara ini akan membuat mangga tetap segar saat dimakan.

Itulah sederet tips agar mangga tidak hitam setelah dikupas. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, proses menyimpan buah mangga kupas tak lagi khawatir berubah warna ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar