5 Cara Membuat Roti Bakar Nikmat Pas Buat Nyemil di Pagi Hari dan Malam Hari

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 18 November 2022 12:36
5 Cara Membuat Roti Bakar Nikmat Pas Buat Nyemil di Pagi Hari dan Malam Hari
Lembut roti, manis topping, aroma smokey yang tercampur di roti bakar bikin orang penasaran cara membuat roti bakar yang enak!

Mau sarapan tapi males makan nasi? Atau laper malam hari tapi bosen makan itu-itu aja? Roti bakar adalah solusinya! Tak hanya mengenyangkan, cara membuat roti bakar juga mudah, jadi nggak makan waktu lama!

Aroma smokey hasil bakaran, ditambah lembut roti, diselingi rasa topping yang memenuhi mulut, emang paling pas di makan sambil ngeteh atau ngopi! Yuk simak cara membuat roti bakar yang enyoi!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Bakar teflon

Cara Membuat Roti Bakar teflonCara Membuat Roti Bakar teflon © palmia.co.id

Dilansir dari palmia ada resep cara membuat roti bakar teflon buat kamu yang anti ribet!

Bahan :

Filling coklat :

  • 1 sachet minuman serbuk rasa coklat
  • 1 sdt pasta coklat
  • 1 sachet susu kental manis coklat
  • 1 sdm gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sdm Margarin Serbaguna

Dough :

  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 100 gr susu cair full cream
  • 1 sdm penuh gula pasir
  • 1 sdt ragi instant
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 30 gr Margarin Serbaguna

Cara membuat :

  • Filling Coklat : - Masukkan semua bahan ke dalam teflon datar, aduk rata hingga tepung terigunya larut semua agar hasilnya tidak bergerindil. - Masak dengan api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup lalu kecilkan apinya. - Aduk terus hingga mengental lalu dinginkan.
  • Dough : - Masukkan ke dalam mangkuk besar : tepung terigu protein tinggi, ragi instant, gula pasir, vanili bubuk dan garam lalu aduk hingga rata. - Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga jadi adonan yang kelembabannya sedang. - Tambahkan Margarin Serbaguna lalu uleni hingga rata. - Diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. - Kempiskan adonan lalu bagi menjadi 4 bagian. Sisihkan.
  • Penyelesaian : - Ambil 1 bagian dough, bulatkan lalu pipihkan. - Sendokkan secukupnya filling coklat di tengah lalu tarik semua bagian pinggir dough ke tengah dan bentuk jadi bulat. - Panaskan teflon datar lalu olesi Margarin Serbaguna tipis-tipis. Kecilkan api hingga maksimal. - Letakkan adonan yang sudah dibentuk lalu teflon datarnya ditutup. - Cek bagian bawah roti, jika sudah berwarna kecoklatan di balik. Panggang lagi hingga semua bagian matang sempurna dan kedua sisinya kecoklatan. Agar bisa matang sempurna saat memanggang bolak-balik beberapa kali.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Bakar sederhana

 

Cara Membuat Roti Bakar sederhanaCara Membuat Roti Bakar sederhana © piknikdong.com

Nah, resep selanjutnya ada resep cara membuat roti bakar sederhana yang pastinya mudah dari piknik dong!

Bahan Resep:

  • 4 lembar roti tawar kupas
  • Butter/ mentega secukupnya (bisa pake margarin)
  • Meses coklat
  • Keju untuk taburan
  • Susu kental manis/SKM secukupnya

Petunjuk Resep:

  • olesi roti: Olesi seluruh bagian roti dengan mentega
  • taburi meses dan skm: Taburi bagian dalam roti tawar dengan meses dan skm.
  • tutup roti: Tutup dengan roti tawar lainya, lakukan untuk roti yang lainnya.
  • panaskan teflon: Panaskan teflon, panggang sampai matang. Taburi skm, keju parut dan meses, sajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Bakar bandung

Cara Membuat Roti Bakar bandungCara Membuat Roti Bakar bandung © dikemas.com

Kalian pernah liat orang jualan roti bakar bandung di pinggir jalan dan penasaran cara membuat roti bakar bandung kenapa bisa enak? Dikemas.com memiliki jawabannya!

Bahan

  • 3 sdm margarin
  • Roti tawar 3 lembar
  • 3 sdm meses coklat
  • 1 sachet susu kental manis
  • Keju cheddar untuk diparut

Cara Membuat

  • Siapkan wajan atau alat pemanggang, nyalakan api.
  • Lelehkan margarin dengan api sedang.
  • Masukkan roti ke dalam wajan atau pemanggang.
  • Panggang roti hingga permukaannya mulai berwarna kecoklatan. Balik roti hingga kedua permukaannya berwarna coklat.
  • Angkat roti dan sajikan di atas piring.
  • Tambahkan taburan meses, lipat roti. Kemudian tambahkan susu kental manis dan keju parut di atasnya. Roti bakar siap disantap.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Bakar coklat keju

Cara Membuat Roti Bakar coklat kejuCara Membuat Roti Bakar coklat keju © tokomesin.com

Pecinta kombinasi coklat keju pasti suka sama resep cara membuat roti bakar coklat keju dari toko mesin ini!

Bahan-bahan :

  • 4 lembar roti tawar
  • 10 sdm susu kental manis
  • Margarin 3 sendok makan
  • Meses ceres 3 sdm
  • Keju cheddar 50 gram, parut

Cara Membuat :

  • Pertama yaitu ambillah satu lembar roti saja, taruhlah parutan roti diatasnya hingga rata sambil ditekan. Anda tuangkan susu coklat di atas keju dan taburkan meses ceres supaya rasa coklatnya makin sempurna.
  • Setelah itu, tutup dengan 1 lembar roti yang lainnya. Lakukan hal yang sama pada dua roti yang lain.
  • Siapkan teflon atau wajan yang tidak lengket. Olesi dengan mentega, kemudian panggang rotinya. Gunakan api yang sedang untuk memanggang.
  • Cara membuat roti bakar enak selanjutnya olesi sisi luar roti dengan margarin supaya matangnya nggak gosong dan gurih. Tekan dan bolak balik roti sampai beberapa kali.
  • Sambil Anda panggang, olesi 1 sendok makan margarin di sisi roti yang belum diolesi margarin sampai rata. Tekan dan balik roti, tekan-tekan kembali.
  • Setelah cukup kering dan warnanya kecoklatan, angkat dan potong 1 tangkupnya menjadi 2 bagian. Langkah cara membuat roti bakar sudah hampir selesai.
  • Terakhir, letakkan potongannya di piring saja, tambahkan keju parut dan meses ceres rasa coklat kembali supaya rasanya lebih mantap.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Bakar dari roti tawar

Cara Membuat Roti Bakar dari roti tawarCara Membuat Roti Bakar dari roti tawar © resepedia

Kamu nggak punya roti khusus yang biasa dipakai penjual roti bakar? No problemo! Resepedia punya solusi cara membuat roti bakar dari roti tawar yang gampang banget!

Bahan-bahan

  • 4 lembar roti tawar
  • Meses coklat secukupnya
  • Susu kental manis coklat secukupnya
  • Keju parut secukupnya
  • Margarin secukupnya untuk olesan dan untuk memanggang

Bahan Topping

  • Susu kental manis coklat secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Cara Memasak Roti Bakar

  • Ambil 1 lembar roti tawar. Olesi bagian dalamnya dengan margarin secara merata.
  • Taburkan meses coklat lalu beri taburan keju parut di atas meses.
  • Baru tuang susu kental manis rasa coklat di atas secukupnya.
  • Tumpuk dengan 1 lembar roti tawar lagi di atasnya. Tekan sedikit agar kedua lembar roti merekat.
  • Panggang roti bakar menggunakan toaster. Kalau tidak punya kamu bisa menggunakan teflon.
  • Jika memanggang roti menggunakan teflon, masukkan margarin sedikit saja ke dalam teflon dan tunggu hinga mencair.
  • Setelah margarin mencair, baru masukkan roti diatasnya dan panggang menggunakan api sedang sampai kelihatan bekas panggangan berwarna kecoklatan. Jangan lupa balik roti saat dipanggang.
  • Setelah matang, angkat roti bakar dan taruh dalam piring saji.
  • Beri topping susu kental manis dan taburan keju parut di atasnya.
  • Roti bakar siap disajikan selagi hangat.

Gimana Diazens? Mudah bukan? Yuk ikuti cara membuat roti bakar diatas dan menikmati nikmatnya roti bakar bersama teh atau kopi mu! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi

Beri Komentar