9 Resep Puding Lumut Berbagai Kreasi yang Enak, Lembut dan Sederhana

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 27 Agustus 2022 02:00
9 Resep Puding Lumut Berbagai Kreasi yang Enak, Lembut dan Sederhana
Resep puding lumut sebenarnya tidak terlalu suli. Hanya saja kamu harus memperhatikan bahwa puding beneran dimasak hingga mendidih dan dituangkan di waktu yang pas di atas lapisannya

Beberapa tahun belakangan ini resep puding lumut sedang hits banget. Disebut dengan puding lumut karena berbentuk seperti lumut. Tapi saat dimakan, rasanya lembut seperti puding pada umumnya kok.

Lapisan lumut ini terbentuk dari adonan santan dan juga telur yang dipisah. Pengadukan akan sedikit banyak mempengaruhi ukuran lumut yang terbentuk. Namun di luar itu, resep puding lumut dan cara membuatnya sangat mudah kok. Selain buat camilan, kamu juga bisa membuatnya jadi ide bisnis.

Diadona udah kumpulin beragam resep puding lumut dari berbagai sumber. Kamu harus cobain salah satunya deh! 

 

1 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Coklat

Resep Puding Lumut CoklatResep Puding Lumut Coklat © cookpad.com/Tintin Rayner

Kedua rasa favorit ini menyatu dalam satu gigitan. Resep puding lumut dari Tintin Rayner ini dah dicoba ratudan kali dan enak banget lho! 

Bahan Puding lumut :

  • 2 bungkus agar swalow bening
  • 350 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 250 cc santan kental
  • 200 cc jus pandan yang dibuat dari 20 lembar daun pandan dan air blender, saring atau bisa diganti dengan pasta pandan
  • 1200 cc air
  • 3 butir telur ayam kocok lepas
  • 1 sdt esens vanilli
  • bahan puding cokelat
  • 2 bungkus agar Swalow bening
  • 1/2 kaleng SKM coklat
  • 3 sdm bubuk coklat
  • sesuai selera gula pasir
  • 1400 cc air

Cara memasak resep puding lumut :

  • Kocok lepas telur pakai garpu, campurkan semua bahan untuk puding lumut dalam 1 panci dan rebus dengan api sedang. Aduk sesekali 
  • Setelah mendidih, kecilkan api sambil menunggu 'lumut' terbentuk dengan sendirinya
  • Lalu tuang ke cetakan pudingnya

Cara membuat puding coklat :

  •  Rebus semua bahan sampe mendidih, tuang di atas puding lumut setelah lapisan puding lumut mulai berkulit

2 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Full Gula Merah

Resep Puding Lumut Gula MerahResep Puding Lumut Gula Merah © instagram.com/aguswatis/

Dengan resep puding lumut dan cara yang sederhana, kamu bisa membuat makanan penutup yang segar dan juga bercita rasa jadul.

Bahan :

  • 625 ml air
  • 1 bungkus agar agar swalow plan
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 125 gram gula merah masak dengan air 100ml
  • 125 ml santan kental
  • 1 ikat daun pandan
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam

Cara membuat :

  • Masak gula merah dengan air hingga larut saring, sisihkan.
  • Campurkan agar agar, air, larutan gula merah, garam, daun pandan yang di simpulkan dan santan kental, lalu tuang telur kocok aduk dengan whisk, masak sampai mendidih, aduk sesekaki agar motif lumutnya muncul, diamkan sebentar biar agak kental lalu tuang ke loyang biarkan dingin.

3 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Buah

 

Resep Puding Lumut BuahResep Puding Lumut Buah © instagram.com/alisa.ummuzia/

Resep puding lumut ini adalah cara baru menambah serat dan kebaikan buah dalam potongan puding yang lezat.

  • Bahan Lapisan puding buah:
  • 1 bungkus agar² bubuk
  • 150g gula pasir
  • Sejumput garam
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 750ml air
  • Buahan strawberry, kiwi,jeruk,anggur,kelengkeng

Cara membuat:

  • Campur gula, agar bubuk, air jeruk lemon dan air lalu masak sampai mendidih
  • Tata sebagian buah di permukaan cetakan puding, tuang puding sebagian perlahan, tata buah dan sisa pudding. Biarkan mengeras

Lapisan puding lumut pandan:

  • 1 bungkus agar² bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • Sejumput garam
  • 200 ml santan kara
  • 550 ml air pandan suji
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1/8 sdt vanilla

Cara membuat:

  • Campur rata semua bahan pudding, saring.
  • Masak dengan api sedang sampai mendidih (jangan terlalu sering diaduk). Tuang diatas lapisan pudding buah yg sudah ditusuk² garpu. Biarkan mengeras suhu ruang

Lapisan puding butter:

  • 1 bungkus agar² bubuk
  • 90 gram gula
  • 550ml air
  • 200 gram kental manis
  • 3 kuning telur
  • 100 gram butter
  • 1/8sdt vanilla

Cara membuat:

  • Campur agar² bubuk, gula dan air. Masak sampai mendidih. Tuang sedikit ke campuran kuning telur, butter dan kental manis yang sudah diaduk rata. Aduk cepat, lalu masukkan campuran tersebut ke campuran agar-agar di panci.
  • Aduk cepat dan masak lagi sebentar saja sambil terus aduk. Tusuk permukaan puding lumut dengan menggunakan garpu. Tuang puding butter ke atas lapisan pudding lumut, biarkan dingin suhu ruang, lalu bekukan di kulkas.

4 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Mentega Cokelat

Resep Puding Lumut Mentega CokelatResep Puding Lumut Mentega Cokelat © instagram.com/elvynnofianti/

Bingung membuat puding lumut dengan mentega atau coklat? Bagaimana bila menyatukan ketiganya saja seperti dalam resep puding lumut berikut.

Bahan Puding Lumut :

  • 250 ml air
  • 45 gram gula pasir
  • 3 gram bubuk agar putih (swallow)
  • 2 gram bubuk jelly plain (nutrijell)
  • 40 gram santan instan
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1/4 sdt pasta vanilla
  • Sejumput garam
  • 1 butir telur

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan kecuali telur dalam wadah. Aduk sampai rata dan tidak bergerindil menggunakan whisk.
  • Kocok lepas telur pakai garpu. Masukkan ke adonan dengan cara disaring. Aduk lagi sampai rata.
  • Masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dari kompor, tuang ke dalam cetakan puding.

Puding Mentega

Bahan A:

  • 1 butir kuning telur
  • 35 gram butter
  • 1/4 sdt pasta vanila
  • 55 gram SKM

Bahan B:

  • 3 gram bubuk agar putih
  • 20 gram gula pasir
  • 190 ml air

Cara Membuat:

  • Masak semua bahan B sampai mulai meletup, matikan api.
  • Ambil separuh bagian Agar, tuang ke bahan A dan aduk cepat pakai whisk, masukkan lagi ke sisa Agar B, aduk hingga mendidih. Angkat dari kompor, tuang di atas lapisan puding lumut.

Bahan Puding Cokelat :

  • 4 gram bubuk agar putih
  • 250 ml susu UHT
  • 45 gram gula pasir
  • 25 gram cokelat batang (DCC)
  • 8 gram cokelat bubuk

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan, masak sambil diaduk hingga mendidih. Tuang di atas lapisan puding kopi.
  • Kalau sudah tidak panas, masukkan ke dalam kulkas sampai set. Potong sesuai selera, sajikan.

5 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Kelapa Vla Vanila

Resep Puding Lumut Kelapa Vla VanilaResep Puding Lumut Kelapa Vla Vanila © Youtube.com/ atha naufal

Rasa gurih pandan pada resep puding lumut emang cocok banget dipadukan dengan rasa apapun. Dan salah satu yang paling lezat adalah dengan rasa agar-agar kelapa.

Puding Kelapa:

  • 1 bungkus bubuk nutrijel kelapa
  • 4 sdm gula pasir
  • Sejumput garam
  • 600 ml santan

Puding Bening:

  • 1 bungkus bubuk agar agar putih
  • 100 gram gula pasir/6-7 sdm
  • 600 ml air putih

Puding  Lumut:

  • 2 bungkus bubuk agar agar putih/hijau
  • 250 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1 sdt vanila
  • 1/2 sdt garam 
  • 1.400 ml santan 
  • 2 sdt pasta pandan

Vla Vanila:

  • 75 gram atau 5 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena
  • 500 ml susu cair
  • 1 sdt vanila

Agar lebih mudah, pantengin cara buatnya di sini.

6 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Gula Merah Lapis Roti

Resep Puding Lumut Gula Merah Lapis RotiResep Puding Lumut Gula Merah Lapis Roti © youtube.com/Diary Siska

Ada roti tawar yang bosen diolah dengan resep itu-itu aja dan hampir kadaluarsa? Kamu bisa menikmatinya dengan resep puding lumut gula merah ini.

Bahan Puding roti :

  • 2 lembar roti tawar
  • 95 gram gula pasir
  • Sejumput garam
  • 1 sachet agar-agar plain
  • 600ml santan

Puding lumut gula aren:

  • 2 butir telur
  • 200gr gula aren
  • Sejumput garam
  • 1 sachet agar-agar plain
  • 700ml santan
  • Pewarna makanan warna coklat secukupnya (opsional)

 Video pembuatannya ada di bawah ini

 

7 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut Mentega

Resep Puding Lumut MentegaResep Puding Lumut Mentega © instagram.com/uthinute/

Puding mentega adalah salah satu rasa puding yang cocok banget dipadukan dengan resep puding lumut.

Bahan :

  • 1 bungkus swalow bening
  • 150 gram gula pasir
  • 125 gr santan instan
  • 550 ml air
  • 100 ml jus pandan 
  • 2 butir kocok lepas
  • 1/4 sdt garam
  • 1.5 sdt essens vanilla

Cara membuat :

  • Campur semua bahan lalu saring supaya tidak bergelindil.
  • Masak dengan api sedang nanti otomatis nampak lumut di permukaan.

Bahan puding butter

Bahan A :

  • 3 butir kuning telur
  • 100 gram butter
  • 1 sdt essens vanilla
  • 1/2 kaleng susu kental manis (Aduk pake whisk sampai rata, sisihkan)

Bahan B

  • 1 bungkus agar swalow bening
  • 4 sdm gula pasir
  • 550 cc air putih

Cara membuat 

  • Masak semua bahan B sampai mulai meletup, matikan api.
  • Ambil separuh bagian agar, tuang ke bahan A aduk cepat pakai whisk, masukkan lagi ke sisa agar B. Aduk sampai mendidih.

8 dari 11 halaman

Resep Cake Puding Lumut Mentega

Resep Cake Puding Lumut MentegaResep Cake Puding Lumut Mentega © instagram.com/iin.primadewi/

Terdiri dari tiga lapisan yakni cake yang lembut, puding mentega dan juga puding lumut, sajian ini nggak cuman keliatan cantik tapi juga enak. Puding lumut ini cocok banget buat hampers atau hantaran.

Bahan I untuk cake

  • 130 gram susu coklat panas
  • 30 gram coklat bubuk
  • 30 gram dark chocolate, lelehkan
  • 70 gram mentega, lelehkan
  • 3 kuning telur
  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 3 putih telur
  • 1/2 sdt air lemon
  • 120 gram gula halus

Cara membuat :

Dalam bowl, campurkan susu dan coklat bubuk, aduk rata, tambahkan dark coklat dan butter, aduk rata, lalu tambahkan kuning telur, aduk kembali. Kemudian masukkan tepung sambil diayak. Aduk sisihkan. Mixer putih telur dan air jeruk nipis hingga berbuih, tambahkan gula mixer hingga firm peak. Masukkan adonan kuning telur ke putih telur, aduk balik, tuang di loyang 24cm, panggang selama 30 menit, suhu 170C. Potong pinggiran, Set ke loyang ukuran 20cm.

Bahan Puding busa mentega

  • 1 bungkus agar2 plain
  • 300gr air
  • 2 kuning telur
  • 50 gr gula halus
  • 1 sdt vanilla
  • 100gr mentega cair
  • 2 putih telur

Bahan Puding Lumut :

  • 1 bungkus agar2 plain
  • 560 gram air
  • 100ml jus pandan
  • 2 butir telur
  • 125 gram santan
  • 130 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanilla

Cara:

  • Dalam bowl, campurkan gula dan kuning telur aduk rata, tambahkan vanilla pasta lalu tuang mentega cair, aduk kembali. Dalam panci, campurkan air dan agar-agar bubuk, masak hingga panas, lalu ambil 1 sendok sayur, tuang ke adonan kuning telur 
  • Campurkan adonan kuning telur ke dalam panci, aduk cepat.
  • Dalam bowl, mixer putih telur hingga mengembang, lalu masukkan adonan kuning telur yg panas tadi ke dalam putih telur, mixer hingga rata. Tuang ke cake. Biarkan set.
  • Buat puding lumut dengan step yang sama seperti resep yang lainnya.

9 dari 11 halaman

Resep Puding Lumut ala MasterChef Indonesia

Resep Puding Lumut JerryResep Puding Lumut Jerry © Youtube.com/Jerry Andrean

Sebenernya sih secara umum, resep puding lumut dan cara membuatnya hampir tak ada beda natar satu dan yang lainnya. Biar nggak gagal, pantengin video dan tips membuatnya berikut.

Lapisan Lumut :

  • 2 butir telur
  • 120 gram gula
  • 200 ml santan kental
  • 500 ml air pandan (6-8 lembar)
  • 1 bungkus agar bening

Lapisan mentega:

  • 100 gram mentega/margarine leleh
  • 2 kuning telur
  • 120 gram gula pasir
  • 500 ml susu
  • 1 bungkus agar bening

Cara membuatnya ada di video berikut ini:

Mudah bukan resep puding lumut beserta cara membuatnya?

10 dari 11 halaman

11 dari 11 halaman

Bahan:

2 bungkus bubuk agar agar

300 gram gula merah/gula jawa

2 butir telur

80 gram skm

2 bungkus santan instan 

1200 ml air putih

1 lembar daun pandan

1/2 sdt vanila/vanili bubuk




Resep Puding Lumut Full

 

Lapisan Lumut :

2 butir telur

120 gram gula

200 ml santan kental

500 ml air pandan (6-8 lembar)

1 bungkus agar bening

 

Lapisan mentega:

100 gram mentega/margarine leleh

2 kuning telur

120 gram gula pasir

500 ml susu

1 bungkus agar bening

 

Lapisan Lumut :

2 butir telur

120 gram gula

200 ml santan kental

500 ml air pandan (6-8 lembar)

1 bungkus agar bening

 

Lapisan mentega:

100 gram mentega/margarine leleh

2 kuning telur

120 gram gula pasir

500 ml susu

1 bungkus agar bening    

 

Beri Komentar