6 Tips Rebus Telur Setengah Matang, Anti Gagal dan Nikmat Disantap

Reporter : Arifina
Rabu, 31 Mei 2023 18:17
6 Tips Rebus Telur Setengah Matang, Anti Gagal dan Nikmat Disantap
Begini trik agar telur setengah matang pas sempurna.

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air. Memasaknya pun beragam, mulai dari direbus dengan tingkat kematangan sempurna, merebus setengah matang, digoreng, hingga dijadikan campuran menu makanan lainnya.

Nah, telur rebus setengah matang cukup banyak digemari di Indonesia. Tekstur yang lembut dan kuning telur yang masih cair di bagian tengahnya, bagi penyukanya akan menjadikan cita rasa tersendiri yang nikmat.

1 dari 7 halaman

Tips Rebus Telur Setengah Matang © Diadona

Namun, untuk mendapati hasil telur setengah matang yang sempurna perlu trik khusus. Sebab, jika gagal cita rasa yang dihasilkan pun berbeda dari yang diinginkan.

Kamu hanya perlu memperhatikan tekniknya dengan tepat. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips merebus telur setengah matang!

2 dari 7 halaman

Didihkan Air dalam Panci

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas © Diadona

Tips pertama memasak telur setengah matang, kamu harus mendidikan air dalam panci terlebih dahulu menggunakan api sedang. Pastikan jumlah air yang cukup untuk menutupi telur sepenuhnya ketika dimasukkan ke dalam panci.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Suhunya

Tips Rebus Telur Setengah Matang © Diadona

Jika air sudah mendidih, kurangi sedikit api agar air tidak terlalu bergolak. Hal ini akan membantu menjaga agar telur tidak pecah saat proses direbus nantinya.

4 dari 7 halaman

Beri Sejumput Garam

Tips Rebus Telur Setengah Matang © Diadona

Saat sudah mendidih, tambahkan sejumput garam ke dalam air. Cara ini untuk meningkatkan titik didih air.

Garam akan menjadikan molekul air lebih sulit menguap, sehingga air yang direbus bisa mendidih lebih lama.

5 dari 7 halaman

Masukkan Telur ke Dalam Air Mendidih dengan Hati-Hati

Tips Rebus Telur Setengah Matang © Diadona

Perhatikan saat memasukkan telur yang akan direbus dengan hati-hati ke dalam air yang sudah mendidih. Gunakan penjepit atau dengan sendok untuk memasukkan telur satu per satu ke dalam air yang sudah dipersiapkan.

6 dari 7 halaman

Pastikan Merebus Telur dalam Waktu 6,5 Menit Saja

Tips Rebus Telur Setengah Matang © Diadona

Untuk mendapati hasil telur setengah matang sempurna, perhatikan berdasarkan waktu. Pastikan kamu merebusnya hanya dalam waktu 6,5 menit saja.

Nyalakan timer atau pengukur waktu agar kamu waktu merebusnya pas dan tidak terlalu lama. Sehingga kamu akan mendapati hasil telur setengah matang yang tepat. 

7 dari 7 halaman

Rendam Telur dalam Air Es Selama 2 Menit

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas © Diadona

Siapkan baskom yang berisi air es. Setelah telur direbus dalam 6,5 menit, langsung pindahkan ke dalam baskom tersebut dan diamkan selama kurang lebih dua menit.

Perendaman telur ini untuk memudahkan kamu dalam proses pengupasan telur. Sehingga didapati hasil telur setengah matang yang cantik dan mulus.

Itulah sederet tips merebus telur setengah matang. Selamat mencoba dna semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar