10 Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi di Magic Com, Awet dan Anti Bau Tengik

Reporter : Arifina
Kamis, 21 September 2023 14:07
10 Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi di Magic Com, Awet dan Anti Bau Tengik
Bagaimana sih cara mencegah agar nasi tidak cepat basi? Begini ternyata caranya!

Tips agar nasi tidak cepat basi di magic com ini bisa kamu coba terapkan kalau sering buang nasi sisa. Nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang dihasilkan dari tanaman padi yang merupakan sumber utama karbohidrat.

Nasi mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Dilansir dari alodokter.com, nasi memiliki kandungan protein, zat besi, fosfor, kalium, dan magnesium di dalamnya.

Saat ini, kebanyakan orang memasak nasi menggunakan rice cooker atau magic com. Adanya alat ini semakin mempermudah kehidupan manusia saat akan memasak dan menyimpan nasi. Namun, dalam penggunaannya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar nasi tidak cepat basi dan kering sehingga tidak perlu buang-buang nasi lagi.

Berikut diadona.id rangkumkan beberapa tips agar nasi tidak cepat basi di magic com. Yuk simak!

1 dari 11 halaman

Cuci Beras Hingga Bersih

Ilustrasi Beras © Diadona

Sebelum memasak nasi, pastikan beras sudah dicuci bersih terlebih dahulu dengan menggunakan air. Kamu bisa mencuci beras sebanyak 2-3 kali hingga debu dan kotoran yang ada di beras hilang.

Bakteri yang ada pada beras yang tidak dicuci dapat menyebabkan nasi menjadi cepat basi. Selain itu, mencuci beras tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan kotoran, tetapi juga agar menghasilkan nasi yang enak dari segi rasa dan teksturnya.

 

2 dari 11 halaman

Jangan Gunakan Panci Magic Com saat Mencuci Beras

Saat mencuci beras, jangan langsung gunakan panci magic com sebagai wadah. Gunakanlah wadah lain seperti baskom atau mangkuk untuk mencucinya.

Hal itu karena beras memiliki tekstur yang keras sehingga dapat menyebabkan panci magic com mudah terkelupas dan rusak. Panci magic com memiliki lapisan anti lengket yang berpotensi dapat membahayakan jika tergores atau rusak karena dapat larut dalam beras ketika dimasak.

Selain itu, jika lapisan anti lengket rusak, nasi juga akan lebih cepat basi karena mengering saat dimasak.

3 dari 11 halaman

Gunakan Magic Com Berkualitas

Kualitas magic com juga akan menentukan hasil ketahanan nasi. Magic com yang berkualitas akan menghasilkan nasi yang bagus, tahan lama, dan tidak cepat kering.

Pastikan untuk memilih magic com dengan dasar panci yang tebal karena dapat menahan dan mendistribusikan panas lebih baik. Dengan begitu kamu akan menghasilkan nasi dengan kualitas yang baik, tidak terlalu basah ataupun terlalu kering, karena memiliki sensor dan pengaturan suhu yang lebih baik daripada magic com biasa.

4 dari 11 halaman

Tambahkan Air Perasan Lemon

lemon © Diadona

Menambahkan air perasan lemon ke dalam beras akan membuat nasi tahan lama. Hal ini bertujuan agar tekstur nasi menjadi semakin lembut dan warnanya menjadi lebih putih sehingga nasi tidak cepat basi saat disimpan dalam magic com.

Sifat asam pada lemon dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada nasi sehingga nasi tidak akan cepat basi. Jangan takut rasa nasi menjadi asam bila diberi perasan lemon karena rasa asam akan menghilang saat proses pemasakan.

5 dari 11 halaman

Jangan Membuka Tutup Magic Com saat Nasi Dimasak

Proses memasak nasi sangat tergantung dari uap yang dihasilkan di dalam magic com. Apabila tutupnya dibuka, maka uap akan keluar dan dapat mengakibatkan nasi tidak matang dengan sempurna.

Tidak perlu mengecek nasi sudah matang atau belum dengan cara membuka tutupnya, lihatlah tombol cook dan warm pada magic com. Jika tombol yang menyala adalah warm, maka itu berarti nasi sudah matang.

Pastikan pula magic com tertutup dengan rapat karena akan menyebabkan udara mudah masuk ke dalamnya. Udara inilah yang dapat merusak nasi sehingga menyebabkan nasi menjadi lebih cepat berair dan basi.

6 dari 11 halaman

Gunakan Air Secukupnya

Air merupakan komponen yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam memasak nasi. Jumlah air yang digunakan akan berpengaruh pada rasa, tekstur, dan kepulenan nasi yang dihasilkan.

Saat memasak nasi, gunakanlah air secukupnya dan sesuai takaran. Air tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Air yang terlalu banyak dapat membuat nasi menjadi lembek dan lebih cepat basi, sedangkan air terlalu sedikit dapat membuat nasi menjadi kering dan keras.

7 dari 11 halaman

Aduk Nasi Setelah Matang

Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Setelah nasi matang, segeralah mengaduknya hingga merata. Hal ini bertujuan agar uap panas nasi dapat tersebar ke seluruh bagian sehingga nasi matang dengan sempurna dan rata.

Selain itu, mengaduk nasi setelah matang juga bertujuan agar uap air yang terperangkap dalam nasi dapat lepas dan menguap keluar sehingga nasi bisa awet dan tidak cepat basi. Jika nasi tidak diaduk setelah matang, bagian bawahnya akan menjadi lebih basah dan cepat basi.

8 dari 11 halaman

Masak untuk Porsi yang Tepat

Masaklah nasi untuk porsi yang tepat dan tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar nasi yang dimakan selalu fresh dan enak dan tidak sisa.

Nasi yang sisa dan disimpan dalam magic com terus menerus, lama-lama bisa hangus dan mengering. Selain itu, rasa nasi juga akan berubah tidak seperti nasi yang baru matang.

Sebaiknya tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama di magic com karena bisa menyebabkan nasi menjadi cepat basi. Menyimpan nasi terlalu lama dalam magic com juga bisa meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

9 dari 11 halaman

Pindahkan Nasi ke Wadah Lain

Ada baiknya menghindari menyimpan nasi di magic com seharian. Batas waktu penyimpanan nasi di magic com hanya sampai 12 jam.

Jika lebih dari itu, nasi bisa mengering, menguning, atau bahkan basi. Oleh karena itu, pindahkanlah nasi ke wadah yang memiliki food grade dan BPA free.

Selain itu, tutup rapat wadah setelah nasi tidak panas. Hal tersebut bertujuan agar nasi bisa menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

10 dari 11 halaman

Jaga Kebersihan Magic Com

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi di Magic Com © Diadona

Kebersihan merupakan hal penting yang harus dijaga, termasuk saat memasak nasi. Jagalah selalu kebersihan magic com saat setelah memasak nasi baik bagian dalam maupun bagian luarnya.

Apabila magic com tidak bersih, berpotensi untuk terkontaminasi oleh bakteri, jamur, dan kotoran lainnya sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bakteri yang ada pada magic com yang kotor juga dapat menyebabkan nasi yang dimasak menjadi cepat basi dan menghasilkan bau tidak sedap.

Nah Diazens, itu tadi sepuluh tips agar nasi tidak cepat basi di magic com yang bisa kalian coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar