10 Tips Membuat Puding Custard, Lembut, Creamy, dan Legit Sempurna

Reporter : Arifina
Senin, 13 November 2023 16:00
10 Tips Membuat Puding Custard, Lembut, Creamy, dan Legit Sempurna
Ternyata ini rahasia membuat puding custard yang selembut sutra.

Tips membuat puding custard bisa kalian praktekkan agar hasil olahan puding buatanmu bisa selembut sutra. Puding custard merupakan salah satu dessert atau hidangan penutup yang terbuat dari telur, susu, gula, dan vanila.

Olahan dessert satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut, creamy, dan halus. Biasanya puding custard disajikan dalam bentuk cetakan atau cangkir kecil dengan saus karamel di atasnya.

Puding custard memiliki rasa yang manis dan aroma vanilla yang khas. Hidangan ini cukup populer dan terkenal di seluruh dunia karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut.

1 dari 12 halaman

Tips Membuat Puding Custard © Diadona

Tips Membuat Puding Custard © Diadona

Dilansir dari world-foodhistory.com, puding custard atau creme caramel berasal dari Perancis yang kemudian dikenal di seluruh dunia dengan nama yang berbeda-beda.

Biasanya puding custard banyak dijual di restoran atau toko roti. Namun, kalian juga bisa membuat sendiri puding custard di rumah lho.

Caranya gampang banget! Yuk simak tips berikut agar puding custard buatanmu tidak gagal!

2 dari 12 halaman

Pakai Bahan Berkualitas

Hal utama yang harus diperhatikan saat akan membuat puding custar adalah bahan-bahannya. Gunakan bahan berkualitas baik agar hasilnya juga bisa sesuai yang diinginkan.

Pilih jenis bahan telur dan susu yang masih segar agar bisa menghasilkan puding yang lezat. Susu segar dan telur yang berkualitas akan membantu menghasilkan puding dengan tekstur yang lebih halus dan creamy.

Sebaliknya, jika menggunakan bahan yang kurang berkualitas, puding akan memiliki tekstur yang kasar dan berbutir.

3 dari 12 halaman

Perhatikan Takaran Bahan

Takaran bahan yang digunakan untuk membuat puding custard merupakan hal penting yang harus perhatikan. Hal ini karena setiap bahan yang digunakan dapat mempengaruhi hasil akhir dan kualitas hidangan.

Jika menggunakan bahan terlalu banyak atau terlalu sedikit, hidangan mungkin bisa gagal dibuat. Takaran bahan yang tepat dapat membantu menciptakan konsistensi yang tepat pada puding.

Selain itu, jumlah takaran bahan juga dapat memengaruhi rasa pada puding. Rasa yang tepat akan menghasilkan puding custard yang lezat dengan tekstur terbaik.

4 dari 12 halaman

Panaskan Susu dengan Api Sedang

Puding custard terbuat dari susu yang dicampur dengan adonan telur, garam, dan vanila. Namun sebelum dicampur dengan adonan telur, susu perlu dipanaskan terlebih dahulu dengan tambahan gula pasir atau susu kental manis.

Panaskan susu dengan menggunakan api sedang saja. Susu merupakan bahan yang rentan terbakar jika dipanaskan dengan api yang terlalu tinggi.

Panas yang berlebih dapat menyebabkan terbentuknya lapisan gula yang terbakar pada bagian dasar susu sehingga dapat merusak rasa dan tekstur puding.

5 dari 12 halaman

Saring Adonan Puding

Tips Membuat Puding Custard © Diadona

Sebelum dituangkan dalam cetakan, saring terlebih dahulu adonan agar hasil puding lembut dan tidak ada sisa gumpalan bahan yang tidak tercampur rata. Gumpalan ini akan menjadi keras ketika puding dimasak.

Proses penyaringan ini akan membuat sisa gumpalan pada adonan hilang sehingga menghasilkan puding dengan tekstur yang halus dan konsisten. Selain itu, selama proses pencampuran dan pemanasan bahan biasanya akan terbentuk buih-buih pada adonan.

Dengan melakukan penyaringan, buih-buih yang terbentuk dapat dihilangkan sehingga tidak mengganggu keindahan tampilan puding ketika sudah matang.

6 dari 12 halaman

Masak Karamel dengan Api Kecil

Perhatikan saat proses pemasakan karamel untuk puding custard. Karamel terbuat dari gula yang dimasak bersama dengan air hingga meleleh dan berubah warna.

Gula merupakan bahan yang sangat rentan terhadap pembakaran. Jika gula dimasak dengan api yang terlalu tinggi, gula akan terbakar dengan cepat dan menyebabkan rasa karamel menjadi pahit.

Gula juga cenderung cepat mengkristal jika dimasak dengan api tinggi. Karena itu, gunakan api kecil saat proses memasak karamel, sehingga kristalisasi gula secara cepat dapat dicegah dan ahsilnya tidak menjadi keras saat dimasak.

7 dari 12 halaman

Hindari Memasak Karamel Terlalu Lama

Proses memasak karamel tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup hingga warnanya menguning saja karena karamel akan berubah warna menjadi sedikit menggelap setelah matang.

Jangan memasak karamel terlalu lama karena dapat menyebabkan hasilnya menjadi gosong dan pahit. Karamel yang dimasak terlalu lama akan cenderung menjadi keras dan sangat rapuh ketika dingin. Oleh karena itu, jika karamel sudah mencapai warna dan tekstur yang diinginkan, segera matikan kompor dan tuangkan karamel pada cetakan puding.

8 dari 12 halaman

Tutup Puding dengan Alumunium Foil atau Plastic Wrap

Selama proses pengukusan puding, akan terbentuk uap pada bagian atas kukusan. Untuk mencegah air dari uap tersebut masuk ke dalam adonan, maka tutup puding dengan alumunium foil atau plastic wrap.

Cara ini untuk menghiadrkan puding terkena tetesan air uap yang akan menjadi berair dan berlendir ketika matang. Selain itu, saat puding custard dikukus terkadang akan terbentuk buih-buih pada bagian permukaannya.

Buih ini dapat menyebabkan tampilan puding menjadi kurang indah dan tidak rata saat matang. Dengan memberikan penutup pada adonan, hasil permukaan puding akan menjadi lebih halus dan rata.

9 dari 12 halaman

Panaskan Kukusan Lebih Dulu

Tips Membuat Puding Custard © Diadona

Sebelum puding dikukus, pastikan untuk menyiapkan kukusannya terlebih dahulu. Panaskan kukusan hingga air kukusannya hangat saja.

Jangan sampai airnya mendidih karena dapat menyebabkan puding mengeras dan terlalu padat. Puding custard memiliki tekstur yang lembut dan creamy.

Untuk menghasilkan tekstur tersebut, maka puding harus dimasak secara perlahan dengan suhu yang tidak terlalu panas. Menggunakan air yang hangat dapat membantu mencegah puding mengeras dan matang dengan baik.

10 dari 12 halaman

Jangan Kukus Puding Terlalu Lama

Proses mengukus puding custard tidak boleh terlalu lama. Sebab, puding custard memiliki tekstur yang lembut dan creamy sehingga cukup dikukus kurang lebih 20-30 menit saja hingga permukaan puding set.

Pengukusan yang terlalu lama dapat menyebabkan puding overcooked sehingga teksturnya menjadi terlalu keras dan tidak lagi lembut. Selain itu, puding yang terlalu lama dikukus juga bisa berubah rasanya menjadi kurang enak ketika dimakan.

11 dari 12 halaman

Simpan Puding dalam Kulkas

Setelah puding matang, simpanlah ke dalam kulkas minimal selama satu jam. Hal ini bertujuan agar puding custard nge-set secara sempurna. Puding yang baru matang cenderung memiliki tekstur yang sangat lembut dan rentan hancur.

Karenanya, puding perlu didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas agar hasilnya lebih padat, namun tetap creamy dan lembut. Setelah didinginkan, puding siap disajikan. Gunakan bantuan pisau untuk mengeluarkan puding dari cetakan dan tambahkan pula saus karamel di atas puding jika kalian suka.

Mudah bukan cara membuatnya? Itulah tadi sederet tips membuat puding custard yang bisa kalian coba praktekkan di rumah. Setelah mengikuti tips di atas, puding custard buatanmu dijamin akan memiliki tekstur dan rasa yang lembut, creamy, dan lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar