7 Tips Memasak Beras Merah, Pulen Banget dan Nikmat

Reporter : Arifina
Rabu, 7 Juni 2023 18:27
7 Tips Memasak Beras Merah, Pulen Banget dan Nikmat
Begini tips agar beras merah yang dimasak bisa pulen!

Beras merah menjadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan sebagai pilihan kabohidrat yang menyehatkan. Dibandingkan dengan nasi putih biasa, nasi dari beras merah mengandung banyak serat, mineral dan vitamin berlimpah.

Namun, masih banyak orang kurang menyukai nasi merah. Hal itu, karena tekstur dan rasanya yang dianggap tidak selezat dan sepulen nasi putih biasa.

Padahal, jika memasak dengan tepat, nasi merah juga bisa pulen dan tak kalah nikmat dari nasi putih biasa lho! Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak beras merah.

1 dari 7 halaman

Perhatikan Cara Mencuci Beras Merah

Tips memasak beras merah © Diadona

Cara mencuci beras merah sebenarnya sama saja dengan beras putih, Namun, pastikan kamu mencucinya tidak terlalu lama ya!

Cukup lakukan 2 sampai 3 bilasan saja saat mencuci beras merah. Sebab, jika terlalu lama dibilas dikhawatirkan menghilangkan kandungan nutrisinya.

2 dari 7 halaman

Perbanyak Takaran Kadar Air

Beras merah cenderung memiliki tekstur lebih keras dibandingkan beras putih. Karena itu, untuk mendapati nasi merah yang pulen harus memperbanyak takaran airnya.

Takaran air yang dianjurkan memasak beras merah yaitu 3:1. Misalnya, kamu memasak 1 cangkir beras merah maka guankan setidaknya 3 cangkir air.

3 dari 7 halaman

Rendam Dulu 30 Menit

Tips memasak beras merah © Diadona

Sebelum mulai menanak nasi secara manual ataupun menggunakan rice cooker, disarankan untuk merendam beras merah selama kuran lebih 30 menit. Cara ini akan membuat tekstur beras menjadi lebih lunak.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan rasa nasi merah yang lebih pulen dan enak.

4 dari 7 halaman

Lakukan Pemangganan Pada Beras Merah

Memanggan beras merah sebelum dimasak akan membuat rasa khas kacang dari beras merah lebih kuat. Caranya pun mudah, kamu cukup menyiapkan wajan atau teflon.

Kemudian, tuang beras ke dalamnya dan tumis dengan minyak zaitun. Selanjutnya, baru tambahkan air dan aduk hingga harum.

5 dari 7 halaman

Campur dengan Beras Putih

Tips memasak beras merah © Diadona

Cara lainnya, campurkan beras merah yang akan dimasak dengan beras putih. Tujuannya, agar tekstur dan rasa dari nasi merah lebih nikmat dan mendekati rasa nasi pada umumnya.

Namun, campuran beras putih jangan terlalu berlebihan ya. Sebaiknya, kamu gunakan perbandingan 1:2, dimana beras merahnya lebih banyak. Jangan lupa juga untuk mengurangi kadar airnya biar rasanya pas!

6 dari 7 halaman

Tambahkan Sejumput Garam

Selain teksturnya yang keras, rasa beras merah dinilai terlalu hambar. Nah, untuk mendapati rasa nasi merah yang gurih dan pulen kamu bisa menambahkan sejumput garam saat memasaknya.

Takarannya jangan terlalu banyak, agar tidak terlalu memengaruhi tingkat rasa keasinan pada nasi.

7 dari 7 halaman

Diamkan Beberapa Menit

Tips memasak beras merah © Diadona

Jika proses memasak nasi sudah matang, dianjurkan untuk mendiamkan dulu sejenak selama 5-10 menit. Proses ini disebut juga mengistirahatkan nasi agar memaksimalkan proses penyerapan air.

Cara ini juga membuat tekstur nasi merah yang dihasilkan tidak terlalu lembek. Setelah didiamkan, aduk nasi agar tidak menempel pada dinding rice cooker. Pastikan selalu disimpan dalam kondisi hangat ya!

Itulah sederet tips memasak beras merah agar pulen. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar