9 Tips Masak Cecek Sapi agar Empuk dan Anti Bau, Bikin Masakan Terasa Makin Lezat

Reporter : Arifina
Kamis, 18 April 2024 09:17
9 Tips Masak Cecek Sapi agar Empuk dan Anti Bau, Bikin Masakan Terasa Makin Lezat
Ini tipsnya biar masak cecek sapi empuk sempurna dan anti bau ya!

Tips masak cecek sapi agar empuk perlu diperhatikan sebelum mengolahnya menjadi masakan lezat. Ya, cecek atau dikenal juga denga kulit sapi salah yang dapat diolah menjadi berbagai olahan masakan lezat.

Teksturnya yang kenyal dan gurih menjadikan cecek sapi cocok digabungkan dengan berbagai bumbu. Biasanya, olahan daging sapi satu ini diolah menjadi oseng cecek sapi, tumis cecek sapi, gulai cecek sapi, dan masih banyak lainnya.

1 dari 10 halaman

Tips Memasak Kikil Agar Tidak Berlendir © Diadona

Namun, mengolah cecek sapi memang cukup tricky. Jika salah dalam mengolahnya, kamu justru akan mendapati tekstur yang alot dan kurang nikmat.

Karenanya, sebelum menjadikannya sebagai olahan masakan lezat, pastikan cecek sapi bertekstur empuk dan tidak bau lengur atau amis. Sehingga hasil masakan pun akan semakin lezat.

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips masak cecek sapi agar empuk!

 

2 dari 10 halaman

Perhatikan Warnanya

Sebelum berencana mengolah cecek sapi, saat membelinya perhatikan dengan betul coraknya. Pastikan kamu memilih cecek sapi yang berwarna putih bersih atau krem muda sedikit kecoklatan.

Corak agak kecoklatan ini menandakan jika cecek sapi tidak terdapat bahan kimia. Sehingga, membuat hasil masakan lebih lezat dan keamanannya terjamin.

Hindari cecek berwarna kuning atau keabu-abuan karena bisa jadi pertanda cecek sudah tua dan alot.
Pastikan cecek masih segar dan tidak berbau amis.

 

3 dari 10 halaman

Bersihkan Cecek Sapi dengan Tepat

Usai kamu membeli cecek sapi di pasar atau supermarket, kini saatnya ke tahapan pembersihan. Pastikan kamu membersihkan cecek sapi secara menyeluruh dengan air mengalir.

Buang sisa-sisa lemak dan daging yang menempel, termasuk buang bulu halus yang biasa terdapat pada permukaan cecek. Kamu bisa mengerik bagian bulunya menggunakan pisau secara perlahan.

Kemudian bilas dengan air mengalir hingga benar-benar bersih.

 

4 dari 10 halaman

Rendam Cecek di Air Mendidih

Tips Memasak Kikil Agar Tidak Berlendir © Diadona

Langkah berikutnya untuk membuat cecek sapi berstejtur empuk sempurna, maka kamu perlu merendamnya di air yang mendidih. Siapkan cecek sapi yang sudah dipotong-potong, lalu masukkan ke dalam air mendidih.

Rendam selama kurang lebih selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih, termasuk jika masih terdapat bulu-bulu halus bisa dihilangkan menggunakan pisau ya.

Selain untuk menjadikan tekstur lebih empuk, cara ini juga untuk menghilangkan bau amis pada cecek sapi lho!

 

5 dari 10 halaman

Rebus Cecek Sapi dengan Rempah-Rempah

Proses perebusan menjadi langkah yang harus diperhatikan jika ingin mendapati tekstur cecek sapi empuk sempurna dan anti bau. Caranya, rebus cecek sapi dengan air bersih di api kecil.

Saat merebus, pastikan panci tertutup rapat dan rebus cecek sapi selama 2-3 jam. Masukkan rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, dan serai untuk mengurangi bau amis dan menambah aroma.

Jika ingin proses merebus lebih cepat kamu bisa menggunakan panci presto atau melakukan perebusan dengan teknik pressure cooker. Dengan cara uni biasanya, kamu hanya butuh waktu 30-45 menit saja sampai cecek sapi empuk.

Setelah perebusan, buang airnya supaya cecek sapi tidak bau.

 

6 dari 10 halaman

Tiriskan dengan Benar

Langkah selanjutnya, setelah tahapan perebusan cecek sapi, maka tiriskan terlebih dahulu. Hindari langsung memasaknya.

Tiriskan cecek sapi sambil siram dengan air bersih. Hal ini agar bau pada cecek sapi yang masih melekat bisa menghilang.

Setelah semuanya tuntas, maka cecek sapi dapat diolah menjadi berbagai masakan sesuai selera kamu deh!

 

7 dari 10 halaman

Marinasi dengan Bahan Dapur

Tips Masak Cecek Sapi agar Empuk © Diadona

Beberapa bahan-bahan dapur dapat mempermudah proses pengempukan pada cecek sapi. Di antaranya, nanas, jahe hingga bubuk pengempuk.

Jahe dan nanas selain bisa mengempukkan tekstur cecek sapi juga bisa menambah aroma lebih lezat. Namun, jika memakai nanas pastikan tidak terlalu banyak karena bisa membuat tekstur cecek hancur.

Saat proses marinasi, diamkan sekitar 30 menitan baru olah menjadi masakan lezat ya!

 

8 dari 10 halaman

Masak dengan Api Kecil

Proses memasak cecek sapi tidak boleh dilakukan dengan terburu-buru. Justru, disarankan untuk memasaknya secara perlahan meski bisa memungkinkan memakan waktu.

Salah satu yang harus diperhatikan saat memasak cecek sapi adalah, gunakan api kecil saat pengolahannya. Cara ini untuk membuat cecek sapi matang secara merata dan empuk sempurna.

Selain itu, api kecil juga bisa membuat bumbu meresap sempurna pada cecek sapi sehingga rasanya semakin lezat saat disantap.

9 dari 10 halaman

Jangan Sering Diaduk

Saat memasak cecek sapi, maka hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah jangan sering mengaduknya. Ini penting, karena justru akan menjadikan olahan menjadi kurang matang merata.

Cukup lakukan pengadukan pada masakan sesekali saja, kemudian biarkan cecek sapi terendam air rebusan atau masakan hingga matang merata. Lakukan cara ini untuk proses perebusan juga ya, agar hasil olahan cecek sapi lebih empuk sempurna.

10 dari 10 halaman

Biarkan Istirahat Sebelum Disajikan

Tips Masak Cecek Sapi agar Empuk © Diadona

Setelah proses memasak tuntas, jangan langsung menyajikan cecek sapi. Namun, biarkan cecek sapi istirahat selama beberapa saat sebelum disajikan.

Proses ini akan membantu daging untuk meresap kembali bumbu-bumbu yang dicampurkan. Sehingga, tekstur daging cecek sapi akan menjadi lebih empuk.

Itulah tips masak cecek sapi agar empuk yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan tips di atas, dijamin olahan cecek yang kamu buat semakin lezat, empuk, tidak lengket dan anti bau. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar