Tips Menggoreng Cumi agar Tidak Meledak, Anti Alot dan Renyah Digigit

Reporter : Arifina
Kamis, 12 Oktober 2023 15:07
Tips Menggoreng Cumi agar Tidak Meledak, Anti Alot dan Renyah Digigit
Jangan asal ya, menggoreng cumi ternyata ada triknya nih!

Tips menggoreng cumi agar tidak meledak bisa kamu jadikan referensi saat memasak hidangan satu ini. Cumi-cumi menjadi salah satu menu makanan yang banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air.

Mengolah cumipun bisa dilakukan dengan beragam, ada yang dimasak pedas, hingga dijadikan menu camilan biasa dengan digoreng. Biasanya, kebanyakan orang akan membuat cumi goreng sebagai menu makanan yang simpel.

Tetapi, ada juga olahan cumi yang lain dan tak kalah lezat lho! Seperti, cumi asam pedas, cumi saus padang, cumi bkar, dan masih banyak lainnya. Menu dari bahan utama cumi memang bisa menghasilkan olahan masakan cumi sederhana hingga mewah.

1 dari 9 halaman

Tips Menggoreng Cumi agar Tidak Meledak © Diadona

Nah, khusus menu cumi goreng, kebanyakan orang banyak yang menggampangkan proses menggorengnya nih! Padahal, jika tidak tepat, saat menggoreng cumi justru akan meledak-ledak dan akan didapati rasa cumi yang kurang enak.

Tidak hanya itu, cipratan minyak dari cumi yang meledak saat digoreng dapat menjadikan seseorang menjadi ragu menggorengnya sendiri. Sebab, minyak panas ini cukup berbahaya dan bisa menimbulkan luka bakar jika terkena kulit.

Cara menggoreng cumi yang salah juga bisa menjadikan daging seafood satu ini terasa alot lho! Lantas, bagaimana tips menggoreng cumi agar tidak meledak?

Buat kamu di rumah yang ingin mengkreasikan memasak cumi goreng, berikut diadona.id rangkumkan tipsnya dari berbagai sumber.

2 dari 9 halaman

Wajib Ditiriskan Setelah Dicuci Bersih

Tahap awal, kamu harus bersihkan cumi dengan arir yang mengalir. Kemudian, tiriskan terlebih dahulu sebelum digoreng. Hal ini akan memengaruhi proses penggorengan cumi agar tidak meletus.

Kondisi cumi yang masih basah dapat memicu letupan-letupan saat digoreng. Karena itu, sebaiknya meniriskannya lebih dulu dengan lap atau tisu dapur untuk mengurangi airnya sehingga cumi tidak meletus saat digoreng.

3 dari 9 halaman

Hilangkan Bagian Kulit Terluar

Tips Menggoreng Cumi agar Tidak Meledak © Diadona

Cara berikutnya, perhatikan bagian luar cumi yang akan digoreng. Nah, untuk kulit terluar ini sebaiknya dibuang sebelum mengolahnya sebagai masakan.

Kulit yang masih menempel akan menyebabkan aroma dan rasa cumi tersebut lebih amis. Selain itu, kulit yang tak dibersihkan ternyata memberi ruang untuk minyak meledak saat digoreng.

Cumi-cumi bisa meledak ketika proses penggorengan karena adanya celah atau ruang kosong pada kulit yang mengembang saat terkena minyak panas.

4 dari 9 halaman

Buang Bagian Mata Cumi Sebelum Digoreng

Selain bagian kulit, area mata dari cumi-cumi disarankan pula untuk dibuang. Sebab, di bagian ini terdapat celah dan cenderung basah yang dapat menjadikan cumi akan meledak saat digoreng.

Memisahkan bagian mata cumi-cumi akan mempermudah kamu mengolah masakan satu ini lho!

5 dari 9 halaman

Goreng dengan Tepung

Tips Menggoreng Cumi agar Tidak Meledak © Diadona

Kamu tentu tak asing dengan sajian cumi goreng tepung bukan? Ternyata, melapisi cumi dengan tepung akan menjadikannya tidak meledak saat digoreng lho!

Hal ini karena, tepung dapat membuat permukaan cumi tidak basah sehingga mengurangi risiko meletus. Tak hanya itu, dengan pemberian tepung, maka cumi akan terasa lebih gurih dan renyah.

Melapisi cumi dengan tepung bumbu juga dinilai efektif mengurangi minyak terserap lebih banyak ke dalam cumi. Sehingga proses penggorangan pun lebih nyaman dan aman.

6 dari 9 halaman

Perhatikan Teknik Pemotongan Cumi

Teknik pemotongan cumi ternyata bisa mempengaruhi proses penggorengan lho. Penyebab cumi meledak saat digoreng adalah adanya ruang kosong pada kulit cumi-cumi yang mengembang saat digoreng.

Oleh karena itu, potong-potong cumi secara vertikal agar mengurangi ruang kosong pada cumi. Selain itu, sebaiknya potong cumi kecil-kecil hingga berbentuk cincin.

Potongan cumi yang besar dapat menyebabkan cumi mudah meledak saat digoreng dan teksturnya lebih keras.

7 dari 9 halaman

Goreng di Minyak Panas

Tips Menggoreng Cumi agar Tidak Meledak © Diadona

Pastikan kamu sudah memanaskan minyak hingga benar-benar panas saat akan memasukkan cumi pada penggorengan. Menggoreng cumi dengan minyak panas akan membuat cumi menjadi lebih cepat matang.

Minyak yang panas juga dapat membuat cumi menjadi lebih renyah. Dengan cara ini, kamu tak perlu menggoreng cumi dengan waktu yang lama. Cukup 2-3 menit saja agar teksturnya tidak terlalu keras dan berminyak. 

8 dari 9 halaman

Beri Sedikit Tepung

Supaya saat menggoreng cumi tidak meledak, berikan taburan sedikit tepung terigu pada minyak sebelum cumi dimasukkan. Tepung terigu dapat membantu menyerap kandungan air pada cumi yang digoreng lho!

Sehingga saat proses menggoreng cumi, minyak tidak akan meledak. Selain itu penambahan tepung juga dapat membantu agar cumi tidak menempel dan lengket pada wajan saat digoreng.

Cukup tambahkanlah taburan tepung sekitar 1 sendok teh saja agar minyak tidak meledak dan lengket saat proses menggoreng cumi ya!

Nah itulah tips menggoreng cumi agar tidak meledak yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Arifina dan Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar