Inilah Cara Mengolah Ikan dengan Sehat dan Baik

Reporter : Riza Umami
Selasa, 28 Januari 2020 16:22
Inilah Cara Mengolah Ikan dengan Sehat dan Baik
Tips mengolah ikan dengan benar dan sehat

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Ada berbagai jenis ikan baik yang hidup di air tawar maupun air laut. Selain merupakan salah satu sumber protein, ikan ini juga mengandung banyak kandungan gizi seperti omega 3, asam amino, zat besi, beberapa macam vitamin dan masih banyak lagi.

Namun, bagaimana cara terbaik untuk mengolah ikan agar kandungan yang ada di dalamnya bisa didapatkan dengan maksimal? Dilansir dari laman Fimela.com (17/09), ternyata ikan ini paling baik dimasak dengan cara dipanggang menggunakan microwave, dipanggang pada oven, atau dikukus.

1 dari 1 halaman

Menurut sebuah penelitian, dengan memanggang ikan di dalam microwave ini mampu mempertahankan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam ikan. Sedangkan bila dikukus, maka ikan ini tidak akan mengalami penambahan kalori atau lemak.

Mengolah ikan dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng, menumis, atau membakarnya bisa menambah lemak pada ikan yang akan mengurangi kandungan gizi di dalam ikan tersebut. Kamu juga perlu memperhatikan bumbu yang digunakan untuk memberi rasa pada ikan ini. Hindari penggunaan penyedap rasa yang kurang bagus untuk tubuh.

Kamu bisa menggunakan bumbu yang berasal dari rempah-rempah alami atau kamu bisa sesuaikan dengan seleramu. Itulah cara yang paling tepat untuk mengolah ikan. Semoga bermanfaat dan tandai teman atau kerabatmu di komentar ya agar mereka juga mengetahui informasi ini.

Beri Komentar