6 Rahasia Eksotisnya Pantai Goa Cina yang Harus Kamu Tahu

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 27 Januari 2020 15:10
6 Rahasia Eksotisnya Pantai Goa Cina yang Harus Kamu Tahu
Ini loh rahasia-rahasia yang ada di Pantai Goa Cina!

Malang tidak hanya dikelilingi oleh gunung dan dataran tingginya, tapi juga pantai-pantai cantiknya yang bisa kamu jadikan tempat melepas penat. Bejejer pantai yang menawarkan keindahannya dan siap memanjakanmu. Tapi, ada satu pantai yang nggak boleh kamu lewatin saat ke Malang.

Dikutip dari berbagai sumber, Pantai Goa Cina yang merupakan salah satu pantai penuh pesona di Malang. Letaknya di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini juga searah dengan Pantai Bajul Mati dan Sendang Biru. Mmebutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dari kota Malang untuk sampai di pantai ini. Keberadaan tiga pulau di tengah-tengah pantai semakin memanjakan matamu, yaitu ada Pulau Bantenganm Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Pantai Goa Cina © Diadona

1. Terdapat Goa di Bukit Karang
Keunikan Pantai Goa Cina ini lantaran sesuai namanya yang terdapat goa di bukit karang sebelah barat dari pintu masuk. Goa ini memiliki kedalaman 8 meter dan ketinggian 2 meter. Konon, goa ini dijadikan tempat bersemedi oleh seorang pemuda dari Tionghoa bernama Hing Hook. Menurut cerita yang beredar, pemuda yang juga merupakan biksu ini bertapa hingga ajal menjemputnya. Masyarakat menemukan tulang belulangnya saja dan juga tulisan mandarin kuno.

2. Fenomena Alam Langka
Selain terdapat goa, yang menjadi daya tarik pantai tersebut adalah fenomena alamnya yang langka. Di sini kamu akan menyaksikan gelombang bersimpangan yang tidak karuan dari tiga arah, yaitu selatan, timur dan barat. Menariknya lagi, gelombang ombak tersebut selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pantai Goa Cina © Diadona

3. Terdapat Tiga Pulau
Yap, seperti yang disebutkan sebelumnya pantai ini memiliki tiga pulau, yaitu Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Kamu bisa menikmati keindahan ketiganya di sepanjang pantai.

4 Panorama Epic
Masih kental dengan keasliannya, berbagai macam pepohonan termasuk pohon tutup dan cembirit berjajar rapi yang mempercantik Pantai Goa Cina. Sehingga kamu nggak perlu bingung berteduh di mana, karena banyak pohon rindang di bibir pantai. Tidak hanya penampakan air birunya yang menggoda, begitu menjajalkan kaki kamu akan merasakan kelembutan pasir putihnya. Selain berlarian di bibir pantai sambil bersandau gurau, kamu juga bisa membangun istana pasir, loh!

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Pantai Goa Cina © Diadona

5. Kaya Akan Biota Laut
Nggak cuma pemandangan di daratannya yang memesona tapi juga saking jernihnya air kamu bisa mengintip kekayaan biota di dalam lautnya. Mulai dari terumbu karang, bintang laut dan berbagai macam jenis hewan laut lainnya. Namun, ada larangan berenang loh di pantai ini. Sebab, gelombang yang sangat besar dan tinggi serta arus yang lumayan deras bisa menyeretmu ke dalam laut.

6. Cerita Mistisnya
Ternyata Pantai Goa Cina juga menyimpan cerita mistisnya. Beberapa orang yang berkunjung di malam hari sering mendengarkan suara-suara mistis seperti lolongan di tengah malam.

Wah, selain indah ternyata sejarah dan aura mistisnya juga menarik ya. Oh iya, kamu cukup ngerogoh uang sebesar Rp 5.000 saja kok untuk mendapatkan pesona Pantai Goa Cina. Apakah kamu tertarik menjelajahi pantai ini?

Beri Komentar