8 Tips Membuat French Toast, Super Lembut dan Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Rabu, 15 November 2023 16:03
8 Tips Membuat French Toast, Super Lembut dan Menggugah Selera
Begini rahasia membuat french toast yang lembut seperti di cafe-cafe.

Tips membuat french toast bisa kamu perhatikan untuk dicoba di rumah. French toast merupakan hidangan yang terbuat dari olahan roti tawar yang direndam dalam campuran susu, telur, dan bahan lain yang kemudian dipanggang di atas teflon.

Menu sarapan ini memiliki rasa yang manis, gurih, dan bertekstur lembut dan garing renyah di luar. Meskipun namanya french toast, ternyata hidangan ini bukan berasal dari Perancis lho.

French toast diketahui sudah ada sejak zaman Kerajaan Romawi. Menu masakan satu ini cocok untuk dijadikan menu sarapan karena cara membuatnya yang cepat dan praktis. Kalian bisa mencoba untuk membuat french toast sendiri dengan tips berikut, yuk simak!

1 dari 8 halaman

Perhatikan Jenis Roti Tawar yang Digunakan

Ilustrasi Roti Tawar Putih © Diadona

Bahan utama dalam membuat french toast adalah roti tawar. Pilihan roti tawar yang digunakan akan mepengaruhi hasil akhir french toast yang dibuat.

Ketika akan membuat french toast, sebaiknya gunakan roti tawar yang tebal. Hal ini karena roti tawar tebal memiliki struktur yang lebih padat sehingga daya serapnya lebih baik dan tahan lama.

French toast dibuat dengan cara merendam roti tawar dalam campuran susu dan telur. Maka diperlukan daya serap yang baik dan tahan lama agar dapat memberikan kelembutan pada tekstur french toast. Selain itu, roti tawar tebal juga cenderung memiliki daya tahan terhadap panas yang lebih baik, sehingga ketika proses pemanggangan dapat menciptakan lapisan luar french toast yang renyah dan lembut di bagian dalamnya.

2 dari 8 halaman

Pastikan Takaran Susu dan Telur Seimbang

Dalam proses memasak hidangan apapun, takaran bahan yang digunakan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena dapat mempengaruhi hasil akhir dan rasa dari hidangan yang dibuat.

Begitu pula saat membuat french toast, pastikan takaran susu dan telur seimbang agar bisa menciptakan campuran yang tepat dan sesuai. Keseimbangan antara susu dan telur dapat memengaruhi rasa, tekstur, dan kelembutan french toast yang dibuat.

Jika menggunakan terlalu banyak susu atau telur, rasa dan tekstur pada french toast bisa terlalu lembek ataupun mudah hancur saat dipanggang.

3 dari 8 halaman

Tambahkan Ekstrak Vanila atau Kayu Manis Bubuk

Supaya french toast bisa semakin lezat dan sedap, tambahkanlah ekstrak vanila atau kayu manis bubuk dalam campuran susu dan telur. Menambahkan kedua bahan ini dalam adonan dapat memberikan rasa yang lebih kaya dan aroma yang menggugah selera.

Ekstrak vanila memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum, sementara kayu manis memiliki aroma dan rasa yang hangat sehingga kombinasi kedua bahan ini dapat menyempurnakan rasa dan tekstur pada french toast. Tambahkanlah ekstrak vanila dan kayu manis secukupnya saja sesuai dengan selera masing-masing.

4 dari 8 halaman

Pastikan Mengaduk Adonan hingga Rata

Tips Membuat French Toast © Diadona

Setelah semua bahan dicampur menjadi satu, saatnya proses pengadukan. Pastikan untuk mengaduk adonan hingga seluruh bahannya tercampur rata.

Hal ini penting untuk dilakukan agar bisa mendapatkan rasa yang sesuai dan merata pada setiap potongan roti. Selain itu, agar bisa mendapatkan hasil french toast yang lembut, adonan yang dibuat harus tercampur dengan baik.

Jangan sampai ada bahan yang belum tercampur rata karena dapat menyebabkan ketidakseragaman rasa dan tekstur.

5 dari 8 halaman

Jangan Rendam Roti Terlalu Lama

Bagian ini juga harus diperhatikan baik-baik agar hasil french toast tidak terlalu lembek. Merendam roti tawar untuk membuat french toast terlalu lama dapat menyebabkan tekstur roti menjadi terlalu rapuh sehingga bisa hancur saat dipanggang.

Selain itu, roti juga bisa kehilangan bentuk dan strukturnya karena menyerap terlalu banyak cairan yang kemudian bisa menyebabkan french toast sulit untuk dipanggang. Ketika merendam roti tawar cukup 20 detik saja untuk setiap sisinya. Namun jika adonannya sedikit kental, rendam selama 1-2 menit agar roti bisa menyerap cairan secara sempurna.

6 dari 8 halaman

Panaskan Teflon Terlebih Dahulu

Memanggang french toast membutuhkan suhu yang sempurna agar bisa menghasilkan tekstur yang terbaik. Oleh karena itu, sebelum memanggang french toast, panaskan teflonnya terlebih dahulu

Memanaskan teflon dapat membantu menghantarkan panas lebih baik sehingga roti bisa matang secara merata di seluruh permukaannya. Namun, jangan sampai teflon terlalu panas karena dapat mengakibatkan bagian dasar roti menjadi lebih cepat matang dan gosong. Gunakan api kecil saja saat memanaskan teflon agar suhunya tidak terlalu panas.

7 dari 8 halaman

Beri Olesan Mentega

Tips Membuat French Toast © Diadona

Mentega merupakan bahan yang biasa digunakan dalam masakan karena dapat memberikan rasa, aroma, dan tekstur yang khas. Begitu pula saat membuat french toast, beri olesan mentega saat sedang memanaskan teflon agar rasa roti yang dipanggang bisa menjadi lebih gurih, kaya, dan khas.

Selain itu, mentega juga dapat membantu memberikan tekstur yang lebih lembut dan aroma yang menggugah selera pada french toast.

8 dari 8 halaman

Pakai Api Sedang

Saat memanggang french toast, sebaiknya gunakan api sedang karena teflon sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelumnya. Panas yang berlebih dapat menyebabkan roti tawar menjadi gosong di bagian luarnya dan lembek di bagian dalamnya.

Penggunaan api sedang juga dapat membantu panas terdistribusi secara merata di seluruh permukaan teflon. Selain itu, cara ini juga akan membantu menghasilkan tekstur yang tepat pada hidangan french toast.

Mudah bukan cara membuatnya? Itulah tadi tips membuat french toast yang lezat dan lembut. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan dengan takaran yang tepat dan praktekkan tips di atas agar hasil french toast buatanmu sempurna.

Kalian juga bisa memberikan topping sesuai selera untuk menambah kelezatan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar