8 Tips Membersihkan Magic Com agar Tidak Berkerak dan Bau, Langsung Kinclong Seperti Baru!

Reporter : Arifina
Senin, 30 Oktober 2023 16:47
8 Tips Membersihkan Magic Com agar Tidak Berkerak dan Bau, Langsung Kinclong Seperti Baru!
Ingin magic com selalu terlihat baru? Begini tips membersihkannya!

Tips membersihkan magic com bisa kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum mulai melakukannya agar tidak salah langkah. Magic com atau bisa disebut juga sebagai rice cooker merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk memasak nasi.

Hadirnya magic com sangat mempermudah kehidupan manusia, terutama dalam hal memasak nasi yang merupakan makanan pokok sehari-hari. Memasak nasi dengan menggunakan magic com sangatlah mudah, praktis, dan dapat menghemat waktu. Namun, supaya magic com tetap awet dan tahan lama, perlu diperhatikan kebersihannya.

 

 

1 dari 10 halaman

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi di Magic Com © Diadona

Terlebih lagi, magic com digunakan setiap hari untuk memasak nasi. Magic com yang bersih juga menjadikan nasi tidak mudah basi. Karenanya. magic com perlu untuk dibersihkan secara teratur.

Hal ini agar keamanan dan kualitas masakan yang dihasilkan tetap terjaga. Berikut tips membersihkan magic com, yuk simak!

2 dari 10 halaman

Perhatikan Bagian Listrik Magic Com

Sebelum mulai membersihkan magic com, pastikan alat menanak nasi tersebut sudah dalam keadaan mati dan tidak teraliri listrik. Bagian listrik pada magic com tidak boleh terkena air dan basah karena dapat menyebabkan terjadinya korsleting yang berbahaya dan bahkan membuatnya menjadi rusak atau tidak berfungsi.

Sisihkan bagian listrik seperti kabel saat proses membersihkan magic com. Selain itu, berhati-hatilah saat membersihkan bagian dalam magic com karena di dalamnya terdapat elemen pemanas yang bekerja dengan aliran listrik sehingga tidak boleh basah dan harus tetap kering ketika digunakan.

3 dari 10 halaman

Pastikan Magic Com dalam Keadaan Dingin

Setelah magic com digunakan dan akan dibersihkan, biarkan terlebih dahulu kurang lebih 30 menit sampai dingin dan suhunya turun. Saat proses pembersihan, magic com harus dalam keadaan dingin karena jika masih dalam keadaan panas dapat membahayakan dan membuat permukaan anti lengket di dalamnya rusak.

Cara ini juga akan mempermudah proses pembersihan karena tidak menyebabkan rasa sakit ketika menyentuh langsung magic com yang panas. Dengn begitu, kualitas magic com juga tetap terjaga.

4 dari 10 halaman

Buka Bagian Penutup Magic Com

Tips Membersihkan Magic Com © Diadona

Magic com memiliki beberapa bagian yang bisa dibongkar dan dipasang kembali. Seperti bagian penutupnnya yang seringkali terlupakan saat membersihkan magic com, sehingga membuat kotoran menumpuk di dalamnya.

Karena itu, buka bagian penutup magic com dan bersihkan bagian penutup, dinding, dan dalamnya hingga bersih. Gunakan lap basah atau campuran sitrun, baking powder, atau cuka untuk membasmi noda dan karat yang sulit dibersihkan.

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan kembali bagian penutupnya sebelum dipasang agar tidak lembab  dan tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Selain itu, bagian penutup yang basah juga dapat memengaruhi kualitas nasi yang dimasak.

5 dari 10 halaman

Bersihkan Bagian Katup Uap

Katup uap merupakan bagian pada magic com yang berfungsi untuk mengatur tekanan dan suhu serta mengontrol pelepasan uap yang dihasilkan selama proses memasak nasi. Biasanya bagian katup ini sering tersumbat oleh sisa-sisa nasi atau uap yang mengumpul dan mengerak.

Jika dibiarkan, katup uap bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan dapat mempengaruhi proses memasak nasi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuka bagian katup uap pada magic com dan membersihkannya.

Gunakan air hangat dan bantuan alat seperti sikat atau tusuk gigi untuk membersihkan bagian katup uap agar kebersihan magic com tetap terjaga dan dapat berfungsi secara optimal.

6 dari 10 halaman

Gunakan Sitrun, Cuka, atau Baking Powder

Untuk membersihkan magic com biasanya hanya menggunakan air hangat ataupun sabun cuci piring. Namun jika ada noda membandel yang susah dibersihkan, gunakanlah sitrun, cuka, atau baking powder.

Caranya pun mudah, cukup campurkan sitrun, cuka, atau baking powder dengan air hangat kemudian gosok-gosok ke bagian noda yang sulit dibersihkan. Sitrun dan cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan noda dan bau tidak sedap yang melekat pada magic com.

Sementara baking powder dapat membantu menghilangkan kerak yang terbentuk pada magic com. Namun perlu diperhatikan saat membersihkan magic com dengan menggunakan ketiga bahan ini, sebaiknya gunakanlah sarung tangan jika kalian memiliki kulit yang sensitif dan rentan terhadap iritasi.

7 dari 10 halaman

Gunakan Lap atau Kain

Tips Membersihkan Magic Com © Diadona

Saat membersihkan magic com, gunakanlah dua buah lap kain untuk menggosok dan mengeringkan. Saat  membersihkan noda dan kotoran pada magic com dengan air hangat, sabun, atau campuran bahan lain, gunakanlah lap untuk menggosoknya.

Peraslah lap tersebut hingga lembab kemudian baru gosokkan ke bagian yang ingin dibersihkan. Setelah bersih, lap kembali bagian yang sudah dibersihkan dengan lap yang kering untuk mengeringkannya.

Penggunaan lap kain untuk membersihkan magic com merupakan pilihan yang baik karena kain tidak akan merusak permukaan atau bagian dalam magic com ketika digosokkan. Selain itu, lap kain juga dapat digunakan berulang kali sehingga lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

8 dari 10 halaman

Gunakan Sikat dan Tusuk Gigi

Selain menggunakan lap kain, kalian juga bisa membersihkan magic com dengan bantuan sikat dan tusuk gigi untuk menjangkau bagian yang kecil dan sulit dibersihkan. Elemen pemanas magic com biasanya berada di bagian bawah dan seringkali terdapat kerak nasi yang melekat di atasnya.

Dengan bantuan sikat gigi, sisa-sisa nasi yang terbakar dan mengerak di elemen panas bisa dibersihkan dengan mudah. Selain itu, bagian-bagian kecil lain pada magic com seperti katup uap dan alat pengukur juga sulit untuk dibersihkan jika hanya menggunakan lap kain. Dengan cara ini, bagian-bagian tersebut bisa dibersihkan dengan lebih mudah dan efisien.

9 dari 10 halaman

Pastikan Magic Com Kering setelah Dibersihkan

Setelah membersihkan magic com dengan menggunakan air, pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan lap untuk proses pengeringannya. Magic com yang lembab dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur.

Selain itu, sisa-sisa air yang masih menempel pada magic com juga bisa menyebabkan terjadinya korosi dan korsleting pada magic com jika tidak dikeringkan. Cara ini agar kebersihan, keamanan, dan kualitas hasil masakan nasi tetap terjaga.

Nah, itulah tadi beberapa tips membersihkan magic com yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk tetap teratur merawat kebersihan magic com minimal satu bulan sekali agar keamanan dan kualitas hasil nasi tetap terjaga. Selamat mencoba!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar