8 Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Nikmat dan Empuk Sempurna

Reporter : Arifina
Selasa, 30 Mei 2023 17:17
8 Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Nikmat dan Empuk Sempurna
Ini nih tips agar cumi yang kamu masak tidak alot!

Bagi kamu pecinta makanan seafood, cumi-cumi kiranya masuk sebagai salah satu menu favorit. Cumi dapat diolah menjadi beragam menu lezat, mulai dari dibakar, ditumis, digoreng, hingga menjadi bahan pelengkap masakan berkuah.

Meski seakan terlihat gampang, memasak cumi tidak boleh asal ya! Untuk mendapatkan rasa cumi yang tidak alot maka kamu perlu memasaknya dengan tepat.

Tekstur cumi yang kenyal membutuhkan cara khusus untuk memasaknya agar terasa nikmat. Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak cumi agar tidak alot! Simak yuk!

1 dari 8 halaman

Pastikan Memilih Cumi yang Berkualitas

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot © Diadona

Sebelum berencana memasak cumi, maka pastikan kamu memilih yang segar dan berkualitas. Ciri-ciri cumi yang segar adalah yang tidak berbau, matanya jernih, dan daging dalamnya berwarna putih.

Cumi yang berkualitas akan menambah cita rasa yang lebih kenyal dan lezat saat sudah dimasak lho!

2 dari 8 halaman

Perhatikan Durasi Memasak

Durasi masak cumi-cumu menjadi hal penting yang memengaruhi tekstur hasil akhirnya. Mengolah cumi-cumi terlalu matang justru akan menjadikannya alot.

Sedangkan, bila dimasak terlalu sebentar, aroma amis pada cumi juga akan sangat terasa. Karena itu, disarankan memasaknya di rentang waktu 2-3 menit saja, termasuk mengolah cumi bakar.

Semantara, untuk memasak cumi goreng kamu hanya butuh 5 menit saja ya!Kalau lebih dari itu, kamu justru akan butuh waktu lebih lama untuk membuat cumi-cumi terasa empuk, sekitar 30-60 menit.

3 dari 8 halaman

Marinasi Cumi dengan Jeruk Nipis

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot © Diadona

Air perasan jeruk nipis atau lemon dinilai ampuh untuk menghilangkan rasa alot pada cumi. Selain itu, melakukan marinasi cumi dengan air tersebut akan menghilangkan aroma amis berlebihan.

Caranya, lumuri terlebih dahulu cumi-cumi dengan air perasan jeruk nipis atau lemon selama 20-30 menit. Setelah itu, baru mulai memasaknya sesuai selera ya!

4 dari 8 halaman

Letakkan Cumi di Suhu Kamar Sebelum Dimasak

Saat proses marunasi cumi, biasanya sembari menunggu bisa diletakkan di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Namun, jika langsung mengolahnya justru membuat kematangan cumi tidak sempurna.

Karena itu, pastikan sebelum mengolahnya untuk didiamkan dulu pada suhu ruangan. Jika berarir, lap dulu cumi dengan tissue dan pastikan tidak terlalu basah saat memasaknya agar rasanya tidak alot.

5 dari 8 halaman

Perhatikan Ukuran Cumi-Cumi

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot © Diadona

Memastikan rasa cumi tidak alot bisa dengan memperhatikan ukurannya saat memasak. Jika kamu menggunakan api kecil saat proses mengolahnya, maka potong cumi-cumi sekitar 12 sentimeter kurang dari takaran yang diinginkan.

Pilih berat cumi kira-kira 285 gram. Berat ini adalah potongan cumi yang lebih mudah empuk saat dimasak.

6 dari 8 halaman

Rebus dalam Durasi 1 Menit Saja

Sebelum memarinasi cumi-cumi, disarankan untuk melakukan blanching. Dalam hal ini, rabuslah cumi bersih di dalam air mendidih selama satu menit saja.

Kemudian, masukkan ke dalam air es agar proses memasak cumi terhenti. Lalu, lanjutkan marinasi cumi dengan bumbu favorit untuk olahan yang kamu inginkan.

7 dari 8 halaman

Rendam dengan Susu Semalaman

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot © Diadona

Sebelum merencanakan untuk mengolah cumi-cumi, sebaiknya melakukan perendalam semalaman. Rendam cumi dengan air susu selama semalam penuh ya!

Cara ini dapat mencegah cumi yang dimasak menjadi alot. Sehingga, hasil masakanmu empuk sempurna.

8 dari 8 halaman

Slow-Cooked Cumi-Cumi Maksimal 60 Menit

Mengolah cumi dengan bumbu yang meresap sempurna, maka kamu harus memasaknya dengan sistem slow-cooked. Tidak perlu khawatir cumi menjadi alot, karena kamu cukup mencampurkannya dengan air dan bumbu sesuai resep yang diinginkan.

Setelah itu, secara perlahan masak cumi minimal 30 menit sampai 60 menit. Jika sudah terasa empuk, angkat dan siap dihidangkan.

Itulah tips memasak cumi agar tidak alot yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar