8 Tips Mengukus Kue agar Tidak Bergelombang, Anti Gagal dan Bikin Rasanya Makin Lezat

Reporter : Arifina
Jumat, 22 September 2023 21:07
8 Tips Mengukus Kue agar Tidak Bergelombang, Anti Gagal dan Bikin Rasanya Makin Lezat
Pernahkah kamu membuat kue tapi hasilnya gagal dan tidak sesuai? Bisa jadi ada yang salah tuh dengan cara mengukusnya. Ternyata begini tips yang benar!

Tips mengukus kue agar tidak bergelombang bisa kamu coba apabila ingin berhasil saat membuat kue dengan tampilan yang cantik dan mengembang. Kue kukus merupakan makanan yang umumnya memiliki rasa manis dan terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan telur, gula, dan berbagai bahan perasa.

Olahan kue memiliki berbagai bentuk, rasa, dan tekstur yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Kue juga ada yang dibuat dengan cara dikukus ataupun menggunakan oven.

Cara membuat kue yang dikukus sebenarnya cukup mudah, namun kebanyakan orang seringkali gagal saat membuatnya. Hasil kue yang gagal biasanya menjadikan tampilan bergelombang, bantet, tidak mengembang, ataupun kempis.

1 dari 10 halaman

Tips Mengukus Kue agar Tidak Bergelombang © Diadona

Kue yang bergelombang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kurang tepat saat proses pembuatan ataupun pengukusan kue. Mulai dari mempersiapkan bahan hingga proses pengukusan, perlu ada hal yang diperhatikan agar hasilnya bagus dan sesuai keinginan.

Dilansir dari bakingkneads.com, salah satu penyebab kue gagal adalah menetesnya uap air dari tutup panci ke adonan kue saat dikukus. Jadi lapisi tutup panci dengan kain atau serbet agar uap air tidak langsung menetes pada adonan.

Berikut diadona.id rangkumkan tips mengukus kue agar tidak bergelombang, yuk simak!

2 dari 10 halaman

Gunakan Bahan Berkualitas

Penggunaan bahan berkualitas dalam pembuatan kue sangatlah penting. Pada saat membuat kue, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan masih fresh.

Bahan yang berkualitas juga akan mempengaruhi hasil, rasa, dan tekstur kue. Selain itu, perhatikan pula jumlah takaran bahan yang digunakan.

Apabila takarannya terlalu banyak ataupun terlalu sedikit, adonan bisa menjadi gagal.

3 dari 10 halaman

Masukkan Bahan Secara Bertahap

Tidak perlu terburu-buru pada saat proses membuat adonan kue. Masukkan bahan-bahannya secara bertahap agar pada saat diaduk adonan menjadi tercampur merata dan sempurna.

Memasukkan bahan secara bertahap ini juga bertujuan agar menghindari pembentukan gumpalan pada adonan. Proses memasukkan bahan ke adonan ini bisa dibagi menjadi beberapa tahap, misalnya seperti tepung terigu yang bisa dibagi menjadi 2-3 kali tahap.

Dengan begitu, adonan akan tercampur merata dan ketika dikukus hasilnya sempurna dan tidak bergelombang.

4 dari 10 halaman

Aduk Adonan dengan Benar

Tips Mengukus Kue agar Tidak Bergelombang © Diadona

Mengaduk adonan merupakan kunci dalam menciptakan tekstur kue yang lembut dan lezat. Oleh karena itu, perlu kesabaran dan cara yang benar dalam mengaduk adonan.

Tidak perlu mengaduk adonan terlalu kencang dan terlalu lama agar hasilnya sempurna. Hal seperti itu malah akan membuat hasil kue menjadi kempes dan bergelombang saat dikukus.

Aduklah adonan secara perlahan sampai semua bahan tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduk adonan karena dapat menyebabkan overmixing yang bisa membuat kue menjadi keras dan berat.

5 dari 10 halaman

Panaskan Kukusan Terlebih Dahulu

Menyiapkan kukusan dengan benar saat membuat kue merupakan hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi hasil akhir kue yang dibuat.

Kue yang dimasukkan pada kukusan yang belum panas dapat membuat kue mengembang lebih lama atau bahkan tidak mengembang sama sekali.

Memanaskan kukusan terlebih dahulu akan membuat suhu di dalam kukusan sudah panas secara merata. Sehingga, ketika adonan kue dimasukkan hasilnya akan mengembang sempurna dan tidak bergelombang.

6 dari 10 halaman

Gunakan Air Kukusan dalam Jumlah yang Cukup

Pada saat mempersiapkan kukusan, perhatikan jumlah air yang digunakan. Air dalam kukusan tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit karena dapat memengaruhi hasil makanan yang dikukus.

Begitu pula saat mengukus kue, apabila airnya terlalu banyak dapat menyebabkan tekstur kue menjadi lembek dan bantet. Sebaiknya gunakan air sampai setengah atau bahkan di bawah steamer agar tidak mengenai permukaan loyang kue dan hasilnya tidak bergelombang.

7 dari 10 halaman

Gunakan Api Kecil Hingga Sedang

Tips Mengukus Kue agar Tidak Bergelombang © Diadona

Ternyata penggunaan api yang besar saat mengukus dapat menyebabkan kue menjadi bergelombang. Api yang terlalu besar bisa menyebabkan kue menjadi gosong atau terbakar.

Selain itu, api yang besar juga bisa membuat kue menjadi keras dan kurang empuk karena kue mengembang terlalu cepat. Maka dari itu, gunakanlah api kecil hingga sedang saat mengukus kue agar suhu tetap stabil.

Dengan begitu kamu akan mendapati hasil kue matang secara merata serta tidak bergelombang.

8 dari 10 halaman

Hindari Membuka Tutup Panci Saat Mengukus

Pada saat mengukus kue, hendaknya jangan terlalu sering membuka dan menutup panci karena dapat mengganggu proses pengukusan dan dapat berakibat pada hasil akhir kuenya.

Hal tersebut dikarenakan apabila tutup panci dibuka dan ditutup, panas di dalamnya bisa hilang dan menyebabkan penurunan suhu. Sehingga, dapat menghambat proses pengukusan serta membuat hasil kue menjadi tidak matang secara merata.

Bersabarlah menunggu sekiranya 15-20 menit saat mengukus hingga kue matang ya.

9 dari 10 halaman

Jangan Buru-buru Mengeluarkan Kue

Salah satu kunci penting dalam memasak adalah perlunya kesabaran. Begitu pula saat kue sudah matang, jangan terburu-buru untuk mengeluarkan kue dari panci.

Kue yang sudah matang apabila langsung dikeluarkan dapat berubah menjadi kempis karena perubahan suhu yang secara drastis dan tiba-tiba.

Oleh karena itu, saat kue sudah matang matikan kompor terlebih dahulu, dan biarkan selama kurang lebih 5-10 menit agar kue menyesuaikan suhu. Setelah itu, baru keluarkan kue dan biarkan dalam suhu ruang.

Nah, gimana? Sekarang sudah tahu kan gimana tips mengukus kue agar tidak bergelombang. Coba sendiri dan lihat bagaimana hasilnya! Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar