Cara Membuat Pie Buah Ekonomis dan Anti Gagal, Cocok untuk Kue Ulang Tahun nih!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 Desember 2020 18:20
Cara Membuat Pie Buah Ekonomis dan Anti Gagal, Cocok untuk Kue Ulang Tahun nih!
Cara membuat pie buah emang agak ribet, tapi worty banget dengan renyah, gurih, reami serta segarnya sajian ini. Eh, ada tipsnya agar kulit pie kamu nggak lembek lho!

Bosan dengan kue tart untuk momen ulang tahun? Jangan bingung, kamu bisa berkreasi dengan kue ulang tahun dengan cara membuat pie buah. Selian rasanya yang enak, bentuk dan penampilannya nggak kalah menarik dengan aneka warna topping buah seuai dengan selera kamu.

Pie buah adalah makanan yang terdir dari kulit kering, tambahan vla susu dan topping buah-buahan beraneka warna, misalnya anggur, kiwi, strawberry, jeruk, dan masih banyak lagi. Warna-warna buah inilah yang nentuin keindahan pie buah. Rasa asam, manis dan segarnya buah-buahan berpadu dengan kelembutan dan gurihnya vla susu serta kriuk renyahnya kulit pie. Pie buah biasanya berbentuk bulat dengan ukuran kecil hingga lebar.

Cara membuat pie buah terdiri dari empat tahapan, yakni pembuatan kulit, vla susu, penempatan topping buah dan juga finishing berupa glaze untuk membuat buah terlihat berkilau. Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk ikuti aja resep dan cara membuat pie buah serta tips agar pie buah kamu nggak berakhir gagal, seperti yang dikumpulkan oleh Diadona dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Kue Pie Buah

Cara Membuat Pie Buah © Diadona

Kayak yang udah Diadona bahas barusan nih, cara membuat pie buah terdiri dari pembuatan kulit pie yang gurih dan lembut seperti kue kering, vla susu, menata buah dan juga glaze. Simak setiap langkahnya yuk!

Kulit pie buah ini terdiri dari adonan seperti kue kering yang kemudian dicetakan dalam cetakan pie yang berbentuk bulat kecil seperti mangkok atau lebar besar layaknya pizza. Pembuatannya dan proses pencetakan kulit pie buah ini kudu hati-hati banget agar nggak pecah saat dikeluarkan dari loyang, namun memiliki ketebalan yang cukup agar dalam sekali gigit, rasanya berpadu sempurna dengan vla susu dan buah.

Cara membuat pie buah untuk bagian kulitnya haya terdiri dari tiga bahan-bahan sederhana. Tak peru menggunakan mixer, kamu cukup menguleninya dengan tangan. Simak resep dari Natural Cooking Club berikut yuk!

Bahan
- 250 gram tepung terigu serbaguna
- 125 gram mentega
- 1/2 sdt garam
- 1 butir kuning telur atau bsia diganti dengan 5 sdm air es
- 1 butir kuning telur untuk olesan

Campurkan seluruh bahan sampai kalis dan bisa dibentuk. Ada kalanya adonan akan kering ketika dibiarkan terlalu lama dan nggak segera dicetak. Untuk menyiasatinya, tambahkan sedikit mentega.

Cetak adonan di cetakan yang udah diolesi mentega, ratakan trus tusuk bagian bawah pie dengan garpu. Panggang di api sedang selama kira-kira 20 menit untuk kulit pie ukuran kecil atau 30 menit untuk kulit pie ukuran besar. Saat setengah matang, keluarkan dari oven lalu oleskan kuning telur. Diamkan sebentar, masukkan lagi ke dalam oven.

Saat sudah matang, keluarkan dari loyang dengan hati-hati.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Vla Susu untuk Pie Buah

Cara Membuat Pie Buah © Diadona

Dalam cara membuat pie buah, vla susu punya peran penting banget menentukan rasa nikmat dari pie. Fla yang enak bakalan berasa gurih susu, harum vanilla dan juga punya tekstur yang lembut. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

- 500 ml susu cair plain
- 100 gr gula halus
- 5 kuning telur
- 30 gram tepung maizena, larutkan sedikit air
- 1 sdm mentega
- 1 sdt vanili bubuk

Pertama, masukkan kuning telur trus cairan tepung maizen dan aduk rata. Pada sebuah panci, rebus susu dan gula sampai mendidih dan lakukan di api kecil. Selanjutnya masukkan campuran telur dan maizena tadi. Setelah campuran tersebut masuk, adonan kudu diaduk dengan cepat. Setelah meletup-letup yang menandkaan vla matang, segera matikan api trus tambahkan mentega dan vanilli bubuk. Aduk sampai rata.

Vla ini kudu segera disiram ke atas kulit pie karena bila telah mengeras maka jadi susah dibentuk.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bahan Siraman Agar-Agar untuk Pie Buah

Cara Membuat Pie Buah © Diadona

Bahan berupa agar-agar ini disiramkan di atas topping buah untuk 'mengunci' buah agar berada di tempatnya sekaligus memberikan tampilan mengkilap pada permukaan buah. Cara membuat pie buah untuk bahan siraman ini gampang banget seperti membuat agar-agar biasa. Namun pastikan memasak agar-agar sampai mendidih agar bisa mengeras saat dingin.

Bahan:
- 1 sdt agar-agar putih
- 100 ml Air
- 1 sdt gula pasir

Didihkan keseluruh bahan jadi satu, siram tipis ke topping atau oleskan di bagian topping yang tak terkena siraman. Biarkan sampai dinging.

Topping pada pie buah akan menentukan tampilan dan juga rasa buah. Biasanya digunakan buah berwarna-warna misalnya kiwi untuk warna hijau, jeruk atau nanas untuk warna kuning dan strawberry yang memberikan rasa merah. Boleh juga nih memberikan buah berry untuk warna hitam. Keseluruhan bauh tersebut umumnya memberikan warna asam yang segar pada pie, ditata secara melingkar atau sesuai selera.

4 dari 4 halaman

Tips dalam Cara Membuat Pie Buah

Cara Membuat Pie Buah © Diadona

Dalam cara membuat pie buah, kamu harus memeprhatikan tips berikut agar pie buah kamu memiliki hasil yang maksimal. Apa aja?

Konsistensi adonan kulit pie harus sesuai ya. Bila terlau kering atau terlalu banyak takaran tepung, maka akan membuat kulit pie jadi keras sedangkan adonan yang terllau lembek karena kebanyakan mentega akan membuatnya 'turun'. Seperti apa? Jadi ketika adonan dioven, maka tinggi adonan dinding mangkok pie bakalan turun sehingga menyebabkan penumpukan adonan di sisi melengkung, membuatnya jadi tebal.

Biasanya nih seorong dengan warku, pie buah akan semakin lembek saat disajikan karena pasn dari vla dan bahan siraman bakalan melembutkan tekstur dari kulit pie. Atau bisa juga nih berasal dari sari buah yang keluar trus meresap ke kulit pie.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, dalam cara membuat pie buah kamu perlu oleskan coklat yang udah dicairkan ke permukaan pie buah. Setelah mengeras, coklat ini berfungsi untuk menahan cairan yang dihasilkan oleh buah untuk masuk dan meresap pada kulit pie. Pori-pori coklat beku ini kecip banget sehinga sulit ditembus air, pun juga bsia digunakan untuk meningkatkan rasa pada pie.

Cara membuat pie buah agar tidak lembek lainnya juga bisa dengan memasak buah-buahan dengan menggunakan air dan sedikit tepung maizena. Tepung maizena bakalan mengikat sari buah, menyebabkannya mengental sehingga nggak bisa teresap dalam tekstur kulit pie. Masak buah sampai matang dan keluar sarinya ya!

Nggak cuman dengan tepung maizena aja, dalam cara membuat pie buah kamu bisa memasak buah-buahan tersebut dengan gula. Caranya gimana nih? Campurkan buah-buah tersebut dengan beberapa sendok gula sampi keluar airnya. Trus masak dengan api kecil sampai teksturnya mengental. Gula bakalan mengikat air sehingga air dari saru buah nggak akan masuk dalam kulit pie plus memberikan rasa manis dan legit.

Cara membuat pie bauh emang ribet karena terdiri dari beberapa tahap. Solusinya, kamu bisa membaut kulitnya terlebih dahulu beberapa waktu sebelumnya trus simpan dai wadah tertutup, lalu bikin vla di hari ketika kamu ingin menyantapnya. Mudah saja kan?

Beri Komentar