6 Tips Membuat Puding Kaca, Segar, Anti Keruh dan Dijamin Super Bening!

Reporter : Arifina
Selasa, 31 Oktober 2023 16:00
6 Tips Membuat Puding Kaca, Segar, Anti Keruh dan Dijamin Super Bening!
Ternyata ini rahasia puding yang hasilnya bening dan transparan seperti kaca!

Tips membuat puding kaca bisa kamu terapkan agar hasil tampilan oalahn dessert buatanmu semakin menarik. Puding merupakan makanan penutup yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, gula, air, santan, telur, dan tepung maizena.

Puding memiliki berbagai varian rasa yang lezat dan biasanya disajikan bersama dengan buah-buahan, saus, krim, vla, serta es krim. Olahan puding menjadi salah satu makanan penutup favorit bagi banyak orang karena rasanya yang manis dan segar. Selain itu, puding juga memiliki banyak jenis, salah satunya adalah puding kaca.

Puding kaca merupakan hidangan penutup yang terkenal dengan tampilannya yang transparan dan bening, yang mirip seperti kaca. Variasi puding ini terbuat dari campuran bubuk agar-agar, gula, dan air yang biasanya dikombinasikan dengan berbagai varian rasa puding lain serta isian buah-buahan.

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Puding Kaca © Diadona

Puding kaca memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis menyegarkan. Selain rasanya, puding yang satu ini banyak digemari karena tampilannya yang menarik.

Seperti namanya, saat melihat puding ini, kalian bisa melihat langsung isian yang ada di dalamnya karena warnanya yang bening seperti kaca. Ternyata cara membuat puding kaca sangat mudah lho!

Namun ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan nih Diazens, agar hasilnya puding kaca tidak gagal. Berikut tips membuat puding kaca yang telah diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber. Yuk simak! 

2 dari 8 halaman

Siapkan Semua Bahan

Sebelum memulai membuat puding kaca, pastikan untuk menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Menyiapkan semua bahan sebelum memulai proses memasak merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Hal ini dapat membantu proses memasak menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Puding kaca biasanya ada yang dalamnya berisikan buah-buahan dan ada pula yang berwarna-warni.

Jika puding kaca berisi buah, maka persiapkan buah-buahan apa saja yang akan digunakan sebagai isian dan potong-potong terlebih dahulu buahnya. Sementara jika puding kaca memiliki lapisan yang berwarna-warni, persiapkan pula pewarna makanan yang akan digunakan.

3 dari 8 halaman

Gunakan Gula Pasir Putih

Puding kaca terkenal dengan tampilannya yang bening dan transparan seperti kaca. Untuk membuatnya, maka gunakanlah gula pasir yang berwarna benar-benar putih.

Memang semua gula memiliki rasa manis yang sama. Namun, jika menggunakan gula pasir yang warnanya agak kekuningan, hasil puding kaca akan berwarna keruh kekuningan pula.

Sebaliknya, jika menggunakan gula pasir yang putih, maka hasil puding kaca akan bening dan transparan.

4 dari 8 halaman

Larutkan Bubuk Agar-agar dengan Air

Tips Membuat Puding Kaca © Diadona

Ketika memasak larutan untuk membuat puding kaca, sebaiknya pisahkan pencampuran bubuk agar-agar dengan air dan gula. Larutkan bubuk agar-agar terlebih dahulu dengan air.

Hal ini dapat membantu bubuk agar-agar supaya tidak menggumpal saat dimasak bersama air dan gula. Bubuk agar-agar memiliki sifat yang cenderung membentuk gumpalan ketika langsung ditambahkan ke dalam cairan yang panas. Selain itu, melarutkan bubuk agar-agar dengan air sebelum dicampurkan juga dapat membantu proses pendistribusian agar-agar menjadi semakin merata dengan mudah ke seluruh adonan puding.

5 dari 8 halaman

Masukkan Bubuk Agar-agar setelah Air Mendidih

Cara lain agar adonan tidak menggumpal adalah masukkan bubuk agar-agar  saat air sudah mendidih. Agar-agar membutuhkan suhu yang tinggi untuk mengaktivasi sifat pengentalnya.

Karena itu, masukkan larutan bubuk agar-agar saat larutan air dan gula sudah mendidih. Cara ini dapat membantu agar-agar bisa larut dengan baik dan tidak terjadi gumpalan.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu agar-agar tercampur secara merata dalam seluruh adonan.

6 dari 8 halaman

Masak dengan Api Kecil

Besarnya api kompor yang digunakan ternyata juga berpengaruh terhadap hasil akhir puding yang dibuat. Gunakanlah api kecil saat memasak larutan untuk membuat puding kaca.

Penggunaan api kecil dapat membuat hasil puding menjadi bening dan tidak keruh. Puding kaca memerlukan pemanasan yang lembut dan kontrol suhu yang baik, hal tersebut dapat terwujud jika menggunakan api kecil saat memasak.

Apabila menggunakan api yang terlalu besar, hasil puding kaca bisa menjadi keruh dan berbintik-bintik karena pemanasan yang terlalu kuat. Menggunakan api kecil memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasil yang akan didapatkan akan sepadan, yaitu puding kaca bisa menjadi bening dan transparan seperti kaca.

7 dari 8 halaman

Jangan Langsung Tuang Puding ke Cetakan

Tips Membuat Puding Kaca © Diadona

Saat akan menuangkan adonan puding pada cetakan, sebaiknya tunggu dulu hingga uap panasnya benar-benar hilang. Diamkan adonan sebentar agar suhunya turun dan menjadi dingin.

Suhu panas adonan puding dapat merusak cetakan, apalagi cetakan yang terbuat dari plastik ataupun yang tidak tahan panas. Selain itu, adonan yang masih panas jika langsung dituangkan pada cetakan dapat menyebabkan teksturnya menjadi kurang padat dan tidak konsisten.

Bagaimana? Mudah banget kan ternyata cara membuatnya. Itulah tadi beberapa tips membuat puding kaca yang bisa kalian terapkan agar hasil puding yang kalian buat bisa sebening kaca.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P. 

Beri Komentar