16 Manfaat Beras Merah untuk Bayi, Diet, hingga Kecantikan

Reporter : Sofi
Rabu, 29 Januari 2020 12:23
16 Manfaat Beras Merah untuk Bayi, Diet, hingga Kecantikan
Beras merah yang diketahui manfaatnya bisa untuk diet, ternyata juga bisa untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat beras merah.

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Nasi yang biasa dikonsumsi orang Indonesia adalah nasi putih. Padahal masih banyak macam beras yang lebih sehat, seperti beras merah.

Beras merah menajdi lebih sehat daripada beras putih karena Hal ini disebabkan karena beras merah belum mengalami proses penggilingan sepenuhnya. Manfaat beras merah didapatkan karena belum digiling sepenuhnya, sehingga masih mengandung serat dan beberapa nutrisi lainnya. Saat beras putih masih bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh, beras merah sebaliknya. Berikut adalah manfaat beras merah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Beras Merah untuk Bayi

ilustrasi bayi makan © Diadona

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengonsumsi beras merah. Berikut adalah manfaat beras merah untuk bayi.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat beras merah untuk bayi yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi beras merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kesehatan tulang tentunya sangat penting karena dapat meningkatkan kekuatan bayi dalam beraktivitas dan tumbuh kembangnya. Hal ini bisa didapatkan karena beras merah kaya akan kalsium dan magnesium yang penting bagi kesehatan tulang.

Mengandung serat tinggi

Nasi tentunya akan memberi bayi kamu nutrisi seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Namun perlu diperhatikan jenis nasi apa yang dikonsumsi. Kamu bisa memilih nasi merah atau beras merah yang lebih kaya kandungan nutrisi daripada nasi putih.

Selain itu, nasi putih hanya mengandung karbohidrat sederhana. Beras merah lebih baik karena memiliki kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Jadi mulai dari sekarang bayi kamu bisa mencoba untuk mulai mengonsumsi beras merah, karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat beras merah adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nasi merah kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi tersebut baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga baik untuk kesehatan dan membuat bayi kamu terhindar dari penyakit.

Bahkan mineral zinc yang ada di dalam beras merah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

Kenyang lebih lama

Manfaat beras merah adalah bisa membuat atau kenyang lebih lama. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah dan kentang bisa membuat bayi kamu kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah.

2 dari 3 halaman

Manfaat Beras Merah untuk Diet

Ilustrasi Diet © Diadona

Beras merah dipercaya sebagai beras untuk diet. Mengapa demikian? Berikut adalah manfaat beras merah untuk diet.

Mengandung vitamin yang lebih banyak

Beras merah lebih sehat karena memiliki kandungan vitamin B yang bisa membantu pembentukan sel darah merah, sterotonin, dan metabolisme karbohidrat. Selain itu kandungan mineral seperti mangan, zinc, dan zat besi dalam beras merah juga sangat bermanfaat untuk kebugaran dan daya tahan tubuh pun meningkat.

Mengandung Indeks Glikemik yang rendah

Indeks Glikemik bisa diumpakanan sebagai kandungan yang bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Beras merah memiliki 50-55 indeks glikemik, sedangkan beras putih yakni 56-78. Itu berarti beras merah mengandung indeks yang lebih. Jadi, secara ilmiah nasi merah lebih baik dikonsumsi karena kamu tidak perlu khawatir terkena diabetes dan bertambahnya berat badan.

Mengandung gizi yang tinggi

Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki kulit luar yang kaya akan nutrisi, baik itu mineral, serat, dan berbagai vitamin lainnya. Dan kita masih bisa memakan kulit luar tersebut sebab beras merah tidak diracik melalui peroses penggilingan. Dengan kata lain jika sudah menjadi nasi, maka tubuh bisa mendapatkan gizi yang tinggi dari beras merah.

Mengandung serat tinggi

Dengan serat yang dikonsumsi, maka akan membantu membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga akan mencegahmu dari rasa ingin makan kembali. Selain itu beras merah juga akan memberimu suplai energi secara bertahap sesuai kebutuhan sehingga asupan kalori dapat terpakai lebih efisien dan tidak menumpuk menjadi lemak.

Nah, dari keempat kandungan pada beras merah tersebut, kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa beras merah bisa membantu program dietmu. Tapi kamu harus tahu cara mengonsumsinya, yakni harus menerapkan pola makan yang sehat dan rendah lemah. Kamu pun cukup mengonsumsi beras merah sehari tiga kali saat makan berikut ini.

1. Saat sarapan

Sarapan sangat dibutuhkan oleh semua orang agar tubuhnya bisa tetap memiliki energi untuk mejalani aktivitas kesehariannya. Sewaktu sarapan kamu hanya perlu 5 sendok nasi merah dan sayuran sebagai lalapannya. Jika bisa tambahkan juga 1 gelas jus buah untuk melengkapinya.

2. Saat makan siang

Nah, seperti pada umumnya, makan di siang hari pastinya memerlukan porsi yang lebih banyak ketimbang sarapan. Makanlah seperti biasa pada umumnya, dan usahakan untuk lauknya seperti telur, ikan, dan dada ayam agar tidak membuatmu gemuk. Dan ingat, makanan yang kamu konsumsi harus direbus atau dikukus karena lebih sehat dan rendah lemak.

3. Saat makan malam

Pada malam hari kamu disarankan untuk cukup mengonsumsi setengah porsi nasi merah yang bisa ditambah dengan pilihan lauk seperti salmon panggang, sop sayur bayam bening, dan tumis sayur dan tahu.

Nah, pola makannya harus seperti itu dan imbangi juga dengan olahraga. Karena hanya dengan nasi merah saja tidak akan menjamin berat badan bisa menurun.

3 dari 3 halaman

Manfaat Beras Merah untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Tidak hanya kesehtaan, manfaat beras merah ini juga bisa untuk kecantikan, lho! Berikut adalah manfaat beras merah untuk kecantikan yang dilansir dari doktersehat.com.

Menjaga kelembapan kulit

Manfaat beras merah untuk kecantikan wajah yang pertama adalah mampu menjaga kelembapan kulit dan mengontrol minyak. Perawatan wajah menggunakan beras merah memang cenderung direkomendasikan untuk jenis kulit normal dan kombinasi yang cenderung berminyak.

Kandungan dalam beras merah akan membantu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Pada kulit normal, beras merah akan mampu mengunci kelembapan pada kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang normal, jangan takut kulit menjadi kering dengan menggunakan masker beras merah ini.

Membersihkan wajah secara maksimal

Manfaat beras merah selanjutnya adalah sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Scrub beras merah akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga sisa kotoran di wajah. Hasilnya wajah akan menjadi lebih cerah dan juga terhindar dari kulit kusam. Selain itu, scrub beras merah juga akan membantu untuk mengangkat komedo yang ada di wajah.

Meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini

Penggunaan masker beras merah secara rutin dapat membantu menjaga kulit lebih kencang dan juga kenyal. Wajah cantik kamu pun bisa terlihat menjadi lebih muda dan juga terhindar dari penuaan dini. Kandungan selenium dalam beras merah sangat bagus sebagai antiinflamsi dan juga dapat mempertahankan elastisitas kulit. Manfaat beras merah juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang.

Menjaga kecerahan kulit

Manfaat beras merah untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah dapat menjaga kecerahan kulit. Kandungan zat bernama gamma-oryzanol mampu untuk mengontrol melanin di kulit. Zat yang satu ini juga biasanya terkandung dalam berbagai produk pelindung kulit seperti tabir surya. Selain menjaga kecerahan kulit, beras merah juga dapat membantumu untuk mendapatkan warna kulit yang lebih merata.

Antioksidan alami

Selain faktor dari dalam tubuh, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada kecantikan wajah. Paparan sinar UV, polusi dan juga radikal bebas bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti timbulnya gejala penuaan, kulit menjadi sensitif, hingga masalah jerawat dan komedo. Manfaat beras merah selanjutnya adalah untuk menjaga kecantikan wajah dari masalah-masalah tersebut. Beras merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan sel-sel pada kulit.

Untuk mengetahui tentang cara mengolah beras merah untuk kecantikan ini, kamu bisa membacanya di doktersehat.com. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar