Selain untuk Progam Hamil, Ini adalah 5 Manfaat Beras Merah untuk Bumil

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 25 Juni 2020 18:32
Selain untuk Progam Hamil, Ini adalah 5 Manfaat Beras Merah untuk Bumil
Wah, ini ho moms alasannya..

Selain bagus untuk orang yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, beras merah juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Agar kondisi bayi tetap sehat dan berat badan ibu hamil tetap stabil, ibu hamil bisa mengonsumsi beras merah sebagai makanan pokok selama kehamilan.Terlebih lagi masa-masa kehamilan dibutuhkan sumber makanan yang mengandung kaya akan serat. Berikut ini adalah kelebihan dari beras merah untuk ibu hamil

1 dari 5 halaman

Meningkatkan kesuburan

Beras merah tinggi serat dan vitamin B. Karenanya, beras merah baik dikonsumsi untuk mengendalikan gula darah dan meningkatkan kesuburan. Seratnya dicerna lebih lambat ketimbang nasi putih. 

Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, yang dapat melancarkan siklus ovulasi perempuan. Kesuburan perempuan pun meningkat karenanya. Konsumsi rutin beras merah dipercaya dapat menurunkan risiko infertilitas anovulasi.

2 dari 5 halaman

Membentuk sel darah janin

Ibu hamil membutuhkan sel darah  untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Sedangkan sel darah yang dibutuhlah ialah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit Ketiga sel-sel itu haruslah mencukupi tubuh ibu hamil.

Namun jika salah satu sel tidak tercukupi maka akan membuat Mama jadi lemas.

3 dari 5 halaman

Mengembangkan otak dan syaraf janin

Manfaat lain dari beras merah yaitu membantu Mama untuk mengembangkan otak dan saraf bayi.

Sedangkan saat bayi lahir Mama akan lebih mudah untuk mendapatkan hal-hal yang akan diperolehnya di dunia luar. 

4 dari 5 halaman

Sumber energi untuk ibu hamil

Beras merah yang mengandung tinggi akan karbohidrat merupakan asupan makanan memberi rasa kenyang lebih lama dibanding beras putih, sehingga memberikan energi yang cukup pada ibu hamil.

Badan pun jadi tidak cepat lelah, selain itu Kenaikan gula darah pada tubuh menjadi lebih stabil sehingga Mama tidak mudah merasa lelah.

5 dari 5 halaman

Mengelola mood ibu hamil

Secara tak langsung, beras merah bermanfaat bagi kesehatan mental. Karena perubahan hormon dan kecemasan, sangat mudah bagi wanita yang menjalani program hamil untuk merasa stres atau tertekan secara emosional. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teratur beras merah dapat membantu mengelola gangguan mood, tahap-tahap depresi, hingga kelelahan.

Beri Komentar