14 Tips Membuat Pie Buah Mini Mengkilap, Dijamin Segar dan Lezat Banget

Reporter : Arifina
Selasa, 28 November 2023 16:07
14 Tips Membuat Pie Buah Mini Mengkilap, Dijamin Segar dan Lezat Banget
Ternyata begini rahasia membuat pie buah mini mengkilap dan segar.

Tips membuat pie buah mini mengkilap yang lezat seperti rasa restoran yang mewah bisa kamu terapkan sendiri nih! Pie buah mini bisa dijadikan menu dessert harian di rumah ataupun ide jualan yang praktis.

Pie buah mini menjadi salah satu jajanan pasar yang hadir dengan beragam varian, mulai dari isian susu atau vla hingga topping buah yang segar . Dengan aneka topping buah yang segar membuat rasa dan tampilan olahan dessert ini semakin menarik perhatian penikmatnya.

Namun, untuk mencapai hasil olahan pie buah yang nikmat, lezat dan mengkilap membutuhkan teknik dan tips khusus. Berikut tips yang bisa kamu ikuti!

1 dari 15 halaman

Perhatikan Pemilihan Bahan-Bahan

Tips Membuat Pie Buah Mini Mengkilap © Diadona

Dalam membuat pie buah mini tentunya bahan-bahan yang dibutuhkan harus tepat. Bahan-bahan yang dibutuhkan ini cukup simpel dan mudah ditemukan.

Namun, setiap bahannya harus ada beberapa pilihan agar pie buah mini lebih lezat, seperti penggunaan tepung dan margarin.

Umumnya, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, margarin, telur, susu uht, dan gula pasir. Jika dirasa bahan-bahan tersebut kurang lengkap, kamu bisa menambahkan vanili bubuk, susu bubuk, dan lain sebagainya agar rasa pie lebih lezat.

2 dari 15 halaman

Gunakan Gula Halus

Gula halus menjadi salah satu bahan yang wajib dalam pembuatan pie buah mini. Gula dapat menambah rasa manis pie buah mini agar adonan tidak tawar.

Penggunaan gula halus akan lebih mudah tercampur dan larut dalam adonan serta mempermudah kamu saat proses mengaduk adonan. Selain digunakan dalam adonan pie buah mini, kamu juga bisa menambahkan gula halus untuk taburan pie di atasnya setelah matang.

3 dari 15 halaman

Pilih Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah cenderung menghasilkan tekstur pie yang lebih lembut dan tidak keras pada bgian kulit luarnya. Sebab, kulit pie biasanya memiliki tekstur yang lebih rapuh dan lembut.

Penggunaan tepung jenis ini juga akan menghasilkan pembentukan gluten yang lebih sedikit saat adonan diolah. Sehingga akan meminimalisir  hasil kulit pie menjadi keras.

4 dari 15 halaman

Gunkan Margarin atau Mentega Dingin

Pastikan kamu menggunakan margarin atau mentega dalam keadaan dingin.
Maksudnya, sebelum dicampurkan ke dalam adonan, usahakan mentega atau margarin diletakkan di dalam kulkas terlebih dahulu.

Mentega atau margarin dingin yang dicampur dengan tepung akan menjaga potongan-potongan mentega tetap terjaga di dalam adonan. Jadi, saat adonan dipanggang, potongan tersebut akan meleleh dan menghasilkan rongga-rongga yang nantinya membuat hasil pie buah mini semakin renyah.

5 dari 15 halaman

Hindari Overmixing

Tips Membuat Pie Buah Mini Mengkilap © Diadona

Ketika semua bahan sudah disiapkan, masukkan dalam wadah yang cukup besar agar lebih mudah saat proses diaduk atau diuleni. Namun, perhatikan adonan kulit pie saat diaduk, dan pastikan tidak overmixing atau berlebihan saat mengaduknya.

Jangan terlalu keras dan terlalu lama saat mengaduknya agar tekstur adonan pie tidak keras saat sudah matang. Selain itu, potongan dan tekstur mentega yang masih utuh di dalam adonan akan membantu hasil pie lebih mengkilap saat dipanggang. Cukup campur semua bahan hingga adonan tercampur merata dan adonan terbentuk.

6 dari 15 halaman

Olesi Cetakan dengan Minyak atau Butter

Jika adonan sudah siap untuk di letakkan dalam cetakan, pastikan cetakan atau loyang pie buah sudah dioles menggunakan minyak atau butter. Tidak perlu terlalu banyak, tapi cukup oleskan di semua bagian cetakan.

Cara ini wajib dilakukan agar adonan yang sudah matang lebih mudah dilepas dan menghindari kulit pie menempel pada cetakan. Dengan bantuan butter pada bagian kulit pie, akan memberikan tekstur yang lebih renyah saat sudah matang.

7 dari 15 halaman

Tusuk Adonan Sebelum Dipanggang

Sebelum dimasukkan oven atau panggangan, jangan lupa tusuk-tusuk perlahan adonan pie yang sudah ditata pada loyang atau cetakan. Tusuk menggunakan garpu pada semua bagian kulit pie.

Cara ini agar adonan pie tidak menggelembung di beberapa bagian saat di panggang. Selain itu, menusuk-nusuk adonan akan membantu pie lbuah ebih matang merata sampai bagian dalamnya dari lubang yang telah ditusuk-tusuk pada permukaanya.

8 dari 15 halaman

Perhatikan Proses Pemanggangan

Proses pemanggangan sangat penting untuk menghasilkan pie buah yang matang sempurna. Pastikan oven yang digunakan untuk memanggang pie sudah panas sebelum proses memasak berlangsung.

Secara umum, pie buah mini membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15-20 menit dengan suhu 180-200 derajat celcius. Namun, durasi waktu tersebut tergantung dengan ketebalan kulit pie buah.

Jika kulit pie buah tebal beri tambahan waktu sekitar 20-25 menit agar matang sampai dalam. Gunakan api sedang-kecil agar kulit pie lebih renyah dan matang merata.

Jika menggunakan api besar kulit pie akan lebih cepat gosong dan kemungkinan bagian dalamnya kurang matang sempurna.

9 dari 15 halaman

Beri Isian Vla

Tips Membuat Pie Buah Mini Mengkilap © Diadona

Hasil pie buah akan lebih lezat dan menggugah selera dengan tambahan vla. Kamui bisa menambahkan vla atau buttercream untuk menambah tekstur manis dan lembut saat pie buah dimakan.

Akan tetapi, jangan terlalu banyak dan penuh saat menambahkannya karena bagian atas vla nanti akan diberi buah-buahan yang segar. Jika terlalu banyak menambahkan isian, rasa buah pie akan menjadi kurang enak.

Umumnya untuk membuat isian vla membutuhkan susu cair, gula pasir, tepung maizena, margarin, kuning telur, garam, dan vanili bubuk. Modifikasi krim vla dengan berbagai rasa agar perpaduan rasa manis dan tekstur pie yang lembut lebih menggugah selera saat dimakan.

10 dari 15 halaman

Tambahkan Sedikit Tepung pada Krim Vla

Saat membuat krim vla sendiri, tambahkan sedikit tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Tepung terigu akan membantu tekstur vla menjadi sedikit lebih padat saat sudah membentuk pada pie yang sudah matang.

Tidak perlu banyak menggunakan tepung, karena hanya akan membuat adonan vla makin set dan padat. Tetap ikuti takaran bahan sesuai resep agar menjadi isian vla yang lezat.

11 dari 15 halaman

Gunakan Susu Full Cream

Untuk membuat vla, disarankan menggunakan susu full cream untuk campurannya. Susu full cream memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga akan membantu memberikan tekstur yang lebih kaya dan kental pada tekstur vla.

Kandungan lemak pada susu full cream juga memberikan rasa yang lebih gurih pada adonan vla. Penambahan bahan ini juga akan memberikan tekstur dan rasa lebih gurih pada vla.

12 dari 15 halaman

Perhatikan Proses Memasak Vla

Usahakan untuk memasak vla menggunakan api sedang-kecil. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan tekstur dan struktur susu jika dimasak menggunakan api besar.

Susu yang dimasak menggunakan api besar kemungkinan merusak struktur dan adonan vla akan lebih cepat gosong. Isian vla yang dimasak menggunakan api sedang-kecil akan lebih cepat matang merata.

13 dari 15 halaman

Beri Topping Buah Segar

Cara Membuat Pie Buah © Diadona

Hal yang paling penting dalam membuat pie buah mini adalah pemilihan buah sebagai toppingnya. Pastikan buah-buah yang digunakan sudah bersih dan dikeringkan sebelum ditata di atas pie.

Jika buah tidak benar-benar kering, sisa atau tetesan airnya dapat merusak tekstur kulit dan isian pie. Jadi, pastikan buah sudah benar-benar kering dan bersih ya. 

Kamu bisa menggunakan buah strawberry, kiwi, blueberry, atau buah lainnya sebagai topping pie buah mini agar lebih menggugah selera dan menambah rasa yang menarik saat dinikmati.

14 dari 15 halaman

Olesi Agar-Agar Plain

Setelah pie buah matang dan sudah diberi topping buah-buahan, beri olesan agar-agar plain atau transparan pada bagian permukaan atasnya. Hal ini agar tampilan buah pie semakin menarik, mengkilap dan semakin menggugah selera.

Caranya, masak seperti biasa agar-agar plain sesuai petunjuk pada kemasan hingga matang. Kemudian, gunakan kuas khusus makanan untuk mengoles bagian permukaan atas pie buah sebelum disajikan.

Cukup olesi bagian atas pie buah hingga terlihat mengkilap. Setelah itu, pie buah siap disajikan.

Itulah tips membuat pie buah mini mengkilap, jangan lupa menerapkan tips dan cara membuatnya agar hidangan dessert ini semakin memuaskan dan menggugah selera. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar